Keren! Pianis Jazz Muda Indonesia Masuk Dalam Nominasi Grammy Awards

Dalam kancah musik jazz dunia, mungkin Indonesia terhitung sebagai negara yang cukup diperhitungkan dalam perkembangan musik tersebut.

Bagi anda yang memperhatikan perkembangan musik jazz mungkin anda sudah sangat mengenal jika cukup banyak musisi jazz yang memiliki kualitas baik dan patut untuk didengarkan secara internasional. Event jazz sekaliber java jazz juga menjadi salahsatu acara yang banyak dijadikan sebagai tujuan bagi banyak musisi baik lokal maupun sekaliber dunia. Banyak musisi yang merasa jika event Java Jazz ini memiliki penggemar yang begitu loyal, banyak namun juga tetap mengapresiasi musik jazz yang ditampilkan oleh para musisinya. Selain Java Jazz masih banyak event jazz yang digelar secara tersebar dan inovatif, sebut saja jazz gunung yang memiliki konsep unik dengan menggelar pertunjukan musik jazz di ketinggian gunung.

Berbicara mengenai jazz dan indonesia, maka ada seorang musisi Indonesia yang memainkan musik jazz mampu masuk ke dalam nominasi Grammy Awards. Hal tersebut tentunya sangatlah membanggakan dan menjadi prestasi tersendiri mengingat Grammy Awards merupakan sebuah ajang penghargaan bagi insan musik dunia yang begitu berkelas dan bisa dijadikan tolak ukur dalam karir musik seorang atau sekelompok musisi.

07

Joey Alexander, seorang pianis muda jazz asal Indonesia dikabarkan mampu menyabet 2 penghargaan atau nominasi Grammy Awards ke-58. Menurut catatan sejarah musik Indonesia sendiri, Joey Alexander ini merupakan musisi Indonesia pertama yang berhasil masuk dan meraih nominasi dalam ajang bergengsi dunia Grammy Awards. Joey Alexander sendiri harus bersaing dengan nama-nama besar musisi jazz dunia. Persaingan ini akan terus berlangsung sampai pada puncak acara yang akan digelar di tahun depan, yaitu 15 Februari 2016 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam ajang tersebut Joey masuk ke dalam 2 nominasi, yakni Best Jazz Instrumental Album serta Best Improvised Jazz Solo. Untuk kategori Best Jazz Instrumental Album Joey diwakili oleh album pertamanya, yakni sebuah album betajuk “My Favorite Things”, sedangkan untuk Best Improvised Jazz Solo, sebuah lagu bertajuk “Giant Steps” yang sama diambil dari album tersebutlah yang membawanya menjadi nominasi.

Perlu diketahui, jika Joey sendiri harus berhadapan dengan banyak musisi kawakan kelas dunia yang turut masuk dan menghiasi urutan calon penerima penghargaan. Sebut saja John Scofield, Robert Glasper & The Robert Glasper Trio, Terence Blanchard Featuring The E-Collective hingga Jimmy Greene yang masuk dalam jajaran nominasi kategori Best Jazz Albums. Sedangkan untuk Best Improvised Jazz Solo Joey harus bersaing ketat dengan nama besar seperti Joshua Redman, Chritian McBride serta Donny McCaslinjika ingin meraih trofi Grammy.

Nama Joey Alexander sendiri resmi muncul sebagai nominasi atau calon penerima penghargaan Grammy Awards setelah pihak penyelenggara mengumumkan daftar nominasi Grammy Awards ke-58. Dalam daftar tersebut terdapat nama musisi dunia yang menghiasainya. Dalam daftar tersebut ada Kendrick Lammar yang berhasil menjadi musisi yang masuk ke dalam nominasi yang cukup banyak, yakni 11 nominasi. Posisi Kendrick Lammar tersebut kemudian disusul oleh musisi cantik Taylor Swift yang berhasil masuk ke dalam 7 nominasi sama dengan The Weekend .

Demikianlah prestasi membanggakan dari musisi atau pianis Jazz asal Indonesia ini! Berikan komentar atau pendapat anda mengenai prestasi membanggakan musisi asal Indonesia ini dengan berhasil masuk ke dalam nominasi grammy. Bagikan juga kabar menggembirakan mengenai prestasi Joey Alexander ini kepada teman anda melalui media sosial dengan cara menekan tombol share yang berada pada halaman ini.

Leave a Reply