Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat – Kram pada bagian perut menjelang atau selama menstruasi adalah hal yang hampir dialami sebagian besar perempuan. Bila tidak segera ditangani dengan baik masalah ini bisa sangat mengganggu aktivitas anda. Mari ketahui cara mengatasi nyeri haid tanpa obat.

Nyeri haid atau kram perut dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah dismenore. Kondisi ini pada dasarnya adalah keluhan umum yang banyak dialami para wanita menjelang waktu haid atau selama periode menstruasi. Meskipun kondisi ini merupakan hal yang wajar akan tetapi bila rasa nyeri semakin hebat dan tidak mendapatkan penanganan segera. Maka mungkin hari-hari anda akan terasa sangat berat. Aktivitas pun menjadi terganggu dan anda pun akan cenderung menjadi kurang produktif.

Adapun pemicu dari rasa nyeri pada saat haid umumnya disebabkan karena adanya peluruhan pada bagian dinding rahim yang mana kondisi ini dapat memicu timbulnya kontraksi. Kontraksi inilah yang menekan bagian pembuluh darah yang mengelilingi bagian rahim sehingga memutuskan pasokan darah dan oksigen menuju bagian rahim. Akibatnya, kondisi ini membuat jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menimbulkan rasa sakit pada saat haid berlangsung. Gaya hidup dan gangguan organ reproduksi pun bisa menjadi salah satu tanda dari timbulnya rasa nyeri saat haid. Baca juga: Ibu Hamil Wajib Tahu 2 Cara Menghitung Umur Kehamilan

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Agar hari-hari anda terasa lebih ringan dan membantu mengatasi perasaan nyeri pada saat haid. Di bawah ini adalah cara mengatasi nyeri haid tanpa menggunakan obat yang bisa anda praktekan di rumah dengan mudah.

Kompres dengan Air Hangat

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Cara mengatasi nyeri haid pertama yang bisa anda lakukan di rumah adalah dengan menggunakan kompresan air hangat yang didekatkan pada bagian perut bawah. Cara ini menjadi salah satu langkah penanganan terhadap nyeri haid yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Selain membantu oto bagian rahim dan organ sekitarnya menjadi lebih rileks. Hal ini pun akan secara otomatis meredakan kram dan rasa tidak nyaman yang anda alami selama haid.

  • Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk mengompres bagian perut bawah adalah dengan mencelupkan kain bersih pada air hangat.
  • Lalu sentuhkan pada bagian perut bawah anda. Diamkan selama beberapa saat agar sensasi hangat dari kain meresap dan meredakan perasaan nyeri yang sedang anda alami.
  • Kemudian ulangi cara ini selama beberapa kali sampai anda merasa nyerinya semakin mereda.
  • Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan bantalan air hangat dan menaruhnya pada bagian perut bawah anda. Diamkan sampai anda merasa lebih baik.
  • Selain pada bagian perut bawah, anda juga bisa menghangatkan bagian punggung untuk membantu mengendurkan otot-otot yang ada di bagian punggung, kaki dan juga perut.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Cara mengatasi nyeri haid selanjutnya yang penting untuk diperhatikan dengan baik adalah asupan air putih yang akan baik untuk kesehatan sekaligus meredakan perasaan nyeri yang sedang anda rasakan. Meski konsumsi air putih tidak akan dapat menghilangkan rasa nyeri dengan cepat. Setidaknya, konsumsi air putih akan membuat perut anda terhindar dari kembung. Perlu diketahui, kondisi perut yang kembung biasanya akan memperparah rasa sakit selama haid.

  • Cara konsumsi air putih yang baik selama haid adalah dengan konsumsi air putih hangat.
  • Penuhi kebutuhan asupan cairan sebanyak 8 gelas atau lebih untuk memastikan tubuh anda terhidrasi dengan baik.
  • Pada saat rasa nyeri memuncak, anda akan butuh merelaksasi diri anda dengan konsumsi air putih hangat.
  • Selain dikonsumsi secara plain air putih hangat bisa pula anda berikan campuran madu atau air lemon untuk memberikan varian rasa yang lebih nikmat.

Oleskan Minyak Esensial

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information melakukan riset dengan membandingkan pereda nyeri haid setelah mendapatkan pijatan pada bagian perut pada kelompok siswi perempuan. Dimana satu kelompok mendapatkan pijatan dengan menggunakan minyak almond dan kelompok lainnya mendapatkan pijatan dengan menggunakan minyak esensial yang terdiri dari cengkeh, lavender, kayumanis dan mawar dalam basis minyak almond.

Dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa kelompok siswi yang mendapatkan pijatan dari minyak esensial menujukan perasaan yang lebih lega dari kram perut dan nyeri menstruasi. Nah, dari penelitian ini anda bisa menentukan sendiri bahwa melakukan pijatan dengan minyak esensial adalah cara mengatasi nyeri haid yang baik.

  • Caranya dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak esensial pada bagian perut bawah dengan perlahan.
  • Lakukan selama beberapa saat sampai anda merasa lebih nyaman dan lebih baik.
  • Hirup juga aroma dari minyak esensial yang akan membantu anda merasa lebih lega.

Artikel kecantikan: 5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

Perhatikan Asupan Makanan

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa gaya hidup dan pola makan pun menjadi penyumbang rasa nyeri yang dialami selama menstruasi. Dengan demikian, agar perasaan nyeri ini lebih mereda maka perhatikan betul apa yang anda konsumsi ke dalam tubuh.

Biasanya saat menjelang menstruasi atau selama menstruasi perempuan cenderung mendamba makanan manis, penuh lemak dan pedas. Perlu diketahui bahwa jenis makanan seperti ini malah akan semakin memicu masalah pada bagian perut yang mana bisa memperburuk kondisi nyeri haid.

  • Pilihlah makanan yang tinggi serat dan rendah lemak seperti halnya buah-buahan dan sayur-sayuran dimana jenis makanan ini akan baik untuk memperlancar kinerja sistem pencernaan.
  • Makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian utuh pun menjadi jenis makanan rekomendasi yang bisa anda konsumsi.
  • Disarankan untuk menghindari konsumsi makanan berlemak seperti gorengan atau bahkan makanan cepat saji.

Bergerak Secara Aktif

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Karena rasa sakit yang dialami selama menstruasi bisanya kita cenderung malas beraktivitas bahkan maunya hanya tiduran dan rebahan. Akan tetapi, hal semacam ini bukanlah solusi yang baik untuk menghilangkan rasa sakit selama menstruasi. Justru sebaliknya, perasaan nyeri akan semakin menjadi ketika anda hanya berdiam diri. Untuknya, anda akan butuh bergerak secara aktif untuk bisa meredakan sakit akibat haid.

Hal ini dikarenakan ketika tubuh anda bergerak secara aktif maka tubuh akan dapat memproduksi hormon endorfin yang dapat bekerja mengurangi rasa sakit sekaligus memperbaiki suasana hati anda menjadi lebih baik. Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid.

  • Lari pagi keliling komplek atau sekitaran rumah anda
  • Bersepeda untuk membuat tubuh anda menjadi lebih bugar dan segar.
  • Berjalan santai untuk membuat suasana hati menjadi lebih senang.
  • Olahraga aerobik juga bisa menjadi pilihan untuk anda yang seringkali dilanda sakit selama menstruasi.

Konsumsi Kunyit Asam

Ketahui 6 Cara Mengatasi Nyeri Haid Tanpa Obat

Bahan ini adalah ramuan tradisional dari bahan rimpang yang telah sejak lama dipercaya ampuh mengatasi perasaan nyeri dan tidak nyaman selama menstruasi. Kunyit asam adalah ramuan alami yang bisa anda buat sendiri di rumah untuk dikonsumsi secara rutin selama menstruasi.

  • Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit bersama dengan jahe dan asam jawa lalu berikan tambahan madu.
  • Seduh dalam gelas berisikan air hangat.
  • Lalu aduk dengan merata dan nikmati selagi masih hangat.

Artikel kesehatan lainnya: Lebih Sehat, Ketahui 6 Cara Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh

Leave a Reply