Mari Ketahui Fakta Unik Dari Burung Unta Berikut ini

Mendengar burung, mungkin yang terbayang di pikiran anda adalah seekor binatang bersayap yang mampu terbang bebas di udara.

Pada kenyataanya adalah tidak semua burung dapat terbang dan mengepakan sayapnya di udara. Ada beberepa jenis burung yang ternyata tidak mampu terbang dan menggunakan sayapnya sebagaimana pada umumnya burung. Banyak sekali faktor yang menyebabkan seekor burung dengan jenis terntu tidak mampu terbang dan mengepakan sayapnya dengan baik.

Beberapa jenis burung yang dikethui tidak memiliki kemampuan untuk terbang dan mengepakan sayapnya adalah penguin, kiwi dan yang paling terkenal adalah burung unta. Burung unta merupakan jenis burung dengan ukuran tubuh terbesar yang hidup hingga saat ini dengan ukuran tubuh yang mampu berkembang hingga mencapai 2,5 meter bahkan lebih. Dengan ukuran tubuhnya yang besar itulah yang kemungkinan membuatnya tidak mampu terbang dengan baik seperti burung pada umumnya.

26-burung-unta

Dengan kekurangan yang dimilikinya, burung besar yang satu ini faktanya merupakan jenis burung yang sangat unik. Burung unta diketahui memiliki kemampuan sebagai pelari yang ulung. Bahkan dengan kemampuan berlari yang dimilikinya tersebut burung ini dinobatkan sebagai burung dengan kecepatan berlari paling cepat di dunia. Ukuran tubuh yang besar dan tidak mampu terbang mungkin menjadi kelamahan terbesar dari burung yang hidup di kawasan Afrika dan kawasan selatan zona khatulistiwa ini tetap mampu dianggap mengagumkan karena kecepatan larinya dengan daya tempuh mencapai 70 km/jam.

Menurut catatan, dengan ukuran tubuhnya yang demikian besarnya dan kecepatan berlarinya yang sungguh mengagumkan itu di Afrika Utara dan Arab, hewan ini bahkan digunakan sebagai hewan tunggangan dalam perlombaan. Perlombaan balap burung unta ini sendiri suah menjadi salahsatu acara yang cukup banyak digemari dan menjadi salahsatu industri olahraga yang cukup terkenal di negara-negara Timur Tengah dan Afrika.

Selain hal-hal yang sudah diungkapkan di atas, sebenarnya burung unta ini bisa dikatakan sebagai jenis hewan yang cukup unik di dunia. secara skema pertahanan hidup juga burung ini diketahui sebagai salahsatu yang cukup baik, dengan tempat tinggal yang dikelilingi oleh hewan pemangsa yang sangat ganas dilingkungannya seperti singa dan hyena, pada akhirnya membuat burung unta juga memiliki sistem yang sangat baik. Tendangan kaki burung unta dan kukunya yang runcing di kakinya diketahui mampu membunuh seekor hyena dengan sekali tendangan, sehingga dapat dibayangkan bagaimana kerasnya tendangan yang dimilikinya. Selain tendangan paruh burung unta juga diketahui merupakan senjata yang cukup handal dan mengerikan yang sebaiknya anda hindari. Dengan paruhnya yang berujung runcing, burung unta mampu membunuh seorang manusia dengan hanya mematuk kepalanya saja, sebab dengan tajamnya paruh yang ia miliki sang burung dapat dengan mudah memecahkan tulang tengkorak manusia.

Jika burung unta dewasa melengkapi sistem pertahan hidupnya dengan kekuatan fisik yang mengagumkan dan cukup efektif maka berbeda dengan anak-anak burung unta. Anak burung unta apalagi yang baru lahir mereka memiliki fisik yang terbilang lemah dan buruk, sehingga dengan kemampuan bertahan hidup yang buruk tersebut mereka harus memikirkan cara lain untuk menghindari para pemburu yang setiap saat datang mengincar. Cara yang cukup pintar ternyata diperagakan oleh sanga burung, dengan berpura-pura mati. Sang burung yang mengidentifikasi sedang diincar kemudian akan berpura-pura berbaring di tanah, sehingga hewan lain enggan untuk memburunya dan meninggalkannya.

Berikut adalah video perlombaan burung unta yang bisa anda saksikan.

Bagaimana? Sangat unik bukan burung unta ini? Jangan lupa untuk berbagi dengan teman dan sahabat anda mengenai burung yang sangat unik ini dengan menekan tombol share. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar terkait dengan fakta burung unta ini dengan memberikan komentar di kolom yang tersedia.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook