Kenapa Burung Beo Bisa Meniru Suara Manusia? Simak Faktanya di Sini

Burung merupakan salah satu hewan yang cantik dan mempesona, sehingga banyak orang yang senang memelihara hewan yang satu ini.

Biasanya ketertarikan setiap orang memelihara hewan ini berbeda-beda, ada orang yang memeliharanya karena senang mendengar kicauan suaranya, tingkah burung itu sendiri, warna bulunya yang cantik serta ada juga yang tertarik karena kemampuan burung tersebut, seperti misalkan mampu menirukan suara manusia.

Nyatanya, banyak jenis burung yang mampu menirukan suara manusia. Namun salah satu burung yang mampu menirukan suara manusia dengan baik yaitu burung beo. Burung beo merupakan jenis burung yang memiliki paruh bengkok, namun hanya beberapa saja yang pintar dalam menirukan suara manusia.

FAKTA-BURUNG-BEO

Burung beo sangat indah, dengan seluruh tubuh berwarna hitam dan aksen kuning keemasan di wajahnya. Dari keunikan burung beo yang pandai menirukan suara,  banyak orang yang penasaran dan ingin tahu alasan di balik kemampuan burung yang satu ini. Dan faktanya burung beo memiliki lidah yang unik, dan inilah rahasia mereka bisa berbicara menirukan manusia. Lidah yang dimiliki burung beo bisa mengatur suara yang dikeluarkan oleh burung beo itu sendiri serta menirukan suara manusia, seperti misalkan huruf vokal yang sering diucapkan oleh manusia ketika berbicara.

Suara yang dikeluarkan manusia dihasilkan dari pangkal tenggorokan yang mana disebut dengam Larynx. Manusia bisa merubah-rubah suaranya dengan gerakan lidah yang ada di dalam mulut. Hal inilah yang membantu kita dalam mengucapakan huruf-huruf vokal da konsonan, meskipun pengucapannya tidak mudah.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukan bahwa burung beo sama dengan jenis burung lainnya yang bisa menghasilkan serta merubah suaranya menggunakan bantuan larynx dan syrix meskipun tanpa dibantu dengan lidah. Pada saat burung beo menirukan suara manusia, mereka menggerakan lidah yang ada di dalam mulutnya ke depan dan belakang.

Beberapa peneliti telah melakukan penelitian tentang hal ini, dimana salah satunya yaitu Gabriel Beckers dan teman-temannya. Mereka semua berasal dari Universitas Leiden, Belanda. Ketika itu mereka melakukan riset pada beberapa ekor burung beo, syrix burung beo diganti dengan sebuah speaker elektronik berukuran kecil.

Pergerakan lidah burung beo dapat menimbulkan perbedaan yang cukup besar pada kualitas suara yang dihasilkan burung beo, itulah yang ditemukan oleh para peneliti. Berdasarkan peneliti, perbedaan yang ditimbulkan tersebut lebih besar dibandingkan dengan kualitas vokal “a” atau “o” yang manusia ucapkan. Peneliti pun mengatakan bahwa burung beo memainkan lidahnya serta mampu mengucapkan atau menirukan ucapan manusia dengan didorong oleh kemampuannya atau bakatnya sendiri.

Karena keunikannya bisa menirukan suara manusia dan suara lainnya membat burung ini berharga ketika zaman peradaban Yunani kuno. Bahkan saking berharganya, burung yang satu ini ditempatkan di sebuah sangkar yan terbuat dari logam berharga. Bahkan masyarakat pada saat itu berlomba-lomba memelihara burung ini.

Keunikan lainnya yaitu, burung beo memiliki intelejensi yang tinggi, yang mana pernyataan ini sudah diakui dan diketahui oleh banyak orang. Umur burung beo juga terbilang cukup panjang, dimana umurnya tersebut bisa mencapai 40 atau bahkan 100 tahun. Namun dalam hal ini tergantung pada spesiesnya. Itulah fakta mengapa burung beo pandai menirukan suara manusia dan suara-suara lainnya. Untuk menyaksikan keahliannya secara langsung, anda bisa simak video di bawah ini.

Leave a Reply