Mengunjungi Pulau Beras Basah Pulau Indah nan Cantik di Bontang Kalimantan Timur

Nama Bali, Lombok atau Indonesia Timur kerap kali dijadikan acuan sebagai lokasi yang menyimpan keindahan luar biasa untuk liburan.

Padahal jika anda mau untuk lebih mengeksplorasi tempat-tempat lainnya di Indonesia, setiap sudutnya pasti memiliki ragam keindahan luar biasa yang tidak bisa diperbandingkan antara satu dengan lainnya, dan Kalimantan merupakan salahsatu nama yang patut anda pertimbangkan sebagai loaksi tujuan wisata.

Sebagai salahsatu pulau terbesar di Indonesia, Kalimantan masih memiliki cukup banyak hutan serta pantai-pantai indah tersebar di berbagai sudutnya, dan juga pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Berbicara lebih lanjut mengenai pulau indah di sekitar Kalimantan yang sangat indah dan patut anda kunjungi, salahsatunya adalah Pulau Beras Basah yang masih termasuk dalam kawasan Bontang, Kalimantan Timur. Menurut mitos dan legenda sekitar sendiri pulau ini berasal dari tumpahan beras yang berasal dari sebuah kapal yang karam ketika diterjang badai. Pada akhirnya beras tersebut berkumpul dan menjadi sebuah pulau berpasir putih yang sangat cantik.

02

Berwisata Menikmati Keindahan Pulau Beras Basah

Terletak di Kota Bontang dan dapat ditempuh dengan perjalanan yang tidak terlalu lama, pada awalnya Pulau Berasa Basah ini dijadikan sebagai lokasi privat untuk tempat liburan karyawan dari PT LNG Badak saja, namun pada perkembangannya, lokasi indah ini kemudian menjadi tempat favorit bagi banyak wistawan bahkan hingga luar kota.

Luasnya tidak terlalu besar, diperkirakan hanya seluas 2 kali lapangan sepakbola namun anda akan emnemukan keindahan dari pantai pasir putih, pohon-pohon kelapa indah menjulang tinggi, air laut jernih di bibir pantainya, serta sebuah menara suar tinggi peninggalan yang masih berdiri megah di sana.

Berfoto, berjemur di pantai, sampai bermain air atau mengendarai speed boad di sekitaran pantai menjadi kegiatan mengasyikan yang bisa anda nikmat di lokasi ini. selain itu banyak orang yang kemudian menyewa perahu dan mencoba memancing di sekitaran pulau ini. Kejernihan air serta keindahan bawah laut yang dimiliki oleh Pulau Beras Basah ini membuat banyak juga para penyelam atau divers yang tertarik dan datang untuk membuktikannya.

Transportasi Perjalanan Menuju Pulau Beras Basah

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pulau Beras Basah, maka anda bisa menempuhnya dari setiap dermaga yang ada di Bontang, namun untuk akses paling cepat dengan waktu tempuh hanya sekitar 15 sampai 20 menit anda bisa menggunakan speed-boat dengan titik keberangkatan dermaga Badak-NGL. Sedangkan jika anda berangkat dari dermaga lain kemungkinan anda hanya bisa menggunakan perahu kecil dengan waktu tempuh sampai 1 jam lamanya.

 

Akomodasi Wisata Pulau Berasa Basah

Tidak ada akomodasi yang tersedia di Pulau Beras Basah ini, sehingga bagi anda yang ingin datang berkunjung ke lokasi ini sebaiknya anda mempersiapkan terlebih dahulu perbekalan secukupnya, mengingat tidak adanya warung atau toko yang menjual makanan, apalagi penginapan yang melayani anda di sana.

Bagi yang penasaran dengan bagaimana keindahan dari Pulau Beras Basah ini, maka anda bisa melihat terlebih dahulu videonya di bawah ini, selamat menyaksikan.

Mari tandai kalender perjalananmu, dan jangan lupa untuk mempersiapkan segala bentuk perbekalan utnuk menuju ke lokasi indah di Pulau Kalimantan satu ini. Namun sebelum benar-benar pergi menuju ke lokasi indah satu ini sebaiknya anda menghubungi dahulu teman-teman di media sosial, sehingga anda memiliki partner perjalanan yang mengasyikan. Tekan saja tombolnya dan bagian artikel mengenai lokasi liburan satu ini, lalu berikanlah komentar anda mengenai Pulau Beras Basah ini melalui kolom yang tersedia.

Leave a Reply