Inilah Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan selalu dinantikan oleh umat Islam. Ada banyak tradisi dan kuliner khas yang membuat rindu pada bulan Ramadhan. Di setiap daerah, masyarakat memiliki cara tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Berbagai ritual bahkan masih dijalankan sampai sekarang ini. Bahkan juga ada kuliner khas yang hanya bisa ditemukan di daerah-daerah tertentu saja.

Kuliner khas ini bahkan hanya bisa ditemukan ketika bulan Ramadhan saja. Kuliner ini menjadi makanan khas yang selalu banyak diburu untuk menu buka puasa. Nah, dari berbagai daerah berikut ini beberapa kuliner unik yang hanya ada di bulan Ramadhan.

Inilah Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Setiap umat Muslim akan menyambut bulan puasa dengan penuh suka cita. Banyak hal yang dirindukan dari bulan suci ini, salah satunya yaitu kuliner khas yang hanya ada saat bulan Ramadhan. Ada banyak kuliner khas dari berbagai daerah yang bisa kita temukan saat bulan puasa saja. Penasaran kuliner apa saja yang dimaksud? Untuk mengetahuinya yuk simak di bawah ini.

Kicak

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Kicak adalah salah satu kuliner yang asalnya dari Yogyakarta. Kuliner ini hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan. Kicak itu sendiri terbuat dari singkong, yang diolah dengan cara dikukus. Agar rasanya semakin nikmat, kuliner ini biasanya ditaburi dengan kelapa parut di atasnya.

Kuliner ini biasanya ditemukan di pasar sore Kauman di Yogyakarta. Ketika disantap, makanan ini akan terasa begitu lembut dan manis. Dengan taburan kelapa yang melengkapi, semakin menambah rasa gurih dan asin dikombinasikan dengan aroma buah nangka, serta daun pandan. Rasanya yang enak tentu akan menggugah selera makan anda ketika buka puasa.

Baca juga : Fakta Unik Tentang Kolak yang Jarang Diketahui

Sate Susu

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Selain itu, kuliner unik lainnya yang hanya ada ketika bulan Ramadhan yaitu sate susu. Sate susu adalah kuliner khas Ramadhan yang asalnya dari  kampung Jawa, Ds. Wanasari, Denpasar Barat. Sesuai namanya, kuliner sate susu ini terbuat dari puting susu sapi, kemudian dipotong-potong membentuk dadu. Lalu direbus dan diberikan bumbu yang khas.

Berbeda seperti bumbu sate pada umumnya yang menggunakan sambal kacang, bumbu sate susu ini memiliki citra rasa khas yakni terbuat dari tepung beras, kemudian dicampurkan dengan santan serta aneka rempah-rempahan yang lainnya sebagai bumbu seperti cabai merah, kencur, bawang putih dan cabai rawit. Sate ini memiliki rasa yang gurih pedas dengan sensasi rempah yang terasa ketika disantap.

Ketika anda menyantap sate susu, teksturnya yaitu seperti mengunyah daging yang terdapat pada soto babat. Daging sate ini warnanya yaitu putih kemerahan. Teksturnya lembut karena saat mengolahnya direbus terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu selama kurang lebih empat jam.

Lemang

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Selain itu, kuliner unik lainnya yang hanya ada ketika bulan Ramadhan yaitu Lemang. Lemang yaitu kuliner khas yang berasal dari Melayu, yakni Minangkabau. Lemang menjadi salah satu jajanan favorit masyarakat setempat dari ketan sebagai bahannya. Kemudian ketan dimasak dengan menggunakan bumbu yang khas. Jajanan ini biasanya banyak diburu oleh masyarakat menjelang waktu buka puasa untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Setiap daerah, dengan lemang sebagai makanan khasnya memiliki cara yang berbeda saat menikmatinya. Caranya bervariasi, ada yang dinikmati dengan cocolan manis ataupun dengan lauk asin yang tentunya menggugah selera.

Sotong Pangkong

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Sotong Pangkong adalah kuliner unik yang asalnya dari Pontianak. Sotong Pangkong ini terbuat dari bahan dasar sotong atau cumi, yang dibuat dengan dikeringkan terlebih dahulu menggunakan arang yang sudah dibakar. Sotong yang dikeringkan kemudian dipukul-pukul sampai bentuknya pipih. Sotong Pangkong ini dalah kuliner yang terkenal sebagai kuliner khas saat bulan Ramadhan. Sotong Pangkong ini biasanya dihidangkan dengan sambal asam pedas manis, sambal kacang ataupun cuka.

Pakat

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Pakat adalah kuliner khas yang hanya ada ketika bulan Ramadhan yang berasal dari Mandailing Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Pakat ini adalah makanan yang dibuat dari bagian pucuk muda sejenis rotan. Cara membuatnya yaitu dengan dibakar sampai matang. Namun, selain dibakar juga bisa disajikan dengan direbus, lalu kulit bagian luarnya dibuang. Isinya berwarna putih diambil, kemudian diiris sesuai selera.

Pakat memiliki tekstur yang lembut dan dinikmati dengan nasi sebagai lalapan ataupun dicampurkan dengan aneka sayuran, ditambahkan cabai, irisan bawang atau dinikmati dengan cara dicocol sambal.

Gulai Siput

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari siput. Gulai siput adalah kuliner yang bisa ditemukan saat bulan Ramadhan, yang berasal dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Gulai siput terbuat dari bahan dasar siput yang dibuat dengan santan dan aneka bumbu lainnya, dimasak sampai kental seperti gulai pada umumnya.

Gulai siput menjadi salah satu makanan favorit karena memiliki cita rasa yang lezat dan khas. Selain itu, juga dapat membantu mengembalikan stamina setelah kita berpuasa.

Mie Golosor

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Untuk anda pecinta mie, anda wajib mencoba mie golosor. Mie golosor adalah salah satu menu khas saat bulan Ramadhan. Kuliner ini biasanya banyak ditemukan di Bogor, Jawa Barat. Di Bogor, mie golosor itu sendiri sering disajikan menjadi menu buka puasa.  Mie ini memiliki tekstur yang licin dan kenyal, serta warnanya kuning terang. Mie ini memiliki tekstur yang berbeda dengan mie pada umumnya. Mie ini terbuat dari aci atau tepung kanji, kemudian ditambahkan kunyit sehingga warnanya kuning. Ketika disantap, mie ini biasanya disajikan dengan gorengan, sambal kacang ataupun kerupuk.

Bangka Kopyor

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Bangka kopyor adalah kuliner khas yang terbuat dari buah nangka. Bangka kopyor itu sendiri yaitu singkatan dari bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu ini biasanya ada ketika bulan Ramadhan yang  terbuat dari tepung terigu, pisang, kelapa kopyor, santan, nangka, serta bubur mutiara. Bahan-bahan ini lalu diolah dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang, lalu dikukus. Biasanya kuliner ini banyak dijajakan si sekitar pesisir pantai Gresik.

Asida

Kuliner Unik yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Asida adalah makanan tradisional yang berasal dari Maluku. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, kapulaga, gula merah, daun pandan, lalu dipadukan dengan sedikit kayu manis. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal, sama seperti dodol. Asida menjadi salah satu makanan khas saat bulan Ramadhan.

Artikel menarik lainnya : Fakta Unik Masyarakat Indonesia Selama Bulan Ramadhan

Pada bagian atasnya, kue yang satu ini dilumuri oleh mentega cair dengan rasanya yang gurih. Perpaduan rasa manis dan gurih ini menjadikan asida sebagai makanan yang memiliki rasa khas dan unik.

Nah, itu dia beberapa kuliner unik dan khas yang hanya ada saat bulan Ramadhan. Selain membelinya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ada banyak resep kuliner khas tersebut diinternet yang bisa anda tiru. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply