Keren! Indonesia Akan Memiliki Observatorium Baru di Kupang

Indonesia memang tidak dikenal sebagai negara yang unggul di bidang penelitian dan sains. Keterbatasan fasilitas menjadi salahsatu faktor yang membuat penelitian dan penelitian di bidang pengtahuan belum menjadi budaya yang memasyarakat. Meskipun demikian, banyak juga anak muda Indonesia yang justru berprestasi di kancah dunia dan membanggakan Indonesia.

Lebih lanjut mengenai dunia penelitian dan ilmu pengetahuan, pernahkah anda mendengar Observatorium Boscha? Observatorium Boscha merupakan sebuah tempat penelitian terkait dengan ilmu astronomi dan bintang. Observatorium yang berlokasi di Bandung ini merupakan tempat penelitian bintang tertua yang dimiliki oleh Indonesia. Dibangun sejak zaman pendudukan Belanda, observatorium ini dibangun oleh Perhimpunan Bintang Hindia Belanda. Pembangunannya tidak lepas dari peran penting seorang pengusaha kaya bernama K.A.R Boscha yang kemudian diabadikan namanya.

observatorium kupang

Kini pembangunan yang tidak terkontrol di sekitar Boscha membuat banyak polusi cahaya. Haltersebut tidak urung membuat lokasi Boscha kini menjadi tidak cocok lagi digunakan sebagai tempat penelitian bintang. Oleh karena itu, pemerintah kembali berencana membangun sebuah observatorium baru dengan lokasi yang lebih ideal. Sekedar informasi, jika keberadaan observatorium sebaiknya berada di wilayah yang cuacanya kering. Lokasinya yang jauh dari perkotaan dan minim cahaya menjadi pertimbangan lainnya.

Dengan berpatokan pada beberapa syarat berdirinya sebuah observatorium yang ideal, pemerintah memutuskan untuk membangun observatorium di Kawasan Hutan Lindung Gunung Timau, Amfoang Tengah, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Lokasiny dirasasangat pas dengan keprluan yang dibutuhkan oleh sebuah observatorium. Titik lokasi pembangunan observatorium baru ini berada di titik 1300 MDPL. Secara umumj, pembangunan observatorium baru ini lebih ideal dibanding yang sebelumnya, mengingat keadaan lokasinya yang memenuhi syarat yakni, berada di wilayah kering, jauh dari perkotaan, jauh dari polusi cahaya. Lebih dari itu, lokasi yang baru ini juga lebih dekat dengan lintasan jalur garis khatulistiwa.

Menurut rencana, Observatorium Kupang ini akandipersenjatai dengan teleskop berdiameter 3,5 meter serta teleskop berdiameter 1,2 meter. Kedua teleskop tersebtut nantinya akan diletakan pada sebuah bangunan berbentuk kubah. Selain dengan dua teleskop tadi, rencananya akan ada juga 4 teleskop optik dengan diameter 50 cm dan 30 cm. Untuk teleskop dengan diameter tersebut akan diletakan dalam sebuah bangunan dengan atap geser.

Dengan semua kelengkapan penelitian yang akan dibangun tai, observatorium baru ini juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas lainnya. Asrama, kantor, perpustakaan dan banyak lainya akan menjadi fasilitas yang tersedia. Menurut laporan LAPAN, observatorium ini rencananya sudah selesai dan bisa digunakan di tahun 2019. Sampai akhir pembangunan, observatorium ini diperkirakan membutuhkan dana hingga mencapai 3 milyar rupiah.

Dengan berdirinya observatorium Kupang ini, pemerintah berharap bisa membangkitkan semangat anak muda di Timur untuk untuk belajar astronomi. Perkembangan ilmu pengetahuan di wilayah timur Indonesia juga bisa bertambah, sebab banyak anak yang berbakat bisa menyalurkan ketertarikannya terhadap ilmu pengetahuan, khususnya dalam ilmu astronomi.

Demikianlah rencana besar Indonesia tentang angkasa dan bintang, semoga bisaterwujud dalam waktu yang tidak lama lagi. Mari berikan dukungan dan rasa bangga terhadap pembangungan yang dilakukan oleh Indonesia. Dengan begitu masyarakat dan anak-anak generasi penesua bangsa bisa berkembang dan jauh lebih baik dari sekarang.

Mari sebarkan berita baik mengenai pembangunan observatorium ini melalui media sosial yang anda miliki. Cukup tekan tombol berbagi yang telah dipersiapkan pada bagian bawah dari artikel ini. Selain itu anda juga bisa memberikan komentar dengan mengisi kolom komentar. Dengan mengisi kolom komentar anda juga berinteraksi dengan pembaca lainnya.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook