Mengunjungi dan Menelusuri Keluhungan Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

Indonesia dikenal sebagai salahsatu negara dan bangsa di dunia yang banyak memiliki budaya dan kearifan lokal tersendiri di setiap daerahnya.

Dari begitu banyaknya suku bangsa di Indonesia, di antaranya juga masih ada yang menjunjung tinggi budaya yang diwariskan oleh leluhurnya, sehingga hal tersebut tercermin dari cara hidup mereka yang masih tradisional dan bahkan samasekali belum tersentuh kemoderenan dunia luar.

Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu beberapa suku dan kelompok masyarakat mencoba tetap mempertahan berbagai tradisi dan gaya hidup dengan luwes juga mengikuti perkembangan zaman.

Mengunjungi dan Menelusuri Keluhungan Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

 

Berbicara mengenai hal tersebut maka sebuah kampung adat di Banten bernama Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar adalah salahsatunya. Di kampung Ciptagelar ini anda bisa melihat bagaimana tradisi leluhur khususnya Sunda lama masih tetap terjaga. Dilihat dari hal tersebut lokasi ini sangat cocok untuk anda jadikan destinasi wisata terbaru, sebab selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru anda juga sekaligus bisa melihat bagaimana tradisi leluhur bangsa ini masih bisa dijaga dengan baik, meskipun haru hidup berdampingan dengan teknologi modern.

Baca juga: Wisata Lereng Anteng Bandung

Menelusuri Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

Sajian utama wisata yang ada di Kampung Ciptagelar ini lebih kepada kearifan lokal dan wisata-wisata berbentuk sajian adat. Bagi anda yang berkunjung pastikan datang di waktu yang tepat, yakni pada saat menjelang upacara atau ritual Seren Taun dimulai.

Ritual Seren Taun merupakan sebuah adat yang menunjukan rasa syukur warga Ciptagelar atas apa yang telah mereka dapatkan dari alam mereka. Akan ada beragam acara, seperti iring-iringan menyimpan padi dalam leuit (lumbung) dengan diiringi musik tradisi, hingga pada malamnya akan ada hiburan berupa pertunjukan wayang.

Dengan datang berkunjung ke Ciptagelar, yang sudah pasti anda bisa dapatkan adalah pengalaman baru melihat bagaimana pola hidup masyarakat yang masih memegang teguh budaya leluhurnya. Anda bia melihat bagimana baiknya sistem penerapan pola bangunan, sitem bercocok tanam, hingga pemerintahan yang di Ciptagelar ini dipimpin oleh seorang sesepuh yang secara turun temurun dipilih.

Oleh karena itu mengunjungi Kampung Ciptagelar bisa menjadi sebuah sajian alternatif wisata yang sangat sarat dengan nilai-nilai keluhuran, disamping mmenjadi sarana bagi kita untuk menyegarkan fikiran dan kepenatan dari persoalan sehari-hari.

Baca juga: Taman Bunga Nusantara

Transportasi Menuju Lokasi Wisata

Kampung Ciptagelar berlokasi di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Bagi anda yang tertarik berkunjung ada 3 rute utama yang populer dan biasa digunakan oleh para pengunjung untuk datang ke Ciptagelar, anda tinggal memilih sakahsatunya sesuai dengan lokasi keberangkatan anda. 3 jalur tersebut antara lain, Rute Pelabuhan Ratu (Cikakak), Rute Pelabuhan Ratu (Cimaja-Cikotok), Rute Lebak Banten (Cicadas-Cikadu). Tentunya dengan membawa kendaraan pribadi ata sewaan, namun ingat uasahakan membawa kendaraan yang bertipe adventure, sebab medannya memang berat.

Akomodasi Selama Berwisata di Ciptagelar

Jika anda datang berkunjung ke Ciptagelar, maka anda bisa menginap di rumah para sesepuh adat kampung di sana. Biasanya akan ada cukup banyak tamu yang datang terutama ketika menjelang ritual seren taun. Sehingga jangan khawatir untuk masalah akomodasi selama di sana, hanya siapkan saja uang utnuk memberi seikhlasnya kepada para tuan rumah, atau mungkin anda juga bisa membawa buah tangan untuk diberikan.

Tertarik mengeksplorasi Kampung Ciptagelar yang masih menjunjung tinggi adat istiadat yang diturunkan dari nenek moyangnya di masa lalu. Bagi anda yang tertarik untuk melihat bagaimana kehidupan masyarakat kasepuhan Kampung Adat Ciptagelar, tidak ada salahnya mengajak teman dan sahabat anda untuk berkunjung. Tekan terlebih dahulu tombol share yang berada di bagian bawah artikel. Masukan juga komentar anda di dalam kolom yang sudah disediakan.

Leave a Reply