Mari Ketahui Fakta Menarik Dari Petir Menakutkan yang Sering Terjadi Di Kala Hujan

Anda pasti sudah sangat mengetahui sebuah gejala alam yang bernama petir.

Kilatan yang cepat dan suara sangat menakutkan tidak jarang membuat suasana menjadi lebih menakutkan, terlebih jika hujan turun dengan curah yang sangat lebat diiringi oleh angin yang cukup kencang. Petir juga diketahui cukup menjadi momok karena beberapa kasus meninggal karena tersambar oleh petir juga sempat diberitakan.

Meskipun demikian, bagi anda yang berani, kilatan petir yang muncul tersebut memiliki keindahan yang cukup menarik, sehingga terkadang juga menjadi salahsatu objek gambar bagi mereka para fotografer dalam mendapatkan gambar.

jj

Berbicara lebih lanjut mengenai petir, berikut ini ada beberapa fakta di balik kejadian alam luar biasa bernama petir ini. Bagi anda yang penasaran dengan seperti apa atau ada fakta apa saja di balik petir tersebut, maka berikut ada beberapa daftar fakta mengenai petir yang bisa anda ketahui.

Amerika Lokasi yang Paling Banyak Petir

Petir biasanya terjadi di musim penghujan dan terbentuk dari perpaduan kilatan serta suara guruh yang menggelegar. Menurut perkiraan sekitar 1800 kali petir akan terjadi di dalam waktu yang bersamaan di seluruh dunia. Faktanya, dari seluruh lokasi di dunia yang diketahui paling banyak dilanda petir itu adalah Amerika. Dikatahui jika ada sekitar25 juta sampai dengan 30 juta kali petir setiap tahunnya.

Tersambar Petir

Jangan membayangkan anda bisa tiba-tiba memiliki kekuatan super setelah tersambar oleh petir, sebab kekuatan sambarannya mampu dengan mudah membunuh siapa saja yang disambarnya, namun bukan berarti anda tidak bisa selamat setelah tersambar petir, sebab menurut laporan ditemukan fakta jika dari 30 kasus sambaran petir 5 orang korban di antaranya dinyatakan masih hidup dan selamat. Salahsatu yang paling tekenal adalah Roy Sullivan. Pria berusia 71 tahun tersebut masih bisa hidup meskipun telah tersambar petir sebanyak 7 kali. Mengagumkan!

Sambaran Petir

Tahukah anda jika kekuatan sambaran dari kilat petir itu dapat menyalakan hingga 100 buah bola lampu dalam sesaat saja. Sambaran kilat petir hanyalah terjadi dalam bebrapa detik saja, yakni sekitar 0,2 detik. Meskipun demikian dalam satu jalur sambarannya akan diikuti oleh banyak kilatan dan sambaran lainnya. Dari sekian banyak sambaran yang terjadi, hanya akan ada 1 sambaran saja yang mengenai target.

Kekuatan Petir

Faktanya kekuatan yang dimiliki petir itu snagatlah besar dan cukup menakutkan, bayangkan saja, sambaran kilat yang dimilki oleh petir tersebut diperkirakan 5 kali lebih panas dari permukaan matahari. Jika dibuat dalam skala derjat celcius, maka panasnya itu bisa mencapai 15000 hingga 20000 derajat celcius. Suara yang muncul dan terdengar angat keras itu menjadi efek lanjutan dari ledakan yang disebabkan dari pemuaian dan pemampatan udara di sekitar petir yang sangat panas tersebut.

Begitulah fakta terkait dengan kejadian alam menakutkan yang dikenal dengan petir ini. Beberapa paparan fakta mengenai petir tersebut mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya dan bisa menjadi pengetahuan baru yang bisa anda dapatkan dan ketahui.

Jangan lupa untuk selalu berbagi dengan teman ataupun sahabat anda yang berada di media sosial hanya dengan cara menekan tombol share yang terletak di halaman ini dan mulailah membagikan informasi baru mengenai petir. Berikan pula tanggapan atau komentar yang terkait dengan artikel mengenai petir tersebut dengan cara menambahakannya di kolom komentar yang sudah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook