Media Sosial dan Aplikasi Chat Terbaik untuk Promosi Tour Travel

Menggunakan media sebagai media melakukan promosi atau marketing memang bukan hal baru. Tidak hanya untuk promo, bahkan media sosial juga banyak digunakan sebagai tempat berbisnis. Misalnya menggunakan media sosial untuk bisnis travel salah satunya.

Banyak dan bervariasinya destinasi wisata di Indonesia membawa keuntungan salah satunya adalah banyaknya bisnis travel yang bermunculan. Media sosial ini bisa menjadi media untuk promosi berbagai layanan atau fasilitas traveling.

Bisa digunakan untuk promosi bisnis home stay atau penginapan dan lainnya. Hal ini telah diungkap oleh Kabom di sosialinternet.

Hal ini terbukti ampuh karena saat melakukan perjalanan wisata, akan banyak hal yang dibutuhkan oleh traveler. Mulai dari akomodasi hingga transportasi. Menggunakan media sosial sebagai media promosi bisnis penginapan misalnya akan membantu para traveler menemukan kebutuhannya dengan lebih mudah.

Pemanfaatan media sosial sebagai promosi terbukti tepat karena bisa menjangkau berbagai target pasar, mulai dari target audience anak-anak remaja dan dewasa bisa terjangkau. Beberapa media sosial yang sering dijadikan media promosi bisnis tour dab travel ini antara lain:

Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial untuk promosi yang paling sering digunakan. Penggunanya yang sangat banyak membuat pasar yang ditargetkan pun semakin besar. Apalagi penggunanya juga berasal dari berbagai kalangan usia maupun latar belakang.

Penggunaan Facebook sebagai media sosial untuk pemasaran maupun promosi memang tergolong tepat. Banyaknya fitur berbagi media, mulai dari foto hingga video serta adanya fitur komunikasi semakin melengkapi fungsi promosi ini.

Dengan lengkapnya fitur yang ditawarkan, promosi bisa lebih efektif. Calon konsumen pun bisa menemukan apa yang dibutuhkan dengan lebih mudah.

Misalnya Anda memiliki bisnis sewa kendaraan transportasi. Anda bisa promosi bisnis sewa kendaraan, mobil, motor, sepeda dengan mudah disini.

Instagram

Jika Anda seorang traveler, fungsi media sosial untuk traveler adalah untuk mengabadikan dan membagikan momen yang mengesakan dalam perjalanannya. Salah satunya adalah Instagram ini.

Fitur berbagi foto dan video media sosial ini memungkinkan Anda membagikan setiap momen saat melakukan perjalanan. Selain membagikan momen, Instagram ini juga bisa menjadi media sosial untuk travel guide.

Jika Anda hobi membagikan momen perjalanan di Instagram, maka hal tersebut sudah bisa menjadi travel guide untuk orang lain yang melihat postingan tersebut. Instagram yang digunakan oleh banyak orang dengan berbagai range usia juga bisa menjadi media promosi yang efektif.

Dengan range usia yang bervariasi, promosi di Instagram bisa menggaet target lebih luas, mulai dari target audience anak-anak, remaja dan dewasa sekaligus.

Tiktok

Tiktok saat ini menjadi salah satu media sosial yang sedang populer. Aplikasi berbagi video singkat ini saat ini sedang menjadi trend di tengah masyarakat. Memanfaatkan tiktok sebagai media sosial untuk promosi bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

Banyaknya pengguna tiktok saat ini bisa menjadi target pasar yang bagus untuk bisnis travel Anda. Karena merupakan aplikasi berbagi video singkat, maka Anda harus bisa membuatnya semenarik mungkin. Semakin menarik promosi yang Anda buat, maka potensi pun semakin besar.

Namun karena tiktok tidak memiliki fitur komunikasi yang lebih privat, sepertinya kurang cocok jika dijadikan sebagai media sosial perniagaan. Hal ini karena akan menyulitkan jika antara Anda dengan calon konsumen akan melakukan transaksi.

Youtube

Media sosial satu ini terkenal sebagai situs berbagi video yang sangat populer. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai media sosial untuk pemasaran bisnis tour and travel yang Anda jalankan, Youtube bisa menjadi pilihan yang tepat.

Memasarkan ataupun mempromosikan bisnis tour dan travel melalui Youtube akan memberikan pasar yang lebih luas. Apalagi jika Anda bisa membuat video promosi yang menarik.

Karena durasi yang lebih panjang, Anda pun bisa membuat video semenarik mungkin tanpa harus memikirkan durasi.

Line

Jika sebelumnya adalah aplikasi media sosial berbagi, aplikasi selanjutnya ini adalah media sosial chatting. Line adalah pilihan media sosial untuk bisnis paling tepat, apapun jenis bisnis Anda.

Hal ini karena di dalam Line sudah disediakan berbagai fitur khusus untuk berbisnis. Karena itu tidak hanya untuk promosi, Line juga bisa dijadikan sebagai media sosial untuk perniagaan yang relatif aman dan mudah digunakan.

Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur di Line untuk melakukan promosi sekaligus menjalin kerja sama dengan pemilik bisnis lain. Dengan begitu tidak hanya berpotensi menghasilkan keuntungan besar, namun juga bisa mengembangkan bisnis Anda lebih besar lagi.

Whatsapp

Aplikasi pesan instan satu ini adalah aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh dan paling banyak digunakan. Whatsapp ini adalah aplikasi chatting untuk traveller yang mudah digunakan, memiliki banyak fitur untuk berbagi dan pastinya multifungsi.

Selain bisa digunakan sebagai aplikasi chatting, Anda pun bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mempromosikan bisnis Anda. Whatsapp juga memiliki fitur khusus bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis tour dan travel menjadi lebih mudah.

Banyaknya pengguna whatsapp membuat aplikasi ini sangat potensial menarik lebih banyak pasar. Biasanya aplikasi ini digunakan sebagai sarana berkomunikasi antara konsumen dan penyedia jasa atau produk.

Messenger (Facebook)

Media sosial satu ini pada dasarnya merupakan salah satu fitur dari Facebook. Aplikasi ini khusus digunakan untuk chatting atau mengirim pesan instan. Sama seperti aplikasi pesan instan lainnya, aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengirimkan pesan dalam bentuk file apapun.

Karena fungsinya ini, Messenger juga bisa menjadi salah satu media untuk berbisnis. Apabila sebelumnya Anda mempromosikan produk atau layanan Anda di Facebook, maka aplikasi ini berfungsi sebagai media berkomunikasi antara Anda dengan calon konsumen.

Pinterest

Pinterest ini mungkin tidak sepopuler Instagram atau Facebook. Namun media sosial satu ini tetap memiliki penggunanya sendiri yang bisa menjadi target pasar yang bagus jika Anda menjadikannya sebagai media promosi atau media berbisnis.

Pinterest adalah media sosial berbagi foto yang sedikit berbeda. Foto yang dibagikan di media sosial ini umumnya berkualitas HD. Dengan begitu, jika Anda menggunakannya untuk promosi, maka calon konsumen bisa melihat produk yang Anda promosikan dengan lebih baik.

Misalnya Anda ingin menggunakannya untuk promosi bisnis hotel. Upload foto hotel yang Anda promosikan di Pinterest, beserta fasilitas dan kondisi kamar atau keunggulan lain hotel yang Anda promosikan. Foto yang terunggah ini akan bisa menjadi referensi bagi calon konsumen.

Foto Promosi yang berkualitas HD tentu memberikan keuntungan tersendiri. Selain bisa melihat kondisi hotel dengan lebih jelas walaupun hanya dari gambar, cara promosi ini juga mampu membuat calon konsumen lebih tertarik.

Nah, itu tadi adalah beberapa media sosial yang bisa Anda gunakan untuk membantu bisnis tour dan travel Anda. Penggunaan media sosial untuk menjual produk ataupun layanan sudah bukan lagi hal yang baru dalam dunia bisnis.

Leave a Reply