Mari Ketahui 20 Pulau Terbesar Di Dunia

5/5 (2)

13. Pulau Jawa (126.700 km persegi)

Pulau Jawa

Salah satu pulau terbesar di Indonesia yaitu Pulau Jawa dengan luas wilayah 126.700 km persegi. Pulau ini menjadi pusat perekonomian, serta pemerintahan untuk negara Indonesia. Pulau Jawa menjadi pulau yang memiliki penduduk paling  banyak di dunia. Pada satu km persegi, penghuni pulau ini lebih dari 1.300 jiwa sehingga menjadikan Pulau Jawa sebagai tempat terpadat di dunia.

Berdasarkan asal usul penamaan, Pulau Jawa asalnya dari bahasa Sansekerta kata Yavadwipa yang memiliki arti sebagai pulau penghasil biji-bijian. Sedangkan beberapa etimologi yang lainnya  menyatakan bahwa kata Jawa mungkin berasal dari pulau panjang (dawa) atau pulau jauh.

Pulau Jawa berbatasan di sebelah barat dengan Pulau Sumatera, sebelah timur Pulau Bali, sebelah utara Pulau Kalimantan, sebelah selatan Pulau Natal.

12. Pulau Selatan (150.737 km persegi)

Pulau Selatan

Pulau Selatan merupakan wilayah negara Selendia Baru. Secara geografis, pulau ini berbatasan dengan Laut Tasman di sebelah barat, Selat Cook di sebelah utara, Samudera Pasifik di sebelah timur dan selatan. Pegunungan Alps Selatan terdapat di sepanjang pesisir barat pulau ini. Gunung tertinggi di pulau ini yaitu Gunung Cook dengan ketinggian 3.754 mdpl. Sedangkan luas wilayah Pulau Selatan ini 150.737 km persegi.

Leave a Reply