Kereta Api Terpanjang Di Dunia Ini Membuat Anda Penasaran Ingin Menaikinya Loh!

Sesuatu yang cukup unik dan juga di luar nalar manusia memang menjadi satu hal yang bisa saja kita temui sehari-hari. Tidak jarang sesuatu yang unik bisa menjadi pemandangan yang cukup eksotik bagi kita. Tentunya kita tidak akan menyangka bahwa sesuatu yang luar biasa dan juga unik tersebut dapat dihasilkan dari segala sesuatu yang kita temui dan bahkan menjadi barang yang sering kita gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari.

Seperti salah satu benda unik yang menjadi pemandangan yang cukup eksotik di Australia yakni sebuah rangkaian kereta api terpanjang di dunia. Kereta api ini terdiri dari 44 gerbong dengan panjangnya setara dengan lapangan sepak bola. Nama yang cukup bagus bagi sebuah kereta api dengan mendapatkan julukan The Ghan yang telah dinobatkan oleh The Guiness World Records. Ingin tahu seperti apa bentuknya? Yuk kita langsung simak saja berikut ini!

Sepertid ari beberapa informasi yang didapatkan dari sumber yang cukup terpercaya. The Ghan disebut sebagai sebuah kereta api yang sangat legendaris di Australia. Kereta api The Ghan telah beroperasi sejak dari tahun 1929. The Ghan memiliki panjang mencapai 3.600 kkai atau setara dengan 1,09 km dengan 44 gerbong dan juga 2 buah lokomotif. The Ghan ini tentunya melayani sebuah rute perjalanan dari Adelaide menuju ke Darwin yang membelah benus Australia dari ujung selatan menuju ke arah utara.

Dalam beroperasinya sehari-hari, The Ghan mencapai perjalanan sejauh 2.979 km yang telah ditempu dalam waktu 54 jam atau kurang lebih 3 hari 2 malam. Rentang waktu tersebut termasuk dalam satu kali perberhentian di Kota Alice Springs selama kurang lebih 4 jam. Kecepatan rata-rata yang dihitung dari kereta api The Ghan ini yakni sekitar 85 km/jam.

Dengan jumlah gerbong yang mencapai 44 buah tersebut, The Ghan dipercaya bsia menampung penumpang hingga sebanyak 5.800 orang dalam sekali jalan. Dalam melayani penumpang sebanyak itu, The Ghan telah membekali diri dengan 5 gerbong lounge, 6 gerbong restoran dan juga gerbong khusus yang dipakai untuk membawa barang bawaan dari traveler.

Dengan penobatan dari kereta api terpanjang di dunia, The Ghan juga memiliki kru terbanyak di sepanjang sejarah. Setidaknya sebanyak 55 kru yang bertugas dalam melayani para penumpang dalam sekali jalan. Dalam melayani penumpang, The Ghan selalu menyiapkan sebanyak 190 kg sayuran, 190 kg daging dan juga sekitar 3.000 butir telur yang digunakan untuk memberikan sarapan bagi para penumpang kereta api. Angka logistik yang sangat mengagumkan, bukan?

Kereta api The Ghan juga dapat disebut sebagai juara kereta api terpanjang yang telah mengunngguli saudaranya yaitu kereta api The Indian Pacific dengan panjang yang mencapai 2.540 kaki atau setara dengan 774 meter. Kereta api jarak jauh di India tersebut mencapai sekitar 1.970 kaki atau 600 meter serta RC Locomotive di Swedia dengan panjang 1.740 kaki atau 530 meter. The Ghan dapat disebut sebagai kereta api yang paling pas digunakan untuk para traveler yang ingin menikmati keindahan alam Australia. Dan menjadi cara yang cukup berbeda dalam menikmati perjalanan daam mengeilingi beberapa kota di Australia.

Berikut kami sajikan sebuah video referensi yang memperlihatkan kereta api terpanjang di dunia! Yuk kita langsung lihat saja!

 

Bagaimana sangat unik, bukan? Itulah pemaparan mengenai sebuah kereta api terpanjang di dunia yang tentunya dapat membuat Anda takjub. Semoga bermanfaat!

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook