Mengapa Kita Harus Mematikan Ponsel Ketika Berada di Pesawat? Inilah Jawabannya!

Pesawat merupakan salah satu alat transportasi udara yang biasanya digunakan oleh banyak orang ketika hendak bepergian ke suatu tempat yang jauh karena dengan menggunakan pesawat dapat sampai ke tempat tujuan degan lebih cepat dan efektif.

Sistem dalam pesawat yaitu dengan menggunakan sistem komunikasi dan sistem navigasi.

Setiap orang yang akan berpergian dengan menggunakan pesawat pastinya akan diberi peringatan oleh para petugas yang berada di pesawat untuk mematikan ponsel yag dibawanya selama bepergian. Namun tetap saja ada beberapa orang yang tidak mempedulikan perintah itu dan tetap bandel menggunakan ponselnya ketika berada di dalam pesawat. Lantas mengapa kita harus mematika ponsel ketika berada di dalam pesawat?

Fakta-ponsel-dan-pesawat

Diketahui ada beberapa berita tentang kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh penggunaan ponsel di dalam pesawat itu sendiri. Kita juga mungkin bertanya-tanya mengapa penggunaan ponsel di dalam pesawat sampai bisa menyebabkan kecelakaan? Ketika pesawat yang ditumpangi sedang terbang atau dalam perjalanan, maka para pilot pada saat itu akan melakukan komunikasi dengan pihak bandara atau pihak pesawat lainnya.

Dimana komunikasi yang dilakukan oleh para pilot tersebut dilakukan yaitu untuk memantau atau mengetahui lokasi pesawat tersebut, memantau lalu lintas pesawat terbang yang ada di sekitar dan komunikasi lainnya yang diperlukan. Dan pastinya, komunikasi yang dilakukan oleh pilot ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama perjalanan terbang.

Agar bisa melakukan komunikasi ini para pilot dan petugas udara menggunakan gelombang radio. Nah, ponsel kita juga bisa beroperasi karena menggunakan gelombang radio. Dimana gelombang radio yang dipancarkan oleh ponsel bisa diterima atau ditangkap oleh menara pemancar terdekat di bandara, disebut dengan Base Transceiver Station atau BTS.

Frekuensi dari ponsel kita bisa saja sama dengan frekuensi yang digunakan oleh pesawat yang pada saat itu kita tumpangi untuk melakukan komunikasi. Dan dalam keadaan inilah letak bahaya yang sesungguhnya. Ketika itu akan timbul gangguan atau interferensi yang disebabkan oleh sinyal lain yang frekuensinya sama atau memang sangat berdekatan, sehingga dengan begitu akan menyebabkan sistem komunikasi pesawat menjadi terganggu. Gangguan komunikasi di dalam pesawat ini akan sangat berbahaya untuk keselamatan pesawat itu sendiri.

Selain itu, menyalakan ponsel dalam pesawat juga akan menyebabkan adanya gangguan sistem navigasi. Dimana gangguan ini bisa menyebabkan titik-titik navigasi menjadi tidak akurat. Tidak hanya itu, penggunaan ponsel dalam pesawat juga bisa mematikan sistem navigasi. Biasanya ponsel menggunakan kabel yang ada pada pesawat keika sedang mencari sinyal. Dimana hal ini akan menimbulkan efek buruk pada radar navigasi.

Kecelakaan pesawat yang disebabkan karena kita menyalakan ponsel ketika berada di pesawat memang kecil kemungkinannya. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita atau semua penumpag pesawat dapat bekerja sama untuk menghindari atau mencegah terjadinya kecelakaan, dimana salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mematikan ponsel yang dibawa selama dalam perjalanan.

Itulah penjelasan singkat mengapa kita tidak boleh menyalakan ponsel ketika berada di pesawat. Semoga artikel yang kami berikan ini bermanfaat untuk anda semua. Semoga wawasan dan ilmu yang anda miliki semakin bertambah.

Bagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda, caranya yaitu dengan mengklik atau menekan tombol share yang sudah kami sediakan. Anda juga bisa menyertakan komentar atau pendapat pada kolom di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook