Masih Malas Menjalankan Sahur? Pikirkan Kembali! Simak Artikel Berikut

Pernahkah anda berpikir mengenai pentingnya sahur ketika menjalankan puasa di bulan ramadhan?

Sahur menjadi salahsatu rangkaian yang secara umum dijalankan oleh umat muslim yang hendak menjalankan ibadah puasa. Salahsatu peranan sahur ini adalah makan dan minum yang dilakukan sebagai persiapan bagi anda sekalian untuk menghadapi ibadah puasa dengan tidak meninggalkan kebiasaan anda makan minimal 3 kali selama satu hari penuh.

Jika dilihat aktifitas sahur yang dijalankan memang berfungsi sebagai makan pagi bagi anda, hanya saja waktunya yang sedikit ditarik mundur dari jam biasa makan anda yang pada umumnya berkisar pada pukul 7 pagi. Hampir semua umat muslim yang mejalankan puasa melakukan sahur, namun sebenarnya terkadang banyak sekali mitos yang salah mengenai makan sahur ini, baik secara konsumsi makanan dan minuman maupun fungsi dan berbagai hal teknis lainnya termasuk dengan penentuan waktu imsak, atau waktu awal berpuasa.

17-makan-sahur

Kesalahan sahur yang paling umum biasanya adalah pada konsumsi makanan, sehingga menyebabkan anda sekalian kurang memperhatikan dan mengontrol asupan gizi dan efek yang akan timbul terhadap keoptimalan ibadah puasa yang sedang anda jalankan. Banyak orang menganggap makan banyak saat sahur itu baik, faktanya justru sebaliknya, justru makan banyak saat sahur bisa mengurangi produktifitas anda ketika berpuasa, selain itu jenis makanan dan minuman seperti konsumsi teh saat sahur itu kurang bagus jika dilihat secara kandungan dan efek yang ditimbulkan, meskipun pada dasarnya teh juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan.

Salahsatu mitos yang cukup unik mengenai sahur juga adalah, ada beberapa orang yang menganggap jika makan sahur pada saat sebelum berpuasa itu tidaklah terlalu penting, sebab pada siang hari ketika menjalankan puasa, toh perut pasti saja akan merasakan lapar. Mitos tersebut sepenuhnya salah, sebab dengan tidak menjalankan sahur justru akan menggangu metabolisme tubuh anda, kekurangan cadangan makanan dan cairan juga bisa menjadi halangan yang cukup berarti bagi tubuh anda dan ibadah puasa yang anda jalankan.

Alasan yang biasanya menyebabkan tidak makan sahur adalah karena perut kekenyangan karena pada malam hari anda makan terlalu banyak, selain itu anda juga malas bangaun pagi utnuk melakukan sahur karena asupan makanan pada malam hari yang terlalu banyak membuat anda susah bangun, yang terakhir mungkin karena anda merasa toh pada siang hari nanti akan lapar juga sehingga makan sahur tidak begitu penting. Dari sekian banyak alasan yang muncul, sebenarnya anda sendiri yang harus menyiasati berbagai alasan yang mungkin akan muncul, jika toh anda merasa perut anda masih kenyang dan terlalu penuh untuk kembali diisi pada saat sahur, anda bisa melakukan sahur dan mengisi perut anda dengan makanan-makanan kecil namun cukup memberikan energi, selain itu minuman-minuman yang mengandung elektrolit juga baik untuk anda konsumsi jika anda merasa terlalu kenyang ketika sahur.Mari berbagi bersama teman dan keluarga anda, dan ajak mereka untuk tetap melkukan sahur agar ibadah puasa yang dijalankan berjalan dengan lancar dan juga optimal. Sebarkan artikelnya dengan cara menekan tombol share pada bagian bawah halaman ini untuk membagikannya. anda bisa juga memberikan komentar terkait dengan mitos salah mengenai makan sahur yang sering sekali dialami oleh banyak orang ketika berpuasa dengan menambahkan pendapat anda di kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook