hyperloop

Keren! Hyperloop Trasportasi Super Cepat dan Futuristik Akan Hadir Di Indonesia

Salahsatu yang menghambat pembangunan dan pemerataan kesejahteraan dari sebuah negara adalah transportasi yang belum terbentuk dengan baik. Perjalanan dengan waktu tempuh panjang memungkinkan orang untuk menghabiskna waktunya di jalan dan mengorbankan banyak kepentingan lainnya. Bisa dibayangkan jika perjalanan bisa dibuat lebih effsien, maka tentunya waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas lainnya.

Berbicara mengenai transportasi dan kecepatannya, maka tahukah anda jika ada sebuah rancangan trasportasi masa depan yang sedang didiskusikan untuk terwujud di Indonesia. Traspoortasi yang sedang dalam masa perencanaan tersebut bernama Hyperloop. Hyperloop nantinya akan menjadi sebuah terobosan penting dalam trasnportasi di Indonesia. Hyperloop Transportation Technologies atau yang dikenal dengan HTT ini merupaka sebuah moda trasportasi asal Amerika. Dengan kemampuannya, trasportasi satu ini dianggap sebagai yang paling cepat dan efisien.

Seberapa cepat hyperloop yang digadang-gadang sebagai transportasi ini? Menurut informasi kecepatan hyperloop ini mampu mencapi 1300 km/jam sehinnga mampu membuat perjalanan begitu cepat dan effiien. Sebagai ilustrasi, jika anda kini berkendara dari Jakarta ke Jogja membutuhkan waktu 10 jam menggunakan kereta, maka menggunakan hyperloop ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 25 menit saja. Tentunya sangatlah mengagumkan mengingat perbedaan waktu yang sebegitu signifikannya.

hyperloop

Bibop G. Gresta yang merupakan chairman dari Hyperloop sebelumnya telah datang ke Indonesia untuk melakukan sejumlah kerjasama kerja. Perusahaan moda trasportasi ini kemudian bermitra dengan perusahaan lokal dan kemudian membentuk join venture bernama PT Hyperloop Trasntek Indonesia. Penandatanganannota kesepakatan juga telah disaksikan oleh Budi Karya Sumadi selaku menteri perhubungan Indonesia.

Setelah kesepakatan yang telah dicapai, studi kelayakan tengah dilakukan untuk melihat sejauh mana program pembangunan ini bisa dilaksanakan. Proyek yang dilakukan pertama kali adalah Tangerang menuju ke bandara dan pusat Kota Jakarta. Jika pembangunan berhasil maka kemudian akan berlanjut menuju ke Sumatera dengan target hingga 200 kilometer.

Secara garis beasr teknologi yang satu ini tidaklah jauh berbeda dengan kereta konvensional. Meskipun demikian Hyperloop bekerja dengan menggunakan jalur yang memiliki bentuk seperti tabung dan dioperasikan dengan menggunakan daya magnet sebagai penariknya. Tidak hanya itu, uniknya Hyperloop tidak akan membutuhkan banyak lahan, karena bia didirikan di atas lahan yang sudha ada seperti jalan raya tol. Dengan kata lain trasportasi ini tidaklah lantas menambah keruwetan dan kemacetan yang kini sudha semakin kompleks permasalahannya.

Lantas mengapa Hyperloop memilih Indonesia sebagai kota yang tepat untuk menggunakan teknologi kereta cepat nan futuristik ini? Menurut Bibop selaku chairman, kepadatan Jakarta dan kota besar Indonesia yang kian parah bisa tertolong dengan kehadiran kendaraan futuristik satu ini. Bisa dibayangkan, jarak yang jauh dan kemacetan yang kian parah membaut orang berfikir untuk menemukan trasportasi yang begitu nyaman dan juga efektif. Tentunya kecepatan Hyperloop dan efisiennya yang tidak memakan tempat membuat moda satu ini bisa menjadi jawaban bagi kebutuhan trasportasi Indonesia. Semoga bisa terwujud dengan baik!

Wow! Keren sekali jika benar fasilitas keren satu ini akan digunakan di Indonesia. Perkembangan dunia transportasi tentunya akan semakin berkembang dengan baik. Perbedaan jalur yang cukup jauh nantinya akan bisa ditempuh dengan lebih efisien. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada pertumbuhan berbagai sektor baik sosial maupun ekonomi. Transportasi yang baik bisa turut menjadi faktor kelancaran pembangunan dari sebauh negara. Bagaimana menurut anda? Mari berikan dukungan atas teknologi super keren satu ini!

Jangan lupa untuk membagikan artikelnya kepada teman dan shabat anda. Anda bisa membagikan artikel ini dengan menekan tombol berbagi yang telah disediakan. Selamat berbagi!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *