Mari Ketahui fakta Unik dan Menarik Dari Sarang Lebah

anda pasti sudah tidak lagi asing dengan jenis binaatang bernama lebah.

Lebah yang termasuk ke dalam jenis serangga ini dikenal karena kemampuannya dalam memproduksi sebuah jenis makanan bernama madu. Madu sendiri mereka dapatkan dari sari-sari bunga yang kemudian mereka simpan di dalam sarang sebagai persediaan makanan di saat musim di mana mereka tidak bisa keluar untuk mencari makanan.Madu sebagai makanan sudah dikenal dan dimanfaatkan sejak ribuan tahun lalu dan dikenal akan khasiatnya untuk kesehataan dan pengobatan. Keberadaan madu juga sangat banyak dimanfaatkan manusia untuk berbagagi jenis proses memasak makanan, seperrti memanggang dan banyak lagi lainnya.

09

Berbicara mengenai lebah dan madu, maka tidak lengkap jika anda tidak mengenal juga sarang dari llebah itu sendiri. Sarang lebah difungsikan tidak hanya sebagai tempat tinggal bagi lebah-lebah itu saja, tetapi juga sebagai tempat menyimpan madu yang telah berhasil mereka dapatkan. Berikut ini kami berikan juga beberapa fakta unik dan menarik mengenai sarang lebah tersebut. mau tahu lebih lanjut? Silahkan simak di bawah ini!

Menjadi Tempat Tinggal yang BesarTahukah anda? Sarang lebah merupakan sasarang yang begitu besar dan teratur, sebab sebagai binantang yang berkoloni lebah harus selalu berkelompok. Faktanya sarang lebah sendiri diketahui mampu menampung lebah-lebah hingga berjumlah 80 ribu lebah sekaligus. Mereka tinggal di dalam sarang tersebut sekaligus bekerja sesuai dengan tugansnya masing-masisng.

Dinding Sarang terbuat Dari Lilin

Sebagai benteng pemisah antar ruang di dalam sarangnya lebah membuat sebuah sekat yang ia produksi sendiri bernama lilin. Dinding pembatas tersebut begitu tipis, namun meskipun demikian dinding tersebut bisa menahan beban hingga 2 kali berat dari lebah itu sendiri.

Bentuk Arsitekur Terbaik

Jika anda pernah melihat sarang lebah secara langsung, maka anda akan menemukan jika bentuk dari sarang lebah tersebut adalah berbentuk segi enam atau hexagonal. Menurut para ahli, bentuk hexagonal yang dipergunakan lebah tersebut merupakan bentuk terbaik yang bisa mereka buat, sebab dengan bentuk tersebut lebah sendiri bisa memanfaatkan lokasi penyimpanan madunya secara optimal. Dengan bentuk lain, justru akan banyak ruang yang tidak terpakai dan tidak berguna, sehingga bisa dibayangkan, dengan sedikitnya hasil sedikit pula manfaat yang bisa diambil oleh para lebah tersesebut.

Proses Pembangunan Sarang

Akan sangat unik melihat bagaimana para lebah ini membangun sarang mereka. Dengan posisinya yang menggantung di beberapa tempat tinggi, maka lebah akan memulai proses pembangunan dari sarangnya tersebut dari bagian atas terlebih dahulu yang kemudian berlanjut menuju ke bagian bawah sarangnya. Tentunya proses ini terbilang sangatlah unik dan menarik.

Prinsip bentuk sarang lebah ini sendiri kemudian mengilhami para ahli untuk mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari. Salahsatu aplikasi paling nyata di dalam pengaplikasian sarang lebah ini adalah dalam pembuatan body pesawat yang dibuat dengan memanfaatkan potongan –potongan kecil berbentuk segi enam dan kemudian disusun sedemikian rupa hingga akhirnya membuat body pesaawat itu sendiri. Dengan begitu body pesawat itu sendiri akan lebih menghemat biaya, namun tetap kuat dan juga ringan.

Bagaimana? Sangat unik dan menarik bukan fakta yang ada di balik sarang lebah yang bagitu mengagumkan tersebut? Jangan lupa untuk terus selalu berbagi informasi menarik dengan temn dan sahabat anda yang berada di media sosial. Anda cukup menekan tombol share yang sudah disediakan untuk bisa berbagi artikel faka mengeni sarang lebah ini. Berikan pula pendapat anda mengenai fakt dari sarang lebah yang begitu unik dan menarik ini!

Leave a Reply