Mau Panjang Umur? Ayo Berpuasa

Dari sekian banyak harapan yang dimiliki oleh manusia dan hampir selalu diucapkan ketika pertambahan usia adalah sehat selalu dan panjang umur.

Hampir semua orang berharap bisa memiliki umur yang panjang sekaligus dengan tubuh yang tetap prima, banyak sekali cara dan langkah yang dicari oleh manusia dalam mewujudkan harapan tersebut. Konsumsi makanan sehat dan organik, pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, senang berlibur un tuk menyegarkan pikiran, adalah beberapa cara umum yang biasa dilakukan, meskipun banyak lagi cara bahakan hingga yang terkadang ekstrim dan tidak bisa diterima dengan akal logis.

Dari sekian banyak cara yang dilakukan, sebenarnya ada sebuah cara yang bisa dibilang cukup sederhana namun memiliki hikmah serta manfat yang sangat besar bagi tubuh anda, cara tersebut adalah dengan berpuasa. Puasa diketahui sebagai suatu cara yang paling mutakhir untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan dalam tubuh manusia, salahsatu yang cukup menarik untuk dilihat adalah kemampuan puasa yang disebut sebut mampu menghambat pertumbuhan dari berbagai penyakit degeneratif hingga mampu memanjangkan umur manusia.

18-puasa-memanjangkan-umur

Puasa diketahui mampu mengaktifkan dan meningkatkan ekspresi dari Gen SIRT3, Gen SIRT3 sendiri telah lama diketahui sebagai salahsatu hal yang berpengaruh terhadap rasio panjangnya usia hidup seseorang. Selain dari Gen SIRT3 ditemukan juga bahwa ketika berpuasa kada insulin di tubuh menurun yang membuat anti-diabetik. Belum lagi banyak penelitian lain terkait pengaruh puasa untuk peningkatan kesehatan tubuh.

Dalam prosesnya tubuh diketahui membutuhkan sedikit tekanan yang memicu sedikit peradangan atau dikatakan rusak, oleh sebab itu sel baru secara alami akan muncul dan berkembang, munculnya sel baru tersebut akan mengcover kerusakan sel-sel yang mati atau rusak, biasanya dalam jumlah yang tentunya lebih besar daripada yang rusak. Oleh karena itu dengan teratrunya pertumbuhan sel-sel baru secara rutin dan berkesinambungan itulah yang menjadi resep awet muda bagi orang-orang.

Penelitian mengenai berpuasa ini telah banyak dilakukan, dan melalui serangkaian penelitian tersebut maka semakin jelaslah jika memang puasa dinilai mampu memberikan manfaat secara baik bagi tubuh. Dengan begitu besar manfaat yang terasa dari berpuasa, maka konsep puasa sendiri banyak sekali diadopsi sebagai model-model diet kesehatan yang dilakukan oleh banyak sekali orang baik yang muslim maupun non muslim. Salahsatu teknik yang diadopsi adalah dengan pembatasan jumlah asupan kalori dalam tubuh, sebab ketika berpuasa tentunya asupan kalori dalam tubuh cenderung berkurang, apabila anda sendiri tidak kalap ketika berbuka puasa. Jepang sebagai salahsatu negara yang dikenal memiliki rahasia kebugaran dan umur panjang juga memiliki sebuah cara yang pada prinsipnya mengurangi kalori seperti puasa, teknik tersebut diketahi bernama Hara Hachi Bu, ada juga diet yang didasarkan pada pengurangan kadar kalori yang masuk atau yang dikenal dengan istilah diet 5:2.

Dengan melihat pada manfaat dan apa yang bisa anda dapatkan dengan berpuasa, ada baiknya anda mulai menjalankan puasa dengan lebih baik lagi, apalagi hingga meninggalkan puasa. Dengan perintah wajib dan semua kebaikan yang terkandung dalam aktivitas berpuasa tidak ada alasan lagi bagi anda untuk mangkir dan malas menjalankanya.

Bagaimana? Mau awet muda? Mari kita berpuasa. Ajak teman-temanmu untuk tetap menjalankan ibadah puasa dengan cara membagikan artikel ini menekan tombol share yang terletak di bagian bawah artikel. Berikan juga komentar seputar manfaat puasa yang mampu memperlambat penuaan dan memanjangkan usia, masukan pendapat anda dalam kolom yang telah disediakan.