Mari Simak Fakta Unik yang Dimiliki Oleh Orang-Orang Kidal

Kidal adalah suatu istilah yang diidentikan dengan mereeka yang dominan menggunakan organ tubuh bagian kiri untuk melakukan aktivitasnya.

Secara umum mungkin penggunaan tangan kanan dianggap lebih lumrah, sehingga keberadaan tangan kiri sebagin besar dianggap sebagai pendukung. Dibandingkan dengan tangan kanan juga, tangan kiri cenderung dianggap sebagai tangan yang kotor dan tidak baik untuk digunakan dalambeberapa aktivitas, seperti makan dan bersalaman. Bersalaman dengan tangan kiri dalam banyak kebudayaan dianggap sebagai suatu hal yang tidak sopan.

Namun tahukah anda? Ternyata di balik penggunaan tangan kiri yang dominan atau yang dikenal dengan kidal, terdapat beberapa fakta unik dan menarik yang bisa anda ketahui. penasaran dengan fakta unik apa saja yang ada di balik orang-orang kidal? Mari simak daftarnya berikut!

08

Usia Orang Kidal yang Lebih pendek

Dalam beberapa penelitian memperlihatkan jika dalam beberapa kasus, rata-rata orang kidang memiliki usia yng lebih pendek dari orang-orang yang dominan menggunakan tangan kanan. Dari penelitian yang dilakukan, ada begitu banyak alasan dan faktor yang membuat seorang dengan tangan kidal berusia lebih rendah, yakni resiko biologis terhadap tekanan yang lebih rendah, tingkat depresi yang tinggi dibandingkan dengan orang dominan tangan kanan juga disebutkan sebagai salahsatu alasannya. Dari penelitian yang dilakukan juga menyebutkan jika orang bertangan kidal cenderung memiiki kemungkinan meninggal 9 tahun lebih cepat dari mereka yang bertangan kanan, sehingga jika rata-rata orang mencapai usia 80 tahun, maka orang kidal berkemungkinan hanya berusia 71 tahun.

Orang Kidal Cenderung Memiliki IQ Tinggi

Dr Alan Searleman, dari St Lawrence University di New York dalam kajiannya mendapati jika orang-orang yang dominan bertangan kidal cenderung berpotensi menjadi orang yang jenius. Hal ini disebabkan kecenderungan aktifitas kiri membuat rangsangan terhadap sistem tubuhnya khususnya yang berkaitan dengan kecerdasan juga terangsang dengan baik. Di beberapa organisasi yang menaungi orang-orang dengan IQ tinggi dan jenius juga memperlihatkan jika setidaknya ada 20 persen anggotanya merupakan seorang kidal.

Ada Hari Orang Kidal Seduni

Mungkin sebeelumnya anda belum pernah mendengar jika orang-orang kidal memiliki hari khusus yang mereka peringati sendiiri, yakni di tanggal 13 Agustus.Hari orang kidal sedunia sendiri sudah dicanangkan sejak tahun 1996 lalu, namun meskipun demikian belum banyak yang mengetahuinya, karena memang populasi orang kidal di seluruh dunia sendiri hanya berkisar di 10 persen saja dari keseluruhan manusia yang ada.

Stabilitas Emosi Orang Kidal yang Kurang Terjaga

Diketahui jika orang kidal lebih cenderung mederita Schizophreniajika dibandingkan depresi. Gangguan Schizophrenia pada orang kidal sendiri diwariskan secara gen bersama dengan potensi kidal orang tersebut. selain dengan gangguan Schizophrenia pada orang kidal, menurut sebuah jurnal juga, orang-oran kidal cenderung menjadi pribadi yang mudah marah, hal tersebut bisa terjadi karena diakibatkan oleh interaksi tinggi yang terjadi antara otak kanan serta otak kiri dari orang-orang kidal.

Semua Orang Berpotensi Kidal

Jika melihat skala molekul, 20 substansi asam amino yang menjadi dasar dari kehidupan manusia itu cenderung memiliki orientasi ke sebelah kiri, sehingga seharusnya semua orang di dunia ini adalah kidal. Lantas mengapa kini orang-orang cenderung menggunakan tangan kanannya dibandingkan dengan tangan kiri, hal tersebut berkaitan dengan evolusi dan juga genetika.

Sudah tahu sekarang beberapa fakta unik mengenai orang-orang yang memiliki tangan kidal? Informasi unik ini bisa menjadi sedikit penerangan bagi anda sekalian yang mungkin kidal atau ada teman, sahabat atau keluarga lainnya yang kidal. Bagikan informasi artikel ini kepada teman dan sahabat anda dengan menekan tombol share media sosial, lalu lanjutkan dengan memberikan komentar mengenai artikel satu ini!

Leave a Reply