Membanggakan! Diwakili LIPI Indonesia Terlibat Dalam Proyek Pembaruan Peralatan Penelitian Nuklir Terbesar di Dunia

Ada banyak sekali potensi dan orang berbakat serta berkemampuan yang berasal dari Indonesia.

Stigma mengenai orang Indonesia belum mapu bersaing dari sumber daya luar sudah seharusnya dihilangkan dan dirubah samasekali. Ada begitu banyak anak bangsa yang mampu berkiprah dengan baik di dunia secara global. Tidak hanya sekedar tenaga pemabntu, teteapi banyak juga dari mereka yang menjadi pencetusa bahkan penemu. Tentunya hal tersebut sangat luar biasa dan menunjukan jika potensi sumber daya manusia yang dimiliki negeri ini begitu besar.

Berbicara mengenai kemampuan anak-anak Indonesia, maka berikut ini mungkin bisa menjadi tambahan daftar baru prestasi anak bangsa di kancah dunia. Indonesia yang diwakili oleh perwakilan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia belum lama ini dikabarkan akan turut serta dalam program pembaruan infrastruktur Nuklir oleh European Organization for Nuclear Research (CERN).

indonesiaku 1

Tentunya kabar tersebut membuktikan jika ternyata kemampuan anak-anak Indonesia dalam bidang sains justru telah dipandang mampu dan berkompeten oleh negara-negara lainnya. Dalam program pembaruan peralatan penelitian nuklir yang terbesar di dunia ini, LIPI diberikan kesempatan untuk bisa berkontribusi dalam pembangunan dan pengembangan sistem Visual Inspection of Sensor Chip yang dipergunakan dalam Inner Tracking System dan juga Mount Forward Tracker. Selain itu Lipi juga dipercaya untuk menangani pengembangan teknologi algoritma pemusatan data dalam Online Offline Grid Network (O2).

Keterlibatan LIPI dalam proyek pembaruan Peralatan Penelitian Nuklir Terbesar di Dunia ini tidak juga lepas dari kinerjanya yang dianggap baik dan layak. Lipi yang telah tergabung sebagai anggota dari A Large Ion Collider Experiment (ALICE) sejak 2014 ini sebenarnya sebelumnya telah melakukan kolaborasi bersama dengan CERN dalam bidang teknologi. Sehingga ketika kerjasama yang mereka lakukan dahulu berhasil CERN kembali percaya untuk berkolaborasi bersama dengan LIPI dalam proyek besar ini.

Kebanggaan akan keterlibatan LIPI dalam proyek besar ini ditanggapi dengan bangga oleh Laksana Tri Handoko selaku Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI serta Iskandar Zulkarnin yang merupakan Kepala dari LIPI. Mereka mengungkapkan kebanggan terhadap TIM LIPI yang meskipun hanya berjumlah delapan orang saja, namun justru mreka bisa memeberikan kontribusi yang besar terhadap proyek berskala besar ini.

Harapan besar juga disampaikan oleh Zulkarnain. Ia berharap jika kolaborasi antara LIPI dengan ALICE-CERN yang terjadi saat ini tidak sampai berhenti sampai pada proyek itu saja, melainkan bisa merambah ke dalam bidang-bidang keilmuan yang lebih luas lagi. sebab sebagai kepala, Zulkarnain percaya jika timnya memiki kompetensi dan kapabilitas yang layak untuk penelitian yang lebih luas lagi. Sebenarnya, tidak hanya turut bergabung dalam proyek CERN, LIPI juga ternyata dipercaya untuk bisa menjadi tuan rumah bagi diselenggarakannya 7th ALICE ITS Upgrade, MFT and O2 Asian Workshop yang telah sukses di gelar pada Bulan Juli 2016 lalu.

Berkat kerjasama dengan CERN, banyak sekali peluang kerjawama yang kemudian berdatangan. Tidak hanya dengan lembaga penelitian negara atau nasional, namun kerjasama dengan beberapa pihak swasta pun mulai banyak berdatangan.

Membanggakan sekali bukan? Ternyata kemampuan dan potensi anak bangsa ini tidak bisa dipandang sebelah mata atau diremehkan. Silahkan anda berikan komentar dan pendapat terkait dengan terlibatnya LIPI dalam proyek Pembaruan Peralatan Penelitian Nuklir Terbesar di Dunia ini dengan cara mengisi kolom komentar yang telah disediakan pada bagian bawah artikel ini. Jangan lupa juga untuk berbagi artikel dan informasi menarik ini dengan cara menekan tombol share yang telah disediakan di halaman ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook