Mari Ketahui 5 Pulau Terbesar Di Dunia

Permukaan bumi terbentuk dari wilayah perairan dan daratan.

Salahsatu yang termasuk dalam wilayah daratan adalah pulau. Pulau sendiri dapat diartikan sebagai wilayah kering yang memiliki luas lebih kecil dari benua, namun lebih besar daripada karang. Ada beberapa persyaratan mengenai persyaratan sebuah wilayah bisa disebut sebagai pulau, seperti memiliki lahan sendiri, tidak tenggelam saat air pasang dan beberapa poin lainnnya lagi.

Tahukah kamu apa perbedaan pulau dengan kepulauan? Jika pulau hanya merujuk pada satu wilayah saja sedangkan kepulauan adalah kumpulan dari beberapa pulau yang membentuk suatu wilayah, itulah sebabnya Indonesia disebut sebagai negara kepulauan bukan negara pulau.

Pernahkah kamu melihat globe atau atlas yang menampilkan gambar-gambar berskala kecil dari permukaan bumi dan membandingkan luas wilayah antar satu dengan yang lainnya? Jika ya mungkin kamu bisa ingat-ingat kembali pulau mana saja yang memiliki luas wilayah yang besar dibanding yang lainnnya.

Berikut ada 5 pulau yang disebut sebut sebagai pulau yang memiliki wilayah terluas didunia.

5. Pulau Baffin (507.451 Km persegi)

Berlokasi di Utara Kanada Pulau Baffin merupakan salahsatu pulau terbesar yang pernah ada. Memiliki luas mencapai 507.451 Km persegi pulau ini dinyakan sebagai urutan nomor 5 dengan wilayah terluas. Pulau Baffin kini dihuni oleh masyarakat yang hingga kini berjumlah lebih dari 11.000 jiwa.


4. Madagaskar (587.041 km persegi)

Memiliki luas mencapai 587.041 km persegi Madagaskar menempati urutan ke 4 sebagai pulau dengan luas wilayah terbesar. Madagaskar yang memiliki lokasi di Samudra Hindia dan berada dekat dengan afrika ini memiliki sejarah serta aspek lainnya berbeda dengan Afrika, di mana Madagaskar ini sendiri diperkirakan merupakan pecahan dari Benua Asia jika melihat struktur tanah yang dimilikinya. Memakai bahasa resmi Malagasy, Madagaskar diperkirakan dihuni hingga lebih dari 22 juta jiwa hingga saat ini. Pulai ini juga dikenal memiliki beragam flora dan fauna khas dan endemik.

3. Kalimantan (743.330 Km persegi)

Pulau Kalimantan atau yang dikenal sebagai Borneo ini terbagi menjadi 3 wilayah negara, yakni Indonesia, Brunei Darusslam dan Malaysia. Penamaan Kalimantan dalam arti luas berarti keseluruhan pulau ini sedang dalam arti sempit hanya mengacu pada wilayah Indonesia saja. Memiliki luas wilayah mencapai 743.330 Km persegi menempatkan pulau ini dalam posisi ke 3 sebagai pulau dengan luas wilayah terluas.


2. Nugini (786.000 Km persegi)

Papua New Guinea atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Papua Nugini memiliki luas wilayah mencapai 786.000 Km persegi. Wilayah pulau ini terbagi dalam 2 negara yakni Pulau Irian dan setengahnya lagi merupakan wilayah Negara Papua New Guinea. Dalam Bahasa Indonesia penamaan Pulau New Guinea ini biasa disebut sebagai Irian yang berarti beruap atau semangat untuk bangkit.

1. Greenland (2.166.086 Km)

Dengan total wilayah mencapai 2.166.086 Km persegi pulau ini dihuni oleh penduduk yang berjumlah sekitar 56.194 jiwa saja. Dengan luas wilayah yang sedemikian besarnya, membuat Greenland ini menjadi pulau terbesar di dunia. Berlokasi di Samudra Atlantik bagian utara, pulau ini masuk menjadi bagian dalam wilayah Kerajaan Denmark. Grennland sendiri memiliki ibu kota bernama Nuuk dan dinyatakan sebagai wilayah mandiri pada tahun 1979. Dengan luas wilayahnya yang sangat besar maka Greenland dinobatkan sebagai pulau dengan wilayah terluas di dunia

Bagaimana? Tertarik? Mari share ke teman-temanmu.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook