Mari Simak dan Ketahui Fakta Ilmiah Menarik Di Balik Nyamuk

Salahsatu jenis binatang yang seringkali kita temukan sehari-hari dan banyak terdapat di lingkungan kita adalah nyamuk.

Nyamuk merupakan binatang yang termasuk ke dalam jenis serangga yang diketahui mmiliki kemampuan untuk terbang dan dibekali organ khusus pada bagian mulutnya untuk menghisap darah yang dikenal dengan istilah probosis atau mulut penghisap, di dalam bahasa lain dikenal juga sebagai belalai. Probosis sendiri berfungsi sebagai alat maka bagi sang nyamuk untuk memakan atau menyedot makanan.

Di balik bentuk tubuhnya yang sangat kecil, nyamuk memiliki begitu banyak fakta menarik untuk digali dan diketahui. Berikut fakta menarik yang mungkin belum anda ketahui mengenai nyamuk.

01

Makanan Nyamuk Bukanlah Darah

Sebagian besar anda jika ditanya mengenai makanan dari nyamuk maka jawaban paling umum yang diterima adalah darah. Ya seperti yang diketahui nyamuk seringkali mengigit tubuh kita dan menyedot darah yang ada paa tubuh manusia, padahal pada faktanya nyamuk sendiri justru mencari makanan dari nektar tanaman tumbuhan bunga seperti yang dilakukan oleh lebah. Mereka memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuhnya dengan konsumsi madu dan nektar dari bungan.

Hanya Nyamuk Betina yang Menyedot Darah

.

Meskipun nyamuk memakan nektar dari bunga ternyata yang lebah betina membutuhkan darah yang mengandung protein untuk membantu proses pengembangan telur yang dimilikinya, sedangkan untuk nyamuk jantan mereka telah cukup mendapatkan nutrisi dari nektar dan juga saripati bunga dan tiak perlu pengembangan telur oleh karena itu tidak perlu menghisap darah.

Tubuh Berkeringan dan Kaki Bau Menjadi Favorit Nyamuk

Mungkin secara tidak sadar anda juga mengalami jika sehabis berolahraga dan badan menjadi berkeringat, maka akan semakin banyak nyamuk yang datang ke badan anda dan menggigit badan anda untuk mengambil darah dari tubuh anda. Faktanya memang demikian, sebab nyamuk betina sang penyedot darah sendiri akan terpancing untuk datang dan hadir menyedot darah mangsa ketika ia mencium karbondioksida dari tubuh sang mangsa. Oleh karena itu tubuh berkeringat yang mengeluarkan karbondioksida yang lebih banyak sencerung akan memikat dan mengundang kehadiran nyamuk secara lebih banyak.

Wanita Hamil Memancing Nyamuk

Seperti yang diketahui, jika nyamuk sendiri menyukai mereka yang memiliki dna mengeluarkan karbondioksida yang besar atau banyak, maka selain dengan mereka yang berkeringat karena olahraga, ternyata wanita hamil juga memproduksi karbondioksida dalam jumlah yang cukup banyak untuk mampu memncaing kehadiran nyamuk dan mengambil darah darinya. Hal tersebut diakibatkan karena gas emisi yang dihasilkan oleh wanita hamil cenderung besar dan banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil.

Taman Tidak Terawat Memancing Nyamuk

Keberadaan taman di depan rumah anda juga bisa menjdai faktor pemancing bagi kehadiran nyamuk yang banyak, apalagi jika taman anda tersebut tidak terawat, oleh karena itu ebaiknya anda bersihkan dan rawat taman di depan rumah anda tersebut sehingga menjdai bersih dan terawat, sehingga bisa lebih menekan dan mengurangi kehadiran nyamuk di rumah anda. selain itu ana juga bisa menanm beberapa atanaman yang mampu mengusir kehadiran nyamuk ke rumah anda, sebut saja lavender, kecombrang, akar wangi dan berbagai jenis tanaman lainnya bisa anda tanama untuk mengantisipasi kehadiran nyamuk ke rumah anda.

Demikianlah fakta di balik hewan terbang kecil yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Silahkan untuk berbagi informasi dan fakta menarik dengan teman anda dengan cara menekan tombol share yang berada pada bagian bawah artikel anda, selanjutnya berikan komentar anda mengenai artikel ini dengan menambahkan komentar anda di bagian bawah artikel.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook