Airport Service Quality bandara indonesia

Keren! 2 Bandara Internasional Indonesia Kembali Raih Penghargaan Global

Pembangunan Indonesia sepertinya mulai bergeliat lagi. Berbagai proyek pembangunan mulai kembali dijalankan. Pembangunan jalan lintas trans Papua, pembangunan bandara di beberapa kota menjadi bukti nyata pembangunan di era sekarang ini.

Berbicara mengenai pembangunan Indonesia sekarang ini, tahukah anda jika ada dua bandara Indonesia yang berhasil meraih penghargaan dunia. Dua banda tersebut adalah Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Kedua bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura 1 tersebut mendapatkan penghargaan di bidang Airport Service Quality atau yang dikenal dengan ASQ.

Airport Service Quality bandara indonesia

Penghargaan yang diberikan kepada dua bandara Internasioanl Indonesia ini diberikan oleh Airport Council International (ACI) yang merupakan organisasi kebandarudaraan terkenal di dunia. Perusahaan yang berbasis di Montreal Kanada ini mencoba mengukur tingkat kepuasan para penumpang ketika berada di bandara. Program Airport Service Qualityini sendiri merupakan sebuah program benchmarking (tolok ukur) global satu-satunya yag ada di dunia yang dirancang untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang pesawat di bandara.

Dalam program tersebut Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menerima penghargaan “The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2016”. Pernghargaan tersebut menjadi yang pertama yang berhasil diraih oleh bandara tersebut. Sedangkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali mendapatkan penghargaan “The 3rd World Best Airport 2016”. Khusus untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kategori tersebut dikhususukan untuk bandara dengan 15-25 juta penumpang per tahun. Pencapaian gelar tersebut mampu menyamai gelar yang dicapai bandara tersebut di tahun yang lalu. Bandara I Gusti Ngurah Rai sendiri di tahun lalu mendapat predikat bandara dengan layanan terbaik ketiga di dunia.

Pengahargaan yang diterima oleh dua bandara tersebut sepertinya melengkapai penghargaan yang sudah terlebih dahulu didapatkan oleh Bandara Internasional Juanda Surabaya. Bandara Internasional Juanda Surabaya tersebut berhasil meraih predikat “The World Most Punctual Large Airport in 2016”. Perbedaan dengan penghargaan yang diterima oleh dua bandara sebelumnya adalah lembaga yang memberikan penghargaan. Untuk Bandara Internasional Juanda ini penghargaan diberikan oleh OAG, sebuah lembaga analis perjalanan udara yang berbasis di Inggris. Penghargaan “The World Most Punctual Large Airport in 2016” tersebut diterima oleh Bandara Internasional Juanda di Bulan Januari tahun 2017 yang lalu.

Angela Gittens selaku Director General ACI World pun memberikan komentar terkait dengan penghargaan yang telah diterima oleh du bandara internasional Indonesia tersbeut. Menurutnya bandara tersebut telah memberikan sebuah pelayanan dan juga pengalaman yang baik bagi para pelanggan dan penumpang pesawat. Tidak hanya itu, ia juga memberikan sarang berupa pengoptimalan kinerja untuk meningkatkan pendapatan non-aeronautika. Selain itu, menerapkan budaya pelayanan terus menerus merupakan salahsatu faktor yang sangat penting dalam persaingan di era sekarang.

Penghargaan yang telah berhasil di raih oleh dua bandara di Indonesia tersebut merupakan sebuah prestasi yang begtiu membanggakan. Survey ASQ sendiri telah dilakukan di lebih dari 250 bandara terkemuka di seluruh dunia. Ada 34 indikator kerja yang menjadi penilaian dari program ASQ ini, di antaranya adalah security screening, check-in, fasilitas belanja serta restoran hingga toilet dan masih banyak lagi. Tidak hanya mengukur kinerja bandara melalui 34 indikator tadi, namun di tiap tahunnya ada 600 pengguna jasa bandara yang diwawancara melalui 41 bahasa di 81 negara di seluruh dunia. Melihat hal tersebut, tentunya program ini dilakukan dengan begitu serius dan memiliki nilai kompetitif yang sangatlah tinggi. Oleh karena itu, patutlah kita berbangga hati dengan predikat yang telah berhasil di raih tersebut.

Demikianlah prestasi bandara-bandara internasional yang kita miliki. Prestasi yang mereka dapatkan tentunya bisa menjadi kebanggaan yang besar bagi kita sebagai anak bangsa. Mari dukung terus peningkatan pembangunan dan pelayanan trasportasi publik di Indonesia. Dengan begitu, sistem yang ada bisa terbangun dengan sehat dan baik juga.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *