Mari Ketahui 20 Pulau Terbesar Di Dunia 5/5 (2)

Permukaan bumi terbentuk dari wilayah perairan dan daratan.

Salahsatu yang termasuk dalam wilayah daratan adalah pulau. Pulau sendiri dapat diartikan sebagai wilayah kering yang memiliki luas lebih kecil dari benua, namun lebih besar daripada karang. Ada beberapa persyaratan mengenai persyaratan sebuah wilayah bisa disebut sebagai pulau, seperti memiliki lahan sendiri, tidak tenggelam saat air pasang dan beberapa poin lainnnya lagi.

Tahukah kamu apa perbedaan pulau dengan kepulauan? Jika pulau hanya merujuk pada satu wilayah saja sedangkan kepulauan adalah kumpulan dari beberapa pulau yang membentuk suatu wilayah, itulah sebabnya Indonesia disebut sebagai negara kepulauan bukan negara pulau.

Pernahkah kamu melihat globe atau atlas yang menampilkan gambar-gambar berskala kecil dari permukaan bumi dan membandingkan luas wilayah antar satu dengan yang lainnya? Jika ya mungkin kamu bisa ingat-ingat kembali pulau mana saja yang memiliki luas wilayah yang besar dibanding yang lainnnya.

Berikut ada 20 pulau yang disebut sebut sebagai pulau yang memiliki wilayah terluas didunia.

20. Pulau Irlandia (84.406 km persegi)

Pulau Irlandia

Pulau Irlandia memiliki luas wilayah 84.406 km persegi. Pulau ini menjadi pulau terbesar di dunia pada urutan kedua puluh. Pulau ini berada di kawasan Eropa.

19. Pulau Mindanao (94.639 km persegi)

Pulau Mindanao

Pulau terbesar di dunia selanjutnya yaitu Pulau Mindanao. Pulau Mindanao memiliki luas wilayah 94.639 km persegi. Pulau ini terletak selatan Filipina. Pulau ini sebagian besar adalah pegunungan, adapun gunung tertinggi yaitu Gunung Apo. Pulau ini berbatasan langsung di sebelah selatan dengan Laut Sulawesi dan di sebelah timur dengan Laut Filipina, Laut Sulu di sebelah barat.

18. Pulau Islandia (102.828 km persegi)

Pulau Islandia

Pulau Islandia memiliki luas wilayah 102.828 km persegi. Pulau Islandia berada sekitar 300 kilometer dari pulau Greenland. Berdasarkan sejarah, orang pertama yang menghuni pulau ini yaitu biarawan Irlandia pada abad sekitar ke 9.

17. Pulau Luzon (104.688 km persegi)

Pulau Luzon

Pulau Luzon memiliki luas wilayah 104.688 km persegi. Pulau Luzon  menjadi salah satu pulau terbesar di Filipina. ‘Luzon’ itu sendiri berasal dari kata Lusong. Lusong adalah senjata tradisional Suku Tagalog.

Di sisi barat Pulau Luzon berbatasan dengan Laut China Selatan, Laut Filipina di timur, Selat Luzon di utara. Di Pulau Luzon terdapat gunung tertinggi kedua di Filipina yaitu Gunung Pulag.

Leave a Reply