Pesona Keindahan Pulau Bawean, Surga di Kota Gresik

Keindahan Pulau Bawean – Berbicara tentang tempat wisata tentu selalu membuat kita bersemangat. Mengapa tidak, mengetahui tempat-tempat wisata yang indah membuat kita kagum akan kekayaan alam yang negara kita miliki. Nah, salah satu destinasi wisata keren yang sayang jika dilewatkan yaitu Pulau Bawean.

Pulau Bawean merupakan salah satu pulau yang berlokasi di kabupaten Gresik. Sekitar 80 mil atau 120 km lokasinya di utara kabupaten Gresik. Pulau Bawean adalah destinasi wisata bahari yang masih terbilang baru sehingga tidak banyak orang yang tahu.

Pulau Bawean dijuluki sebagai Bali Van Java oleh masyarakat Bawean. Pasalnya keindahan pulau ini tidak kalah dari Pulau Bali. Selain itu, Pulau Bawean juga mendapat julukan sebagai Pulau Putri, sebab kaum laki-laki sebagian besar merantau ke luar pulau dan yang lebih dominan tinggal di Pulau Bawean kaum wanita. ( Baca juga : Selain Kepulauan Gili, Inilah Pesona Wisata Lombok Menakjubkan yang Sering Terlewat )

Mengenal Pulau Bawean

Keindahan Pulau Bawean

Pulau Bawean merupakan sebuah daratan yang berada di tengah laut Jawa. Dimana luas wilayah ini sekitar 196,3 km persegi, dengan kontur tanah yang sedikit berbukit.

Pulau Bawean secara administratif memiliki dua kecamatan, yaitu kecamatan Sangkapura dan kecamatan Tambak, dan termasuk ke dalam wilayah kabupaten Gresik. Suku bawean adalah suku asli yang menghuni pulau ini. Selain suku asli, ada juga penduduk perpaduan dengan suku lainnya seperti suku Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Madura.

Asal Usul Pulau Bawean

Keindahan Pulau Bawean

Terdapat cerita tentang asal usul nama Pulau Bawean. Bawean itu sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang artinya terdapat sinar matahari atau sinar terang. Pulau Bawean legendanya dimulai ketika zaman kerajaan Majapahit. Saat pada masa peperangan, dahulu kapal salah satu prajurit mengalami kecelakaan dimana kapalnya terhempas oleh badai dan prajurit tersebut terombang ambing di lautan. Namun, prajurit tersebut merasa takjub tatkala melihat pemandangan yang terdapat di seberang laut, kemudian berusaha untuk menghampiri tempat tersebut. Ketika sampai di tempat tersebut para prajurit disambut baik oleh masyarakat sekitar. Senopati tanpa disadari mengucapkan kata Ba We An sebagai rasa kagum terhadap keindahan alam di Pulau Bawean tersebut. Bahkan hingga saat ini Bawean dijadikan sebagai nama pulau di Jawa Timur ini.

Selain itu, ada juga cerita yang menyebutkan bahwa sebelum terkenal sebagai Pulau Bawean, Pulau ini dinamakan sebagai Pulau Putri, karena penduduknya sebagian besar kaum wanita.

Pesona Pulau Bawean

Semua yang berlibur tentu akan mencari tempat yang nyaman dan indah. Nah, anda bisa mendapatkan kenyamanan dengan berlibur ke Pulau Bawean. Selain itu, anda juga dapat menyaksikan keindahan alam, serta aneka tempat wisata lainnya di pulau ini. Pulau Bawean juga memiliki pesona wisata yang menarik. Di Pulau Bawean terdapat tempat-tempat menarik yang sayang jika dilewatkan ketika anda sedang berlibur ke Pulau Bawean. Apa saja tempat wisata menarik di Pulau Bawean? Adapun tempat menarik yang bisa anda kunjungi yaitu seperti berikut ini:

Pulau Noko Bawean

Pulau Noko

Pulau Noko merupakan sebuah pulau tanpa penghuni di Bawean dengan luas 1 km persegi. Akhir-akhir ini Pulau Noko menjadi tujuan para wisatawan. Keindahan pulau ini akan membuat siapa saja merasa takjub. Daratan di pulau ini seluruhnya berpasir putih, namun tetap ada beberapa pepohonan yang tumbuh di pulau ini.

Pantai yang terdapat di Pulau Noko masih terbilang dangkal sehingga pasir putih yang berada di bawahnya terlihat begitu jelas. Air lautnya yang berwarna biru jernih menambah keindahan pantai ini. Selain itu, arusnya pun tampak tenang. Namun, meskipun begitu anda harus tetap hati-hati saat bermain-main air di pinggir pantai.

Saat mengunjungi Pulau Noko, anda jangan hanya melihat keelokan pantainya saja, namun anda harus mencoba untuk menikmati pemandangan lautnya dengan mengelilingi Pulau Noko dengan menggunakan perahu kecil. Ketika anda berada di atas perahu anda akan melihat air laut memiliki dua warna yaitu warna biru dan hijau. Anda juga bisa menikmati keindahan surga bawah lautnya dengan melakukan snorkeling.

Di Pulau Noko belum ada penginapan. Sehingga jika anda ingin bermalam di pulau ini anda dapat mendirikan tenda. Warung makan pun masih belum tersedia di sini dan disarankan bagi anda yang ingin mengunjungi Pulau Noko harus membawa bekal makanan yang cukup.

Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar

Pulau Noko Selayar atau disebut juga Pulau Selayar Bawean penampakannya hampir sama dengan Pulau Noko. Dimana di seluruh pulau berupa hamparan pasir putih. Pulau kecil ini memiliki keindahan dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Para wisatawan akan disuguhkan keindahan bunga karang serta aneka jenis dan warna ikan laut.

Selain memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, Pulau Noko Selayar juga memiliki pasir pantai yang lembut dan putih. Tidak hanya itu saja, Pulau Noko Selayar diketahui memiliki laguna di sisi pantainya. Laguna itu sendiri merupakan kumpulan air laut yang dipisahkan oleh sesuatu, baik berupa batu karang, pasir atau lain sebagainya. Di pulau ini laguna tersebut dipisahkan oleh pasir. Seakan-akan terdapat danau yang berada di tepi pantai namun sebenarnya air tersebut adalah air laut.

Pantai Kuburan Panjang

Pantai Kuburan Panjang

Seperti namanya, di pantai yang  satu ini terdapat kuburan atau makam yang bentuknya panjang. Berbeda dengan makam pada umumnya, makam ini letaknya di tepi pantai dan ditutupi dengan atap. Di tempat ini pantainya memiliki bentuk seperti semenanjung dan di sisinya terdapat pepohonan yang tumbuh. Wisata pantai kuburan panjang ini memiliki pesona keindahan yang menarik dikunjungi.

Kuburan panjang yang terdapat di dekat pantai ini disebut sebagai makan Doro Sembodo. Letaknya di tepi laut Ds. Lebak, Kec. Sangkapura. Makan panjang ini adalah makam yang dikeramatkan oleh para penduduk sekitar. Pasalnya selain diketahui memiliki kekuatan magis juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Pantai Makan Kuburan Panjang ini terbilang cukup unik karena memiliki dua sisi pantai yang terpisah oleh daratan. Salah satu sisi pantai memiliki ombak yang tenang, sedangkan sisi pantai yang lainnya memiliki ombak yang kencang.

Fasilitas di Pantai Kuburan Panjang itu sendiri terbilang sudah lumayan lengkap. Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini yaitu area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat peristirahatan dan lain sebagainya.

Danau Kastoba

Danau Kastoba

Danau Kastoba letaknya di tengah Pulau Bawean atau tepatnya di desa Paromaan, Tambak. Untuk mencapai tempat yang satu ini para wisatawan harus melewati anak tangga hingga beratus-ratus, sebab danau ini letaknya di atas bukit. Danau Kastoba memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Selain sejuk, di danau ini terdapat pohon raksasa yang diketahui umurnya sudah ratusan tahun. Airnya yang jernih dengan pemandangan alam yang indah menjadi obat tersendiri untuk para pengunjung ketika merasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh.

Penangkaran Rusa Bawean

Penangkaran Rusa Bawean

Rusa Bawean dengan nama latin Axis kuhlii yang terdapat di penangkaran ini bukan rusa pindahan dari penangkaran lain. Rusa yang terdapat di penangkaran ini merupakan rusa dari habitat asli di Pulau Bawean. Awalnya terdapat dua induk dan sudah berkembang biak menjadi cukup banyak. Dibandingkan dengan di kebun binatang atau penangkaran lainnya, rusa di sini masih liar. Ketika melihat bayangan manusia saja, rusa-rusa tersebut akan langsung lari.

Penangkaran dengan luas 4 hektar ini lokasinya berada di kaki Gunung Gadung, berbatasan dengan hutan konservasi Bawean. Lokasi ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata pendidikan, ekowisata dan penelitian. Lokasi penangkaran rusa ini masih terbilang segar dengan suara beraneka burung yang berkicau. Di sekitaran penangkaran terdapat tebing-tebing yang cocok  buat anda para pecinta alam yang memiliki hobi panjat tebing.

Penangkaran Rusa yang disebut Kebun Salak sering dikunjungi oleh para wisatawan saat liburan sekolah, tahun baru atau lebaran.

Tanjung Gaang

Tanjung Gaang

Tanjung Gaang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun luar kota. Tempat ini begitu indah dan dapat memberikan sensasi yang berbeda ketika kita mengunjunginya. Tempat wisata ini memiliki keindahan yang menarik. Pesona keindahan di tempat ini terletak pada bukit marmer yang mencolok dengan air yang begitu jernih. Dimana karena kejernihan airnya tersebut memperlihatkan keindahan bawah laut yang begitu mempesona. Di tanjung ini anda bisa berfoto di setiap sudut yang menarik.

Untuk sampai di Tanjung Gaang, anda akan melalui Tanjung Kodok. Perjalanan yang sangat menyenangkan, karena anda bisa mengunjungi objek wisata menarik lainnya di Pulau Bawean saat berniat mengunjungi Tanjung Gaang.

Pantai Ria

Pantai Ria

Pantai Ria menjadi salah satu pesisir di Pulau Bawean. Pantai Ria memiliki perbedaan dari pantai lainnya yang terdapat di Pulau Bawean. Di pinggir pantai ini kita bisa menjumpai batuan karang hitam menjulang tinggi. Di sini tidak terdapat pasir putih, serta deburan ombak. Namun, air lautnya begitu jernih dan warnanya biru kehijauan.

Ketika anda berkunjung ke tempat wisata ini anda akan melihat kapal nelayan di pinggiran yang sedang berlabuh. Terdapatnya kapal memiliki kaitan dengan asal usul nama Pantai Ria. Pantai ini dulunya dijadikan tempat bersandarnya kapal nelayan setelah menangkap ikan. Karena hasil tangkapan ikan berlimpah ruah, maka mereka pun bergembira ria. Dulunya pantai ini pernah dijadikan sebagai pengolahan ikan, serta rumput laut.

Berbeda halnya dengan pantai-pantai lainnya yang terdapat di Bawean, di pantai ini terdapat bebatuan yang cukup besar. Dimana dari sini kita bisa melihat adanya perkampungan di Pulau Gili Barat, yakni pulau kecil di Bawean.

Pulau Gili

Pulau Bawean dikelilingi pulau kecil yang memiliki pantai yang indah dan mempesona. Dimana pulau yang mengelilinginya tersebut ada yang sudah berpenghuni dan ada yang tidak berpenghuni. Dari yang mengelilingi Pulau Bawean, Pulau Gili adalah pulau yang terluas. Oleh karena itu, Pulau Gili menjadi pulau yang memiliki penghuni lebih banyak setelah Pulau Bawean.

Pantai Pulau Gili lokasinya berdekatan dengan Pulau Noko. Pantai di Pulau Gili memiliki pasir yang lembut, putih dengan pemandangan yang indah. Pantainya masih perawan dengan air di sekitarnya terlihat bening kebiruan, dipadukan dengan suasana persawahan yang memang mendominasi di Pulau Gili. Di Pulau Gili para pengunjung bisa menikmati sunset maupun sunrise dalam tempat yang sama.

