Mauna Kea, Gunung Tertinggi di Dunia yang Sebenarnya

Ketika kita diajukan sebuah pertanyaan “apa nama gunung tertinggi di dunia?” pastinya semua orang pun akan menjawab pertanyaan yang sama bahwa gunung Everest merupakan gunung tertinggi di muka Bumi ini.

Bahkan pendaki dari berbagai belahan dunia pun saling berlomba-lomba untuk menaklukan Everest agar bisa meraih gelar penakluk puncak tertiggi di dunia.

Seperti yang kita ketahui semua bahwa puncak dari gunung Everest berada pada ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut. Dan karena ketinggia inilah yang membat gunung Everest mendapatkan predikat sebagai gunung yang memiliki ketinggian nomor satu di bumi ini.

Namun meskipun demikian, perlu anda ketahui semuanya bahwa sebenarnya gunung Everest bukanlah gunung tertinggi di Bumi. Ketika mendengar pernyataan tersebut mungkin anda semua bertanya-tanya dan bingung, namun itulah kenyataannya. Karena sebenarnya gunung yang dianggap sebagai gunung paling tinggi di Bumi ini adalah gunung Mauna Kea.

Mauna Kea merupakan gunung yang berada di kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Gunung ini memiliki ketinggian 4.205 meter di atas permukaan laut. Dimana puncak gunung ini jauh lebih rendah dari gunung Everest. Tatapi gunung Mauna Kea ini sebenarnya merupakan gunung yang kakinya dimulai dari dasar laut. Ketinggian dari gunung yang satu ini di dasar laut adalah sekitar 6000 meter di dalam air di bawah Lautan Pasifik. Sehingga jika ditotalkan, maka ketinggian gunung ini di bawah permukaan laut dan di atas permukaan laut yaitu sekitar 10.205 meter dan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ketinggian gunung Everest, menurut laporan dari United States Geological Survey(USGS).

Gunung Mauna Kea ini memiliki volume sebesar 3.200 kilimeter kubik. Ukurannya yang sangat besar dari gunung yang satu ini membuat gunung yang berada disebelahnya, yakni Mauna Loa menekan ke dasar laut di bawahnya hingga 6 kilometer.

Karena beban yang ditanggung, gunung Mauna Kea ini terus turun dan semakin merata. Adapun penurunan ketinggian dari gunung yang satu ini yaitu mencapai 0,2 milimeter dalam setiap tahunnya. Dan sebagain besar masa gunung ini yaitu berada pada puncaknya.
Pada saat ini, puncak tertinggi dari Mauna Kea yang memiliki ketinggian 4.205 di atas permukaan laut ini memiliki selisih hanya 35 meter dari gunung sebelahnya, Mauna Loa yang memiliki tinggi 4.169 meter di atas permukaan laut.

Dalam bahasa Hawaii sendiri, Mauna Kea berarti adalah Gunung Putih karena puncak gunung ini tertutupi oleh salju. Oleh sebab itulah, puncak bersalju ini senantiasa menarik minat para penggemar jet ski untuk meluncur di sana. Lerengnya yang landai membuat gunung ini menjadi kawasan yang begitu populer untuk aktivitas memburu, mendaki dan menikmati pemandangan.

Keadaan lokasi gunung Mauna Kea ini berhampiran dengan iklim khatulistiwa, untuk itulah hal tersebut menjadikan Gunung Mauna Kea ini termasuk di dalam wilayah pemerhati untuk kajian astronomi yang baik. Tingkat kelembapan yang rendah serta keadaan langitnya yang cerah telah menjadikan cuaca pada puncak gunung tersebut sebagai titik terbaik untuk menerepong serta menganalisa angkasa. Bahkan gunung ini pun merupakan tempat yang sangat baik utuk mengamati angkasa melalui teleskop.

Saat ini, Mauna Kea telah menjadi tempat bagi 13 buah teleskop untuk membuat sebuah kajian angkasa dan cuaca. Nah, di bawah ini ada sebuah video gunung Mauna Kea yang bisa anda saksikan.

Setelah mengetahui informasi ini, maka alangkah baiknya anda membagikannya kepada orang-orang terdekat agar mereka pun bisa mengetahuinya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook