Menelusuri Indahnya Goa Hawang yang Tersembunyi di Pedalaman Kei

Mitos dan legenda merupakan salahsatu hal yang seringkali ditemukan di setiap sudut tempat di Indonesia.

Tidak terkecuali dengan lokasi-lokasi wisata, yang terkadang selalu dikaitkan dengan mitos dan legenda yang dituturkan oleh masyarakat sekitar. Biasanya mengenai asal mula dari lokasi tersebut hingga bisa menjadi seperti yang terlihat sekarang. Selain itu anda juga biasanya mendengar mengenai hal apa yang tidak boleh dan boleh dilakukan ketika berada di lokasi tersebut.

Berbicara mengenai mitos dan lokasi wisata, maka hal tersebut juga bisa dirasakan di sebuah lokasi bernama Goa Hawang. Goa Hawang merupakan sebuah lokasi wisata yang terletak di Desa Letvuan, 15 km dari Langgur atau Tual, Kepulauan Kei. Goa ini dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup tersembunyi namun memiliki mitos menarik di belakangnya yang akan membuat perjalanan anda semakin menarik.

08

Mitos yang paling terkenal di Goa Hawang sendiri merupakan kutukan batu yang membuat seorang pria dan anjingnya berubah menjadi batu setelah mereka meminum air dalam goa tersebut namun kemudian malah mengeluarkan sumpah serapah. Nama Hawang sendiri juga jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti arwah, sebab sebagian besar masyarakat di sana masih percaya jika di goa yang memiliki keindahan berupa kolam air sangat jernih beserta stalagtit cantik tersebut masih banyak didiami oleh hantu.

Menyusuri Wisata Alam Goa Hawang

Di lokasi wisata yang terletak di Desa Letvuan 15 km dari Langgur, daya tarik utama yang dimiliki adalah batuan-batuan stalagtit yang sangat menarik. Di sana anda juga bisa melihat bagaimana perwujudan dari batu kutukan yang dimitoskan oleh masyarakat sekitar. Selain itu yang paling pasti menjadi daya tarik dari tempat ini adalah air dalam kolam alami di dalam goa yang sangat teramat indah berwarna biru dan sangat jernih. Air tersebut ternyata berasal dari sumber air dalam tanah.

Lokasinya yang sangat menawan membuat banyak orang yang ingin dtang dan bahkan hinga mencoba diving di lokasi yang sangat indah ini. Terdapat dua buah lubang di goa Hawang ini, dan uniknya lubang tersebut dihubungkan oleh sumber air bawah tanah, sehingga ketika anda mencoba diving dari satu lubang anda akan muncul kembali dan tembus menuju ke lubang selanjutnya. Lokasi ini merupakan satu paket liburan ketika anda mengunjungi pantai Ngur Bloat yang dikenal memiliki pantai pasir putih yang sangat halus bahkan sehalus tepung dan pemandangan super indah.

Transportasi Wisata Menuju Goa Hawang

Bagi anda sekalian yang tertarik berkunjung ke Goa yang sangat indah nan misterius ini dapat menggunakan pesawat sebelumnya dari Bandara Pattimura, Ambon, menuju Maluku Tenggara, tepatnya Bandara Dumatubun di Langgur. Setelah mendarat perjalanan anda berlanjut dengan menempuh perjalanan sejauh 15 kilometer menuju ke gua hawang. Anda bisa menggunakan angkutan umum atau kendaraan sewaan untuk dapat mencapai Goa Hawang.

Akomodasi Perjalanan Wisata Goa Hawang

Selama berwisata menuju ke Goa Hawang, sebaiknya anda membawa perbekalan secukupnya, sebab tidak ada kios atau warung yang menjajakan makanan dan minuman di dekat Goa Hawang. Untuk menginap, mungkin anda bisa mencoba mencari penginapan atau guest house yang dekat dengan pantai Ngur Bloat yang hanya berjarak 20 menuju ke Goa Hawang.

Tertarik mengeksplorasi alam secara lebih dalam lagi? Mari ajak teman dana sahabat anda menjelajahi alam dengan cara membagikan artikle ini di media sosial anda. tekakan tombol sharenya yang terletak di bagian bawah artikel. Jangan lupa untukberbagi pendapat dengan cara memasukannya dalam kolom komentar yang terlah disediakan.