indonesiaku 1

Keren! Game Anak Bangsa Mengenai Kampanye Lingkungan Hidup Berhasil Juara Dalam Ajang Microsoft Youth Spark 2016

Berkembangnya era digital banyak pula melahirkan generasi yang mulai melek terhadap teknologi.

Dampak dari perkembangan teknologi yang semakin cepat, maka membuat para anak muda Indonesia tidak tinggal diam. Banyak yang kemudian mencoba berkembang dalam dunia digital tersebut. Dari banyak pemuda yang berkiprah dalam bidang teknologi tidak sedikit juga yang bisa meraih prestasi yang tinggi dalam bidang tersebut.

Banyak anak mud Indonesia yang berhasil menorehkan namanya secara global. Ada berbagai bidang teknologi yang digeluti oleh anak para anak muda ini, dari mulai bidang robotik hingga software dan juga game. Dengan prestasi tersebut pula banyak yang kemudian bisa berkembang dan berkelanjutan hingga mampu mengembangkan bisang yang mereka kuasai tersbut untuk menjadi lapangan pekerjaan bagi mayarakat Indonesia pada umumya.

indonesiaku 1

Salahsatu bidang yang makin berkembang dari waktu ke waktu adalah bisang game. Banyak kini developer game lokal yang sukses dan mendunia. Semua itu tidak lain merupakan buah dari kerja keras yang tidak berhenti dan terus berkelanjutan. Selain itu pembinaan dari mulai sejak dini mungkin yang menjadi kunci keberhasilan yang bisa menentukan bagaimana teknologi dari Indonesia di masa yang akan datang.

Berbicara mengenai game, maka sekelompok pelajar dari SMAN 10 Yogyakarta belum lama ini mampu menyabet penghargaan dalam sebuah ajang bertajuk Microsoft Youth Spark 2016. Ajang yang diselenggarakan oleh Microsoft tersebut merupakan sebuah ajang yang memberikan kesempatan bagi para pelajar dan anak muda Indonesia untuk mempu berkembang dalam pembangunan kapasitas teknologi. Ajang ini menjadi ajang yang tepat untuk mereka mampu mengembangkan aplikasi permainan yang bisa berguna untuk kehidupan mereka, khususnya dalam bidang pendidikan.

Sewidak begitulah nama permain yang dibuat oleh Hanif Bayu Ismail bersama tiga rekannya yang lain, yaitu Dino Satria Siambodo, Muhammad Iksan, dan Lintang Pertiwi. Para pelajar SMAN 10 Yogyakarta ini mencoba memberikan edukasi mengenai pentingan merawat bumi melalui permainan yang mereka buat tersebut. permainan Sewidak yang mereka buat ini merupakan sebuah game petualangan yang bercerita mengenai petualangan manusia di bumi untuk mencari planet lainnya, sebab bumi yang mereka tinggali sudah tidak bisa lagi menjadi tempat tinggal yang nyaman dan baik.

Selain dengan alur game yang penuh dengan pesan tersebut, nama game yakni Sewidak sendiri memiliki filosofi yang cukup mendalam. Nama sewidak diambil dari kosakata Jawa yang berarti angka 60. Angka 60 tersebut menunjukan usia rata-rata manusia di era sekrang yang sudah mulai renta. Selain diambil dari kosakata secara utuh, Sewidak juga merupakan akronim dari “Sejatining Wis Tindak” atau yang berarti sebenarnya sudah pergi.

Isi dalam permainan ini sendiri berupa petualangan para manusia yang berusaha mencari planet barum, namun mendapat rintangan dari para robot jahat. Meskipun demikjan, para manusia ini juga nantinya akan dibantu oleh robot-robot baik. Sehingga pada akhirnya manusia tersebut mampu menempati planet yang menajdi tujuan akhir perjalanan. Secara alur game ini merupakan cara Hanif dan kawan-kawannya mengkampanyekan gerakan mencintai lingkuna dan berupaya melestarikannya, sehingga jangan sampai di masa depan kita mengalami era yang sama seperti dalam permainan tersebut.

Bagaimana? Kren sekali bukan ide game buatan anak-anak SMAN 10 Yogyakarta ini. Berkat ide gamenya tersebut mereka bisa menyabet penghargaan dalam ajang yang diselenggarakan Microsoft tersebut. Jangan lupa untuk membagikan artikel mengani prestasi anak bangsa ini melalui media sosial yang anda miliki. Jangan lupa juga untuk berbagi komentar melalui kolomyang sudah disediakan di bagian bawah artikel.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *