indonesiaku 1

Mari Dukung Ambon Menjadi Kota Musik Dunia

Apa yang ada di benak anda kala mendengar sebuah kota bernama Ambon?

Alamnya yang indah dan berbagai kuliner sedap dan unik mungkin yang terbayang di benak anda. kearifan lokal yang masih terjaga juga mungkin terbanyang dalam benak anda. Tapi ada hal lain yang munkgin anda tisak sadari sebagai potensi besar Kota Ambon,. Potensi besar tersebut adalah para musisi dan penyanyinya.

indonesiaku 1

Mengingat banyaknya potensi sumber daya manusia yang berbakat dalam bidang musik ini, maka Pemerintah Kota Ambon sendiri akhirnya mencoba untuk mengembangkannya dalam konsep kota musik. Sejak tahun 2011 sendiri Ambon sudah dikenal dan mendeklarasikan diri sebagai kota musik. Demi membangun cita-cita besar tersebut, pemerintah Kota Ambon berupaya mendukung kegiatan bermusik masyarakatnya secara lebih besar lagi.

Berbagai fasilitas pendukung dibuat oleh pemerintah Kota Ambon demi mewujudkan Ambon sebagai kota musik. Tidak berhenti samapi di situ saja, dukungna besar juga diebrikan oleh pemerintah Ambon untuk para warganya yang ingin mengenyam dan merasakan pendidikan musik secara profesional dan mendalam. Selama bertahun-tahun Ambon terus mengembangkan konsep kota musik ini secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Seiring dengan perkembangan Ambon sebagai kota musik, maka keinginn Ambon berdiri sebagai kota musik berkelas juga semakin besar. Oleh karena itu, demi mewujudkan kota musik yang berkelas di Indonesia, maka Ambon pun sekarang telah mencanangkan akan memenuhi standar kota musik yang telah ditetapkan oleh badan dunia, yakni UNESCO.

Dalam pelaksanaanya, pemerintahan Kota Ambon pun didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf. Ari Juliano Gema selaku Deputi Fasilitasi HKI Bekraf Indonesia sendiri memberikan informasi jika pencanangan Ambon sebagai kota musik dunia akan dilakukan bertepatan dengan pekan kreativitas bermusik dari para musisi Ambon, yakni pada tanggal 28 Oktober 2016 nanti.

Untuk bisa ditetapkan sebagai kota musik, UNESCO memiliki 7 kriteria utama yang harus dipenuhi oleh sebuah kota agar bisa atau layak disebut sebagai kota musik. Persyaratan tersebut antara lain adalah berupa pembangunan infrastruktur penunjang berupa penyiapan SDM, studio rekaman, gedung pertunjukan seni, dan juga sekolah musik.

Dari tujuh kriteria tersebut, Ambon kini tengah membangun sebuah sekolah musik yang berkualitas untuk para masyarakatnya. Sekolah musik ini nantinya akan memiliki kurikulum pendukung yang jelas dan bagus serta dilengkapi oleh tenaga pengajar yang berkompeten. Berkenaan dengan hal tersebut, Richard Louhenapessy selaku walikota dari Ambon mengungkapkan jika dirinya dan pemerintahan Ambon akan mendukung program ini agar terlaksana dengan baik. sehingga dengan banyaknya lulusan berkualitas, baik dari dalam maupun luar negeri, maka Ambon bisa memiliki banyak sekali potensi bakat lokal yang bisa bersaing di ranah yang lebih luas baik secara nasional ataupun internasional.

Jangan lupa untuk terus berbagi dengan teman dan sahabat anda mengenai rencana kota Ambon yang hendak emnuju sebagai kota musik dunia ini. Silahkan anda tekan tombol share yang telah dipersiapkan. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar atau pendapat anda mengenai pencanangan Kota Ambon sebagai kota musik dunia. masukan komentar anda ke dalam kolom komentar di bawah ini!,/p>

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *