Mari Berpelukan! Simak Fakta Unik dan Manfaat Di Balik Sebuah Pelukan

Salahsatu bentuk komunikasi non-verbal yang menunjukan keakraban, kasih sayang dan cinta adalah sebuah pelukan.

Dengan sebuah pelukan hangat banyak orang menyatakan perasaannya yang mendalam dan jujur. Cinta dan kasih sayang adalah 2 hal yang biasanya menjadi latar belakang sebuah pelukan. Rasa rindu akan seseorang juga bisa menjadi latar belakang bagi seseorang untuk berpelukan.

Pelukan terjadi tidak hanya di anatara sepasang kekasih saja, namun kepada siapapun yang kita kasihi dan sayangi. Namun tahukah anda ternyata selain sebagai ungkapan non verbal, pelukan juga memiliki sejumlah besar manfaat lainnya, baik bagi kesehatan secara fisik dan psikis. Dari sekian banyak fakta unik manfaat pelukan, maka salahsatunya adalah kebahagiaan dan kesehatan. Ternyata berpelukan memang mampu meredakan berbabai permasalah psikis dan juga fisik.

fakta-2.jpg

Satu diantaranya berpelukan mampu membaut tekanan darah dalam tubuh kita turun. Dengan berpelukan hormon oksitoksin yang ada di dalam tubuh kita terpacu untuk keluar secara optimal. Hormon oksitoksin sendiri secara umum diketahui merupakan salahsatu jenis hormon yang mampu meningkatkan prilaku sosial, ikatan, kedekatan antara orangtua, anak serta pasangan. Namun ternyata disamping merasa lebih baik, ternyata hormon oksitoksin juga mampu menyehatkan fisik. Sentuhan pada kulit yang terjadi saat kita berpelukan akan merangsang reseptor yang dikenal dengan sel pacinian. Setelah sentuhan tersebut sel-sel tersebut akan secara langsung mengirimkan sinyal tersebutmenuju ke saraf vagus di otak. Saraf vagus sendiri merupakan salahsatu saraf di otak yang juga memiliki peranan dalam naik turunnya tekanan darah seseorang.

Selain dengan menurunkan tekanan darah tinggi, berpelukan pula bisa membantu seseorang lepas dari kondisi stres yang sedang dialami. Oleh karena itu, jika anda sedang mengalami tekanan dan m,asalah, kemudian mengalami stres maka berpelukan bisa menjadi solusi alami terbaik yang bisa anda pilih untuk meredamnya. Dengan pelukan hormon pemicu stres atau yang dikenal dengankortisol akan menurun, selain itu sinyal ketenangan akan muncul dan disalurkan menuju ke otak manakala kita berpelukan dengan orang secara tulus dan erat.

Selain dengan tekanan darah dan juga stres, pelukan juga diketahui bermanfaat besar terhadap kesehatan jantung anda. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan diketahui jika degup jantung orang yang berpelukan akan lebih tenang dan stabil dibanding dengan orang yang tidak berpelukan, tentunya ini menjadi sebuah poin yang cukup penting. Hal tersebut menunjukan jika ternyata rasa nyaman yang dihasilkan dari sebuah pelukan bis berimbasa pada banyak hal.

Secara umum tentunya berpelukan juga mampu membaut perasaan seseorang itu lebih baik. semua kebaikan yang muncul dari sebuah pelukan sendiri muncul kala kita berpelukan bersama dengan orang yang kita kenal dengan dekat, bahkan akan sangat memiliki efek apabila yang kita peluk adalah orang-orang terkasih. Dengan berpelukan banyak hormon kebaikan yang meningkat dan hormon yang memicu ketegangan akan tereduksi, oleh karena itu dengan berpelukan maka akan memberikan efek kedalaman bagi berjalannya sebuah hubungan.

Demikianlah fakta unik dari pelukan yang mungkin sebelumnya belum anda ketahui. Banyak sekali memang manfaatdan fakta unik dari pelukan yang sebaiknya anda coba. Tertarik untuk mencoba melakukan pelukan secara rutin?

Mari bagikan artikel dan informasi mengenai manfat dan fakt unik pelukan ini melalui media sosial yang anda miliki masing-masing dengan menekan tombol share. Berikan pula pandangan dna komentar anda mengenai fakta unik pelukan dengan hanya mengisi kolom komentar yang tersedia pada bagain bawah artikel.