Menakjubkan! Jamur Ini Bisa Menyala Dalam Gelap

Ketika mendengar nama ‘jamur’ mungkin anda semua sudah tidak aneh lagi karena pada dasarnya tumbuhan yang satu ini bisa dengan mudah kita temukan, atau bahkan ada beberapa jenis jamur yang biasa kita konsumsi.

Nah, tahukah anda? Dari banyaknya jenis jamur yang telah kita ketahui, ada jenis jamur yang sangat unik dan menarik dari jamur yang lainnya. Dimana jamur yang dimaksud yakni jamur Luminescent atau disebut juga dengan The Glowing Mushroom. Mengapa jamur tersebut dianggap sebagai jamur unik? Ya karena jamur jenis genus Neonothopanus atau Mycena ini pada siang hari akan nampak seperti jamur pada umumnya, namun ketika malam tiba dan gelap jamur ini mampu mengeluarkan cahaya yang sangat indah dan cantik.

Jamur ini memiliki ukuran kecil seperti halnya kepala paku, mereka menempel dan berkembang pada ranting pohon yang telah kering. Sebelum mengetahuinya, mungkin ketika pertama kali melihat jamur ini anda akan merasa takut atau bahkan akan menganggap bahwa pohon tempat jamur ini tumbuh sebagai pohon angker, namun sebenarnya tidak. Justru ketika melihatnya anda harus merasa bangga, karena anda bisa menyaksikan keindahan alam yang memang sebelumnya tidak diketahui.

Fakta-jamur-luminiscent

Jamur Luminescent ditemukan pertama kali di kawasan Vila de Natividade, Brazil. Jamur yang satu ini memiliki Bioluminescence, atau kemampuan organisme yang bisa menghasilkan cahaya sendiri seperti halnya yang terjadi pada ubur-ubur atau kunang-kunang. Tetapi organisme seperti misalkan jamur, bakteri, serangga atau ikan membuat cahaya mereka melalu proses kimia.

Para peniliti yang melakukan penelitian pada jamur unik ini percaya bahwa cahaya yang dihasilkan dari jamur tersebut menggunakan metode atau cara yang sama serperti kunang-kunang, yakni melalu campuran kimia dari dua senyawa luciferin atau luciferase. Luciferase merupakan enzim yang membantu interaksi antar luciferin, air dan oksigen sehingga akan menghasilkan senyawa baru yang mampu memancarkan cahaya. Bioluminescence yang dilakukan oleh jamur ini merupakan sebuah strategi jamur untuk menarik serangga sehingga mampu menyebarkan sporanya agar bisa berkembang biak.

Untuk bisa menyaksikan keindahan dan kecantikan jamur yang satu ini sebenarnya anda tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Brazil atau negara yang lainnya, karena jamur ini pun bisa anda temukan di daerah hutan wisata Gunung Halimun yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Namun karena jamur yang satu ini bercahaya ketika malam hari, maka anda pun harus melakukan perjalanan di malam hari.
Alam ini memiliki keindahan serta keunikan yang sangat beragam. Akan sayang sekali jika alam rusak oleh ulah kita sendiri. Oleh sebab itu, yuk lestarikan dan jaga alam kita ini.

Jika anda ingin melihat bagaimana kecantikan dan keindahan jamur ini sekarang juga, anda tidak usah langsung pergi ke Gunung Halimun karena anda cukup menyaksikannya pada video yang telah kami sajikan di bawah ini.

Setelah membacanya, maka tidak ada salahya jika anda membagikan kepada saudara atau orang-orang yang di sekitar anda dengan cara klik tombol share agar mereka pun tahu keunikan jamur yang satu ini. Berikan pula komentar anda pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook