Kegunaan Besi Beton Untuk Bangunan

Kegunaan Besi Beton Untuk Bangunan

Kegunaan Besi Beton Untuk Bangunan – Besi beton merupakan salah satu material penyusun sebuah bangunan. Besi beton mempunyai peranan penting dalam menambah kekuatan struktur sebuah bangunan. Material yang satu ini juga sering disebut dengan tulang beton. Ada banyak distributor besi beton terpercaya yang bisa kita temukan. Harganya yang cukup ekonomis menjadikan besi beton banyak dipilih dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

Dalam dunia konstruksi, besi beton itu sendiri terdapat dua jenis, yaitu besi beton polos serta besi beton ulir. Untuk besi beton polos bentuknya panjang serta bundar dan sisinya licin. Sedangkan untuk beton ulir mempunyai pola guratan di permukaannya. Yuk simak beberapa kegunaan besi beton untuk bangunan yang penting diketahui seperti berikut ini.

Kegunaan Besi Beton Untuk Bangunan

Kegunaan Besi Beton Untuk Bangunan

Nah, berikut ini beberapa kegunaan besi beton yang dapat anda simak.

Bangunan

Besi beton digunakan sebagai komponen yang menjadi rangka utama untuk susunan struktur bangunan atau pondasi. Namun, meskipun begitu sering dipakai untuk komponen lain, sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya dak beton yang memerlukan besi beton untuk penguat. Untuk bangunan tinggi seperti rumah tingkat sampai gedung pencakar langit, kegunaan besi beton untuk penguat struktur pada dinding, kolom beton, sloof, plat dan lain sebagainya.

Untuk Pembangunan Jembatan

Kegunaan besi beton yang lainnya yaitu untuk pembangunan jembatan. Jembatan membutuhkan struktur kuat sehingga aplikasi beton tidak boleh dilewatkan.

Untuk pembangunan jembatan, jenis besi beton yang digunakan biasanya besi beton ulir. Jenis besi beton yang satu ini akan dapat menyediakan ikatan kuat antara tulang-tulang. Daya ikat ulir tersebut bermanfaat untuk menahan gerakan dari batang terhadap beton.

Pembangunan Terowongan

Kegunaan besi beton lainnya yaitu untuk pembangunan terowongan. Di atasnya terowongan biasanya mempunyai objek konstruksi yang lainnya. Oleh karena itu, struktur terowongan kekuatannya harus maksimal. Terowongan juga dapat menggunakan besi beton untuk mendukung kekuatan struktur beton.

Mengikat Lebih Sempurna

Besi beton juga bisa dipakai untuk mengikat besi tulangan. Untuk menjaga ketahanan bangunan, besi tulangan memiliki peran yang penting. Jenis besi beton ulir biasanya dipakai untuk pengikat supaya bangunan menjadi lebih kokoh.

Kelebihan Dari Besi Beton

Ada banyak kelebihan besi beton untuk bangunan seperti berikut ini.

  • Besi beton memiliki kekuatan tinggi. Jika dibandingkan dengan struktur lain, kekuatan tekan besi beton lebih tinggi.
  • Tahan panas. Besi beton memiliki daya tahan yang tinggi terhadap panas. Namun, besi beton juga tetap kuat ketika menghadapi air. Sehingga besi beton akan membuat pondasi tetap kokoh walaupun diterjang air ataupun dilahap api.
  • Masa pakai besi beton sangat lama. Pemadatan pada material semen, serta beton akan membuat struktur menjadi semakin kokoh.
  • Kelebihan besi beton yang lainnya yaitu mudah untuk dibentuk. Besi beton dapat dengan mudah dibentuk menjadi kerangka konstruksi seperti balok, kolom, kubah, plat dan aneka bentuk lainnya.

Itulah beberapa kegunaan dan manfaat besi beton untuk bangunan. Untuk anda yang membutuhkan besi beton untuk bangunan ataupun berbagai keperluan lainnya, anda bisa membelinya di MBT Steel. MB Steel itu sendiri merupakan distributor besi beton Surabaya yang menyediakan beton berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.