Keren! Kompor Inovasi Anak Bangsa Laris Manis Di Negeri Orang

Semakin berkurangnya energi yang tersimpan dalam bumi ini seharusnya membuat kita segera sadar dan mencoba berbagai alternatif lainnya.

Dengan melihat permasalahan tersebut yang kian serius saja setiap harinya, maka membuka mata orang untuk kemudian melakukan penelitian untuk kemudian mencipta sebuah inovasi yang bisa menjdai jawaban dari permasalahan, setidaknya untuk mengurangi dapak buruk yang akan terjadi di kemudian hari.

Dari sekian banyakinovasi yang muncul untuk menangani permasalahan energi ini, maka muncul sebuah inovasi yang tercetus dari seorang anak bangsa, yakni sebuah kompor api hemat energi dan ramah lingkungan dengan bahan bakar berupa kayu, ranting, tempurung kelapa, hingga pelet kayu. Kompor yang disebut sebagai kompor biomassa ini diciptakan oleh seorang dosen dari Fakultas MIPA di Universitas Brawijaya bernama Dr.rer.nat Muhammad Nurhuda. Selain lebih hemat energi dibandingkan dengan kompor masak biasa, kompor biomassa ini juga ternyata mampu membuat sajian masakan yang anda buat juga menjadi lebih wangi atau harum.

04

Setelah melewati berbagai bentuk pengujian sejak 2008 lalu, kompor biomassa buatan Nurhuda ini memang bisa dikatakan sebagai inovasi yang cukup kontekstual dengan kehidupan masyarakat pada umumnya. Dengan bahan bakar kayu serta ranting yang sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar kompor ini juga diketahui memiliki emisi gas buang tyang terhitung sangat kecil, bahkan jauh lebih kecil dibanding dengan ketetapan ambang batas yang ditetapkan WHO sebagai badan kesehatan dunia.

Meskipun deangan sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh kompor biomassa buatan Nurhuda ini ternyata peminatnya masih terbilang sangat kurang bahkan sepi, padahal inovasi sangatlah membantu apalagi bagi mereka yang tinggal atau bermukim di wilayah pedesaan yang masih memiliki banyak pohon serta ketersediann limbah kayu atau ranting yang banyak. Di dalam negeri masyarakatnya justru lebih memilih untuk menggunakan elpiji 3 kilogram seperti program anjuran yang digalakan oleh pemerintah.

Meskipun memang di dalam negeri ternyata kompor biomassa ini tiak terlalu dilirik, justru kepopuleran kompor yang satu ini begitu terdengar di negeri orang, sebut saja Norwegia yang masayarakatnya cukup banyak menggunakan kompor buatan Nurhuda. Dengan kepopulerannya di Norwegia, bahkan kompor biomassa ini diproduksi secara masal. Selain dengan Norwegia, beberapa negera lainnya seperti India, Timor Leste, Peru, Meksiko, hingga beberapa negara di Afrika menggunakan kompor hemat energi dan ramah lingkungan biomassa buatan Nurhuda.

Dengan melihat berbagai kuntungan yang didapatkan dengan penggunaan biomassa, serta kepopulerannya i negeri orang, sepertinya tidaklah salah untuk kemudian memperkenalkan dan mempopulerkan penggunaan kompor biomassa ini kepada masyarakat Indonesia secara lebih besar lagi, mengingat dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan elpiji, maka berpotensi membuat masyarakat secara umum merasakan ketergantungan dan akan sangat kesulitan ketika terjdai kelangkaan pasokan. Selain dengan itu, kompor biomassa ini juga bisa menjadi sebuah alternatif untuk menghemat pengeluaran biaya, apalagi mengingat harga elpiji yang juga semakin melambung.

Berikut video yang bisa anda lihat mengenai kompor biomassa prime yang laris manis di luar neheri dari video berikut ini!

Membanggakan sekali bukan peroduk buatan anak bangsa yang laris manis di negeri orang ini? Silahkan berbagi komentar dengan teman serta sahabat anda di media sosial dengan cara menekan tombol share yang berada di bagain bawah artikel. Lanjutkan dengan cara mengisi kolom komentar dengan pendapat anda mengenai artikel kompor biomasa hasil buatan ank bangsa yang laris di negeri orang ini.