Ketahui 5 Wilayah Perairan Terluas Di Bumi

1/5 (1)

Tahukah kamu jika sekitar 70,8 persen permukaan bumi itu adalah air?

Sebagai planet ke tiga dalam sistem tata surya bumi memiliki kriteria-kriteria sebagai planet yang bisa ditinggali oleh makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan sebab menyediakan kebutuhan-kebutuhan utama manusia seperti udara, air dan makanan. Jika berbicara mengenai air maka sebagian bumi ini sendiri terdiri air atau lautan, sehingga tidak salah jika banyak sekali perairan-perairan luas yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Dari sekian banyak perairan yang tersebar di seluruh dunia, ada beberapa yang dianggap sebagai wilayah perairan atau laut yang memiliki wilayah sangat luas dibandingkan dengan lainnya. Wilayah perairan atau laut sendiri diartikan sebagai wilayah yang berupa kumpulan air asin yang memisahkan atau menghubungkan benua di bumi. Sebagai wilayah terluas di bumi maka tidak akan ada habisnya mengeksplorasi laut, dari mulai kedalaman hingga organisme yang hidup di dalamnya. Masih banyak misteri yang tersimpan di dalamnya.

Berikut adalah 5 perairan yang memiliki wilayah luas dibanding yang lainnya.

5. Laut Tiongkok Selatan (2.986.100 km persegi)

Laut ini merupakan badan laut terluas ke 5 di dunia. sepanjang laut ini diidentifikasi memiliki 200 karang dan pulau-pulau yang tersebar. Laut yang di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Kalimantan. Sedangkan di utaranya berbatasan dengan selat Taiwan. Filipina menyebut laut Tiongkok Selatan ini dengan sebutan Laut Luzon, sebab mereka merasa jika penamaan Laut Tiongkok Selatan maka terkesan pemiliknya adalah Tiongkok.

Leave a Reply