Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif – Meski sekolah dan bekerja dari rumah, membiasakan diri bangun pagi perlu selalu dijaga agar anda tidak lagi kesulitan beradaptasi ketika waktu masuk nanti tiba. Di bawah ini adalah 6 cara bangun pagi yang efektif untuk dicoba.

Kewajiban untuk sekolah dan pergi bekerja menuntut kita untuk senantiasa bangun lebih pagi untuk dapat menunaikan kegiatan harian. Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah menyambut pagi hari mereka dengan lebih dini.

Sebagian mungkin seringkali kesiangan dan tergesa sampai harus mendapatkan teguran dari atasan atau guru. Sebagian lain, harus bergumul bersama alarm yang meskipun mereka bangun pagi namun rasa terpaksa seringkali membuat mood menjadi berantakan.

Ya, bangun lebih pagi memang untuk sebagian orang bisa menjadi tantangan. Apalagi anda yang seringkali terjaga sampai dengan larut malam. Tentunya, kurangnya waktu tidur di malam hari membuat rasa kantuk terakumulasi menjelang pagi hari. Hal inilah yang seringkali dikeluhkan oleh sebagian orang yang bermasalah dengan bangun pagi. Baca juga: 7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Namun tak perlu khawatir agar pagi hari anda terasa lebih segar di bawah ini adalah 6 cara bangun pagi yang efektif untuk anda praktekan di rumah.

Tidur Lebih Awal

Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Salah satu cara bangun pagi pertama yang perlu anda perhatikan adalah waktu tidur anda di malam hari. Kesibukan yang menumpuk seringkali membuat seseorang terpaksa terjaga sampai larut malam demi bisa menyelesaikan pekerjaan mereka sampai tuntas. Alhasil, waktu tidur di malam hari yang seharusnya terpenuhi dengan baik malah tersita dengan urusan pekerjaan yang tidak ada habisnya.

Hal inilah yang akhirnya membuat kurangnya waktu tidur semakin membuat anda lelah. Bahkan pada saat menjelang pagi hari, rasa kantuk akan semakin parah. Anda pun akan lebih mungkin kesiangan atau mungkin bila pun anda bangun pagi namun perasaan dan suasana hati anda akan cenderung tidak nyaman karena keterpaksaan.

  • Maka dari itu, bangunlah lebih pagi dengan cara selesaikan lebih cepat pekerjaan anda.
  • Atau hindari begadang bila pekerjaan yang anda kerjakan sudah selesai.
  • Untuk alasan apapun, terjaga sampai larut malam sebaiknya dihindari demi menyambut pagi hari yang lebih segar sehingga tubuh anda pun siap bangun pagi dengan ceria.
  • Hindari penggunaan gadget menjelang tidur sebab ini malah akan semakin menyita perhatian anda yang pada akhirnya anda akan kesulitan tidur lebih awal.

Gunakan Alarm

Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Bila anda adalah tipikal orang yang seringkali tidur kebablasan dan melewatkan pagi hari anda karena tidak sadar dengan waktu maka nampaknya menggunakan alarm akan menjadi pilihan yang baik. Penggunaan alarm akan membantu anda untuk punya pengingat agar anda bisa bangun pada saatnya sesuai dengan waktu pagi hari versi anda sendiri.

Penggunaan alarm selain akan membantu anda bangun lebih pagi, pun tentunya penggunaan pengingat ini bisa lebih personal dan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk dengan ringtone yang ingin anda pasang bila anda menggunakan alarm dari ponsel. Adapun cara menggunakan alarm adalah dengan mengikuti langkah berikut:

  • Atur waktu bangun pagi anda baik pada jam beker ataupun pada ponsel anda yang lebih mudah.
  • Bila anda menggunakan alarm dari ponsel biasanya ada banyak pilihan ringtone atau bunyi alarm yang bisa anda gunakan. Silahkan tentukan pilihan bunyi alarm yang akan efektif membantu membangunkan anda di pagi hari.
  • Pengaturan alarm di ponsel pun biasanya terdapat pilihan untuk mengatur apakah anda ingin mengeset alarm setiap hari atau untuk waktu tertentu.
  • Sebagai cadangan, jangan hanya set alarm satu waktu saja. Anda bisa memberikan jeda kira-kira 5 menit agar alarm berbunyi di waktu yang tidak berjauhan. Hal ini akan membantu anda untuk terbangun karena bunyi alarm yang terus menerus.

