Malika Akbar: Ice Skater Cilik Indonesia yang Memadukan Ice Skating Dengan Jaipong

Apakah anda pernah mencoba olahraga seluncur es atau dikenal juga sebagai ice skating?

Ice Skating atau seluncur es sebenarnya merupakan sebuah olahraga yang cukup tua, sebab menurut literatur diketahui bahwa olahraga ini sudah ditemukan dan dilakukan bahkan dari sejak 3000 tahun yang lalu. Olahraga inijuga awalnya diketahui sebagai sebuah kegitan rekreasi di negara-negara yang memiliki 4 musim, yang ketika musim dingin bagian tanahnya tertutupi oleh lapisan salju serta es. Dalam perkembangannya olahraga ini kemudian tidak hanya bisa dimainkan di negara-negara beriklim salju saja, tetapi juga di daerah yang lebih panas sekalipun, meskipun memang anda harus meluncur di sebuah ruangan yang khusus disesiakan sebagai arena untuk berseluncur.

Berbicara lebih lanjut mengenai ice skating, pernahkan anda membayangkan bagaimanakah jadinya jika olahraga ice skating berpadu dengan tarian jaipong tradisional dari Indonesia? Mungkin pada awalnya akan terdengar aneh, namun ternyata hal tersebut nyata dilakukan oleh seorang ice skater asal Indonesia bernama Malika Akbar. Dalam bayangan anda yang belum mengenalnya, Malika mungkin dianggap sebagai ice skater wanita dewasa dengan segudang pengalaman yang telah ia miliki dalam dunia ice skating. Namun ternyata Malika hanyalah seorang gadis kecil berusia 11 tahun yang cinta pada olahraga ice skating ini.

11-malika-akbar

Meskipun baru berusia 11 tahun, Malika diketahui sangat piawai berseluncur di atas es dengan menggunakan sepatu bersol pisau. Ia bahkan mampu memepertunjukan gerakan-gerakan tarian jaipong ketika sedang berseluncur. Aksinya berseluncur sembari menari jaipong sendiri ia pertunjukan kala ia tampil di dalam sebuah acara yang bertajuk Skate Jakarta 2015. Dalam ajanag yang telah diselenggarakan di Bulan Mei lalau itu, Malika tampil dengan penuh percaya diri dengan kostum khas Indonesia juga.

Aksinya yang memukau itu memang bukan didapatnya secara instans, gadis kecil ini memang mengaku menyenangi ice skating dari dirinya sendiri, sehingga membuatnya senang dengan apa yang dilakukannya. Kepiawaiannya dalam meluncur juga dibuktikannya kala mendapatkan medali perunggu dalam sebuah ajang ice skating yang digelar di Beijing, China. Malika yang kala itu tampil ternyata menjadi perwakilan satu-satunya dari Indonesia yang tampil di ajang internasional tersebut.

Rasa pesimis dialamai oleh Malika dan sang ibunda yang menemaninya berlaga. Mereka sadar jika atlit ice skating di China sudah dipersiaokan secara khusus untuk bisa menjadi seorang atlit yang profesional di bidangnya, sehingga hal tersebut sempat menipiskan rasa optimis mereka. Meskipun demikian ternyata berkat penampilan gemilangnya di ajang internasional Asian Junior Figure Skating Challenge 2015, Malika mampu menyabet medali perunggu dan naik podium sebagai salahsatu ice skater muda dalam kategori Basic Novice A Girls. Sebenarnya tidak hanya Malika ada beberapa atilt lainnya dari luar negara China seperti Filipina hingga India yang turut mengirimkan perwakilannya untuk bia unjuk gigi di ajang ice skating bertaraf internasional tersebut.

Bagi anda yang penasaran bagimana aksi dari ice skateer cilik Indonesia Malika Akbar, berikut adalah videonya ketika sedang menunjukan kemampuan skating dengan membawakan tari jaipong dalam ajang Skate Jakarta 2015 lalu. Selamat menyimak.

Hebat sekali bukan malika ini? Mari berbagi dengan teman dan sahabat anda di media sosial anda masing-msaing. Tekan tombol share pada bagian bawah artikel ini, anda juga bisa berkomentar pada kolom yang disediakan mengenai bagaimana kehebatan yang dimiliki oleh Malika kala ia meluncur di atas es.

Leave a Reply