Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng – Salah satu alasan yang membuat kehadiran jerawat amat menjengkelkan adalah bukan hanya lukanya yang menyakitkan akan tetapi bekas lukanya yang sangat merugikan. Luka bekas jerawat bisa memunculkan bopeng. Mari ketahui cara menghilangkan bopeng di bawah ini.

Jerawat memang menjadi salah satu masalah kecantikan yang paling umum dijumpai. Setidaknya satu kali dalam seumur hidup seseorang bisa terserang dengan yang namanya jerawat. Jerawat tak hanya menyerang wanita saja, namun pria pun punya risiko yang sama terkena dengan jerawat. Namun demikian, perempuanlah yang punya risiko lebih besar terkena jerawat.

Salah satu alasan yang membuat hadirnya jerawat sangat menjengkelkan bukan hanya luka radangnya yang menyakitkan. Akan tetapi, bekas luka jerawatlah yang sangat merugikan. Pasalnya luka bekas jerawat bisa muncul dalam beberapa kondisi diantaranya adalah flek hitam dan bopeng.

5 Cara Menghilangkan Bopeng

Bopeng adalah bekas luka berbentuk cekung seperti lekukan atau lubang pada kulit. Kondisi kulit wajah yang dipenuhi dengan bopeng akibat jerawat akan tentu menyeramkan dan merusak penampilan. Namun tak perlu khawatir mari atasi dengan 5 cara menghilangkan bopeng di bawah ini. Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

Lakukan Chemical Peeling

Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Cara menghilangkan bopeng akibat jerawat pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menempuh metode chemical peeling. Metode ini adalah proses pengelupasan kulit yang tujuannya dilakukan untuk membuat kulit menjadi lebih mulus

Selama chemical peeling, lapisan asam akan diaplikasikan pada wajah. Selain membantu menghilangkan lapisan luas pada kulit. Chemical peeling dapat bermanfaat untuk membantu regenerasi kulit berjalan dengan lebih mudah.

Dilansir dalam laman kesehatan Healthline, memaparkan bahwa sebenarnya peeling tidak benar-benar mampu menghapus bopeng yang ada pada permukaan kulit. Namun proses ini lebih ditujukan untuk mengelupas sel kulit mati yang terdapat pada bekas luka yang tidak terlalu dalam.

Untuk bisa melakukan proses chemical peeling anda bisa menggunakan sejumlah produk wajah yang mengandung beberapa jenis asam di bawah ini.

  • Asam glikolat
  • Asam trikloroasetat (TCA)
  • Asam salisilat
  • Asam piruvat

Prosesnya selain dilakukan di salon kecantikan atau dokter kulit, pun bisa anda lakukan sendiri dengan memperhatikan petunjuk pemakaian. Atau lebih amannya lagi lakukan terlebih dahulu konsultasi dengan ahli sehingga anda mendapatkan panduan penggunaan produk tersebut. Selain itu, perlu dipahami bahwa ada efek samping berupa pengelupasan, kemerahan dan perasaan perih serta panas pada kulit selama anda melakukan proses ini.

Samarkan Bopeng dengan Kentang

Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Selain beberapa tindakan medis atau kecantikan dari salon untuk menghilangkan bopeng. Cara menghilangkan bopeng juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami. Tujuannya adalah untuk menutrisi kulit dan menyamarkan lekukan pada kulit akibat jerawat.

Hal ini dikarenakan kentang punya sejumlah vitamin dan kandungan mineral yang banyak dan punya fungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka bekas jerawat. Tak hanya itu, kandungan B3 yang ada di dalamnya pun dipercaya ampuh untuk menghindarkan bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat.

  • Adapun langkah yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bopeng akibat jerawat adalah dengan menyiapkan 1 atau 2 buah kentang sesuai dengan kebutuhan.
  • Setelah itu, cuci bersih kentang dengan menggunakan air dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.
  • Potong kentang dengan bentuk tipis-tipis secara merata. Pastikan tangan dan media pemotong yang digunakan dalam keadaan bersih dan steril.
  • Lalu setelah itu, tempelkan kentang pada bagian wajah yang terkena bopeng.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar bahan alaminya terserap oleh kulit.
  • Setelah selesai kemudian cuci wajah anda sebagaimana biasanya.