Jangan Seenaknya Matikan Alarm

Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Banyak orang yang gagal bangun pagi atau bangun di waktu yang sudah mereka rencanakan meskipun sudah menggunakan alarm. Hal ini dikarenakan ketika alarm mulai berbunyi, suara yang dikeluarkannya akan cenderung mengganggu waktu tidur mereka dan dengan mudah mereka memencet tombol “snooze” atau “matikan alarm.”

Hal inilah yang akan tentu membuat fungsi alarm percuma saja. Maka dari itu, pastikan anda tidak menghancurkan rencana bangun pagi anda dengan mematikan alarm seenaknya. Justru itulah fungsi dari alarm ketika suaranya mengganggu anda maka akan secara otomatis anda terbangun. Artikel terkait: 7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk di Tempat Kerja

Minumlah Air Putih Sebelum Tidur

Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Cara bangun pagi selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan minum segelas air putih sebelum anda tidur di malam hari. Air putih akan membantu meningkatkan mood dan konsentrasi ketika anda bangun di pagi hari.

Selain itu, air putih pun akan mencegah anda dari rasa lapar ketika malam hari. Rasa lapar yang terjadi pada saat malam hari akan dapat mengganggu waktu istirahat anda dan inipun mampu merusak konsentrasi anda untuk ketika bangun tidur. Maka dari itu, pastikan anda mengkonsumsi satu atau dua gelas air putih sebelum anda tidur.

Lakukan Aktivitas Ringan Ketika Bangun

Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Bangun di pagi hari akan terasa lebih segar ketika anda tidak terburu-buru. Santailah sejenak dan lakukan dengan perlahan. Bila anda takut tidak punya cukup waktu maka usahakanlah barang 5 menit untuk sekedar melakukan sesuatu yang akan dapat meningkatkan mood dan semangat anda di pagi hari.

Kegiatan ini akan cukup penting untuk pembentukkan mood baik dan semangat anda. Sehingga pagi hari anda akan terasa lebih ceria. Tahukah anda? Ketika mood pagi hari kita positif maka hal ini akan membuat diri kita lebih siap melakukan aktivitas dan cenderung membuat kita lebih produktif. Adapun beberapa kegiatan ringan yang bisa anda lakukan ketika baru saja bangun tidur adalah:

  • Peregangan tubuh untuk melemaskan otot-otot yang mungkin kaku selama anda tidur semalaman.
  • Menarik napas dalam-dalam dan hempaskan. Meditasi ringan ini akan memberikan anda pengaruh yang lebih positif.
  • Membereskan tempat tidur sehingga rasa kantuk akan perlahan hilang dan andapun lebih siap melakukan aktivitas selanjutnya.

Hindari Meletakkan Gadget di Tempat Tidur

Lebih Disiplin, 6 Cara Bangun Pagi yang Efektif

Salah satu kebiasaan yang rasanya sulit dihilangkan di era tekhnologi saat ini adalah kita menjadi sangat kecanduan dengan tekhnologi itu sendiri. Contohnya saja adalah kehadiran ponsel atau gadget yang bahkan tanpa kita sadari membuat hidup kita seolah sepenuhnya tercurahkan pada mereka. Padahal, ada banyak hal penting disekeliling kita yang bisa dilakukan dan tentunya lebih berfaedah.

Kebiasaan meletakkan gadget di atas kasur sebaiknya anda hindari bila anda ingin berhasil dengan cara bangun pagi. Hal ini dikarenakan, potensi anda untuk semakin sulit tidur akibat terus menerus mengoperasikan gadget akan semakin besar. Maka dari itu, sebaiknya letakkan gadget di tempat lain dan bila perlu tempatkan di tempat yang tidak mudah anda jangkau dalam posisi tidur. Terbaru dari kami: Sederhana! 6 Cara Bahagia Ini Buat Hidup Lebih Bermakna

Leave a Reply