Kelimutu: Wisata Danau Tiga Warna yang Mengagumkan

Pernahkah anda merasa bosan dan ingin mencari alternatif liburan selain pantai?

Beberapa orang mungkin mengidentikan liburan dengan pantai, namun jika kamu bosan dengan pengalaman liburan yang itu-itu saja sepertinya kamu harus coba memasukan tempat ini ke dalam daftar perjalananmu berikutnya. Kelimutu, sebuah danau yang berada di puncak ketinggian Taman Nasional Kelimutu ini menawarkan pengalaman berbeda kepada kamu yang ingin menghabiskan masa-masa liburanmu.

Taman Nasional Kelimutu Sendiri belokasi di Flores. Sebagai sebuah taman nasional sebenarnya Taman Nasional Kelimutu ini merupakan yang terkecil dari enam taman nasinal lainnya yang berlokasi di Bali dan Nusa Tenggara, namun meskipun demikian hal tersebut tidak mengurangi pesona wisata Kelimutu dari yang lainnya.Taman Nasional Kelimutu ini sendiri memiliki puncak tertinggi yang terdapat di gunung Kelibara dan dikelilingi oleh bukit-bukit dan gunung-gunung yang lainnya. Tempat ini memiliki keanekaragaman flora yang cukup baik salahsatu di antaranya adalah sebuah tanaman yang dipercayai sebagai makanan para dewa. Tanaman ini bernama Argoni, di mana ketika masih berbunga kecil akan berwarna putih namun berubah menjadi hitam ketika matang.

Yang paling utama dari semuanya mungkin adalah Danau Kelimutunya sendiri yang berada di puncak tertinggi. Danau ini menjadi berbeda dan daya tarik luar biasa karena memiliki 3 warna berbeda, sehingga danau ini disebut juga sebagai danau 3 warna. Pertama kali ditemukan pada tahun 1915 oleh seorang berkebangsaan india bernama Van Such Telen, danau ini kemudian menjadi semakin dikenal setelah Y Bouman melukiskan bagaimana indahnya perubahan warna dari air di Kelimutu ini. perubahan warna diidentifikasi karena kandungan mineral dan lumut yang dimiliki poleh danau ini. Wisata ke keKelimutu ini memang sangat menyenangkan terutama bagi kalian pecinta petualangan seperti treking atau hiking.

Tertarik berkunjung? Ayo ajak teman-temanmu. Share video ini.

Leave a Reply