Menikmati ikan hasil tangkapan di Pulau Gili jangan dilewatkan begitu saja. Menikmati indahnya pemandangan laut saat sunset, dengan ditemani ikan bakar akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk anda.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai di Pulau Gili, maka anda harus menempuh terlebih dahulu perjalanan laut ke Pulau Bawean.  Setelah sampai di Pulau Bawean anda bisa langsung melanjutkan perjalanan anda ke Pulau Gili.

Air Terjun Laccar

Air Terjun Laccar

Jika setelah mengunjungi Pulau Bawean anda sudah merasa puas bermain di pantai, maka tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat lainnya yang tidak kalah menakjubkan. Di Pulau Bawean ada air terjun yang harus anda kunjungi yaitu air terjun Laccar. Air terjun Laccar memiliki ketinggian 25 m dengan background dinding tebing.

Bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun ini maka anda dapat menggunakan mobil maupun sepeda motor sampai dsn. Laccar, desa Kebun Teluk Dalam. Lalu anda bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1 km. Di perjalanan anda akan disuguhkan keindahan alam yang masih terbilang asri dengan udara yang menyegarkan. Di sini anda akan bertemu dengan monyet-monyet hutan. ( Lihat juga : Indahnya Air Terjun Lepoh, Oase Menakjubkan di Tengah Pedesaan )

Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara

Untuk anda pecinta pantai, anda harus berkunjung ke Pulau Bawean. Karena di pulau ini banyak pantai-pantai indah yang sayang jika dilewatkan. Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Mayangkara.  Berdasarkan peneliti dari Belanda, Pantai Mayangkara ini keindahannya setara dengan Pantai Pataya di Bangkok, Thailand. Selain dapat menikmati pasir putih, serta ombak anda juga bisa menikmati tanah yang lapang di area pantai. Dimana tanah ini biasanya selalu dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk bermain bola. Bahkan saat berkunjung ke pantai ini anda bisa melihat pertandingan bola pantai. Dimana ramainya acara ini dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Namun, jika sedang sepi anda bisa bermain-main di lapang ini bersama dengan rombongan.

Gugusan Pulau China, Lolobi, Karabila & Nusa

Pulau Bawean

Gugusan pulau-pulau ini memiliki pesona keindahan bawah air yang membuat siapa saja merasa kagum. Bagi anda yang ingin datang ke gugusan pulau ini maka disarankan anda membawa peralatan snorkling. Namun, jika anda tidak memilikinya di sini sudah disediakan tempat penyewaan hanya saja harganya cukup mahal.

Dari gugusan pulau ini, Pulau China adalah pulang yang paling besar. Dimana di pulau ini juga fasilitasnya sudah lengkap. Bagi anda yang ingin pemandangan laut yang jarang tersentuh, maka anda dapat memilih pulau kecil lainnya di Lolobi, Nusa dan Karabila. Hanya saja, pulau-pulau tersebut fasilitasnya tidak selengkap seperti di Pulau China. Oleh karena itu, saat mengunjungi pulau-pulau ini anda harus membawa persiapan, baik itu makanan atau lain sebagainya.

Nelayan menyediakan kapal di sini, anda bisa menyewa kapal dan meminta untuk mengantarkan anda. Para nelayan di pulau ini biasanya sudah paham tempat-tempat yang menarik di sini.

Indahnya bawah air laut di pulau ini terbentuk karena adanya terumbu karang, serta aneka jenis ikannya. Air yang jernih dan cukup dangkal akan membuat anda lebih mudah untuk menikmati indahnya pemandangan bawah air. Bahkan untuk mengabadikan keindahan bawah laut di pulau ini banyak wisatawan yang membawa kamera bawah laut.

Fasilitas Pulau Bawean

Fasilitas Pulau Bawean

Selain memiliki beragam pilihan objek wisata, Pulau Bawean juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung agar dapat membuat para pengunjung nyaman saat berkunjung ke Pulau Bawean. Fasilitas yang sudah terdapat di Pulau Bawean di antaranya yaitu penginapan. Selain itu, tersedia juga berbagai fasilitas lainnya.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda  yang ingin berkunjung ke Pulau Bawean dan menikmati keindahan alam di Pulau Bawean, anda hanya harus mengeluarkan ongkos transportasi untuk menuju kesini, termasuk pembelian tiket untuk melakukan penyebrangan. Setelah tiba di bibir pantai selebihnya anda tidak akan dipungut biaya masuk. Hanya saja, jika anda berkunjung ke objek wisata di Pulau Bawean, serta sekitarnya anda mungkin akan diminta untuk membeli tiket masuk.

Rute Menuju Pulau Bawean

Rute Menuju Pulau Bawean

Untuk bisa sampai ke Pulau Bawean, ada dua pilihan jalur yang dapat anda tempuh. Jalur pertama yaitu dengan memilih jalur laut dan kedua jalur udara. Jika anda memilih jalur laut maka anda bisa mengakses dari pelabuhan gresik dengan menggunakan kapal pengangkut yang memang sudah terbiasa digunakan. Sedangkan jika anda akan memilih jalur udara, maka aksesnya dari Surabaya, tujuannya penerbangan Pulau Bawean.

Penginapan di Pulau Bawean

Penginapan Pulau Bawean

Salah satu fasilitas di Pulau Bawean yaitu sudah tersedianya penginapan. Saat berkunjung ke sini anda dapat menemukan penginapan yang lokasinya strategis dekat dengan dermaga. Nah, berikut ini beberapa informasi penginapan di Pulau Bawean.

Hotel Miranda

Hotel Miranda termasuk penginapan yang lokasinya strategis karena dari Pelabuhan Sangkapura berjarak 1 km. Di sini fasilitasnya sudah cukup lengkap. Hotel Miranda menawarkan fasilitas lainnya seperti meeting room, free wifi, karaoke, laundry hingga jasa antar jemput pelabuhan ataupun bandara.

Alamat : Jl. Umar Mas’ud, Sawahmulya, Kab. Gresik, Jawa Timur

Hotel Intan

Hotel ini merupakan penginapan yang lokasinya di pintu keluar Pelabuhan Lama Sangkapura. Di sini tersedia beberapa unit kamar dengan fasilitas yang berbeda, tergantung tipe kamarnya dan harganya pun tentu berbeda-beda.

Hotel Intan menyediakan tempat bersantai. Dimana dari tempat ini kita bisa melihat pemandangan pelabuhan dan laut yang indah. Hotel Intan juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap untuk membuat pengunjungnya merasa nyaman.

Alamat : Jl. Dermaga No. 8B, Sungai TIk, Sangkapura, Kab. Gresik, Jawa Timur.

Hotel Senja

Di Hotel Senja terdapat 3 tipe kamar, yakni standar, deluxe dan VIP. Di sini pun menawarkan fasilitas yang bermacam-macam untuk menunjang kenyamanan pengunjungnya.

Alamat : Jl. Dermaga, Sungai TIk, Sangkapura, Kab.  Gresik, Jawa Timur

Hotel Fathin

Jika anda ingin mencari penginapan yang letaknya berdekatan dengan dermaga, maka anda bisa memilih Hotel Fatin. Untuk sampai ke hotel ini hanya berselang 200 meter dari gerbang Pelabuhan Sangkapura. Di sini disediakan berbagai tipe kamar yang akan membuat pengunjungnya merasa nyaman.

Hotel Pusaka

Untuk sampai ke Hotel Pusaka hanya sekitar 5 menit saja dari pelabuhan. Terdapat beberapa kamar yang bersih dan cukup nyaman untuk bermalam.

Alamat : Ds. Sungaiteluk, Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik

Demikian informasi mengenai Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Setelah mengetahui keindahan pulau ini dan banyaknya tempat wisata menarik di Pulau Bawean, maka tidak ada salahnya anda merencanakan berlibur ke Pulau ini. Saat datang ke sini anda akan mendapatkan pengalaman  yang menakjubkan. Anda akan menyaksikan betapa indahnya pemandangan alam di sini.

Jangan lupa untuk bagikan informasi tentang Pulau Bawean kepada teman-teman anda.

Leave a Reply