Samarkan Bopeng dengan Baking Soda

Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Jika anda hanya tahu baking soda sebagai bahan tambahan untuk membuat kue, mungkin anda patut terkejut karena ternyata bahan alami dalam baking soda bisa juga digunakan untuk menyamarkan bopeng.

Hal ini dikarenakan baking soda punya kandungan kristal sodium bicarbonat yang fungsinya bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang ada dipermukaan kulit. Maka dari itu, segeralah ke dapur dan siapkan baking soda untuk kita aplikasikan sebagai obat bopeng alami.

  • Sebelumnya bersihkan terlebih dahulu wajah anda untuk memastikan ramuan ini tidak bercampur dengan kotoran dan minyak yang masih menempel pada kulit.
  • Setelah itu, siapkan beberapa sendok teh baking soda sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menambahkan takarannya apabila bopeng pada permukaan wajah jumlahnya cukup banyak. Begitupun sebaliknya.
  • Campurkan sedikit air untuk mengentalkan baking soda sehingga teksturnya menjadi pasta yang mengental.
  • Setelah itu, baru oleskan baking soda pada wajah dengan aplikator cotton bud.
  • Diamkan selama kurang lebih 2 menit lalu setelah itu, basuh permukaan wajah anda dengan menggunakan air hangat.

Karena efek baking soda punya sifat basa maka bekasnya akan menimbulkan efek kering pada kulit. Untuknya setelah menggunakan ramuan ini pastikan anda mengoleskan pelembab pada wajah yang memang sesuai dengan jenis kulit anda. Artikel menarik: Upgrade Penampilan dengan 6 Cara Menjadi Cantik Berikut Ini

Samarkan Bopeng dengan Lidah Buaya

Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Bahan alami selanjutnya sebagai cara menghilangkan bopeng adalah lidah buaya. Lidah buaya punya segudang nutrisi seperti vitamin A, C, E juga vitamin B12 yang baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan yang berlimpah di dalamnya pun akan baik untuk memperbaiki kulit.

Kandungan asam folat dan kolin yang tinggi juga ditemukan dalam lidah buaya. Dimana nutrisi ini akan dibutuhkan oleh tubuh dan kulit untuk proses regenerasi. Anda yang ingin memanfaatkan bahan alami ini pastikan daging lidah buaya yang dipilih ukurannya besar sehingga hasilnya melimpah.

  • Cuci bersih lidah buaya dan pisahkan antara kulit dengan dagingnya.
  • Lalu ambil gel yang ada pada lidah buaya dengan cara menyendoknya menggunakan sendok. Setelah itu, haluskan dengan merata.
  • Masukkan ke dalam mangkuk dan sisihkan sementara.
  • Aplikasikan gel lidah buaya alami ini pada wajah sambil dilakukan pemijatan yang lembut. Diamkan 1 jam atau sampai mengering.
  • Baru kemudian bersihkan wajah anda dengan sabun wajah dan keringkan.

Samarkan Bopeng dengan Tomat

Lebih Percaya diri dengan 5 Cara Menghilangkan Bopeng

Bahan alami terakhir yang dapat anda nikmati khasiatnya untuk menyamarkan bopeng yang menjengkelkan adalah tomat. Tomat punya kandungan vitamin dan nutrisi yang tak kalah melimpah dari lidah buaya. Selain itu, mineral dalam tomat pun tinggi. Manfaat inilah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan bekas luka.

  • Cara penggunaannya adalah dengan memilih buah tomat yang segar dan upayakan pilih yang sudah matang.
  • Kemudian haluskan tomat dengan blender tanpa tambahan air.
  • Bila sudah halus kemudian aplikasikan sebagai masker secara alami. Setelah meresap kemudian bersihkan wajah anda seperti biasa.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan bopeng yang dapat kami sampaikan. Karena cara di atas bentuknya adalah treatment maka penggunaannya tidak dapat dilakukan hanya satu kali. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda perlu bersabar dan menjaganya tetap konsisten.

Leave a Reply