Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam, Tempat Wisata Keluarga dan Edukasi di Riau

Kebun Raya Batam, Tempat Wisata Keluarga dan Edukasi di Riau – Salah satu tempat wisata di Riau yang cukup terkenal yaitu Kebun Raya Batam. Tempat wisata ini lokasinya berada di Jalan Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Tempat ini merupakan destinasi wisata keluarga atau edukasi. Ada banyak jenis tumbuhan yang terdapat di sini.

Nah, untuk anda yang sedang mencari inspirasi wisata keluarga dan edukasi di Riau, maka Kebun Raya Batam dapat dijadikan pilihan. Mari simak ulasan seputar Kebun Raya Batam berikut ini.

Seputar Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam diresmikan pada 22 Desember 2018. Tempat wisata ini mempunyai banyak koleksi tumbuhan. Bahkan diketahui jumlah koleksi tumbuhan di sini sebanyak 2.472 tanaman. Dengan banyaknya jumlah tumbuhan di sini, maka akan menciptakan udara yang sejuk dan segar. Bahkan di sini udaranya terkenal bersih dan alami.

Kebun Raya Batam itu sendiri mempunyai nama lain yaitu Batam Botanic Garden. Tempat ini dikembangkan Bidang Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan dari LIPI. Tidak hanya Kebun Raya Batam saja, namun badan ini juga diketahui sudah mengembang beberapa kebun raya yang ada di Indonesia.

Di sini dihadirkan aneka macam tumbuhan seperti bunga warna-warni. Karena banyaknya tumbuhan di sini, maka pemandangan yang tersaji begitu indah dan dapat memikat siapapun yang datang. Udara yang sejuk dan nyaman akan membuat pengunjungnya betah berlibur di sini. Tempat ini dapat dijadikan inspirasi tempat rekreasi yang nyaman bersama keluarga.

Daya Tarik Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Kebun Raya ini lokasinya berada di Batam, kecamatan Nongsa. Selain masyarakat sekitar, pengunjung yang datang ke sini juga ada yang berasal dari luar daerah. Kebun Raya Batam ini menyuguhkan daya tarik yang membuat banyak orang ingin mengunjungi tempat ini. Nah, berikut ini beberapa daya tarik Kebun Raya Batam.

Terlihat Cantik dengan Aneka Tumbuhan Warna-Warni

Salah satu daya tarik yang disuguhkan oleh tempat wisata ini yaitu keindahan tempat yang dihiasi oleh tumbuhan berwarna-warni. Tempat tumbuhnya tumbuhan warna-warni ini bernama Taman Warna-Warni. Lokasinya ada di bagian atas dari bukit kebun raya. Untuk bisa sampai di tempat ini, pengunjung harus naik tangga.

Setelah pengunjung menaiki tangga, kemudian pengunjung akan sampai dipelataran. Pelataran tersebut dipenuhi dedaunan hijau dan tentunya tumbuhan berwarna-warni. Selain itu, di sini juga ada gazebo yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Terdapat Walking Track

Selanjutnya daya tarik yang dimiliki oleh Kebun Raya Batam yaitu adanya walking track. Keberadaan walking track ini membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke sini. Di sini walking track memiliki beragam jalur yang dapat dilalui dan mengarah ke bagian bawah bukit.

Walking track yang terdapat di sini dihiasi oleh warna yang cerah. Tampilannya cantik dan berwarna, serta menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan walking track ini tentunya akan disukai oleh anak-anak. Sehingga ketika berkunjung ke sini jangan lupa untuk membawa keluarga tercinta.

Wisata Kuliner

Daya tarik selanjutnya yang disuguhkan di tempat ini yaitu dilengkapi oleh wisata kuliner. Di sini disajikan beragam kuliner yang dapat pengunjung pilih. Menikmati makanan sambil ditemani oleh pemandangan indah tentu akan lebih menyenangkan.

Setelah lelah berekreasi di sini, wisatawan dapat mengisi perut di tempat makan. Disediakan aneka makanan dan jajanan yang tentunya sayang jika dilewatkan.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Kebun Raya Batam

Ada banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan di tempat wisata yang satu ini. Nah, berikut ini beberapa aktivitas menarik dan seru yang bisa dilakukan di Kebun Raya Batam.

Berfoto dengan Latar Belakang Bunga Warna-Warni

Ketika mengunjungi taman warna-warni, tentu sangat sayang jika anda tidak mengabadikannya. Anda bisa berswafoto di area ini dengan latar belakang taman warna-warni yang menarik. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membawa kamera.

Jogging

Kegiatan menarik lainnya yang bisa anda lakukan di sini yaitu jogging. Anda dapat jogging sore di atas walking track. Jogging di sini tentu akan terasa sangat menyenangkan. Keberadaan banyak tumbuhan akan menciptakan udara segar dan membuat aktivitas olahraga yang anda lakukan semakin nyaman.

Mencoba Kuliner

Setelah berkeliling di Kebun Raya Batam, anda tentu akan merasa lapar. Tidak perlu repot-repot membawa bekal makanan, karena di sini sudah tersedia kuliner. Di sini juga terkenal akan wisata kulinernya. Makanan yang disediakan di sini kelezatannya tentu tidak bisa diragukan lagi.

Rute Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam ini lokasinya 20 km dari pusat kota Batam. Untuk ke lokasi akses jalan sudah terbilang mudah, karena tempatnya tidak terlalu jauh dari kota. Untuk mengunjungi tempat ini, waktu tempuh yang diperlukan yaitu sekitar 31 menit dari pusat kota dengan menggunakan mobil.

Perjalanan dapat dimulai menuju ke Jalan Engku Putri Utara yang lokasinya ada di Batam. Kemudian setelah itu anda dapat menuju ke Jalan Raja Isa, keluar dari bundaran. Selanjutnya arahkan kendaraan anda ke kiri atau ke arah Jalan Orchard Boulevard. Lalu belok lagi ke kiri menuju Jalan Abuyaltama. Teruskan perjalanan ini ke Jalan Raja M Saleh dan menuju ke Jalan Hang Lekui sampai menemukan tempat wisata yang dimaksud. Jika anda takut salah jalan, tidak ada salahnya anda mengakses peta online.

Fasilitas Kebun Raya Batam

Kebun Raya Batam

Di Kebun Raya Batam juga fasilitasnya sudah cukup lengkap dan memadai yang akan menunjang liburan para wisatawan agar lebih nyaman. Nah, berikut ini beberapa fasilitas Kebun Raya Batam

  • Mushola
  • Toilet
  • Walking Track
  • Tempat Kuliner
  • Dan lain sebagainya

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Batam

Nah, untuk anda yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Batam, beberapa tips ini penting untuk diperhatikan.

  • Sebaiknya anda jangan datang ke tempat wisata ini ketika weekend. Pasalnya, saat weekend pengunjung sangat padat. Lebih baik anda datang ke sini ketika hari biasa saja.
  • Pilihlah waktu yang tepat untuk berwisata ke tempat ini. Pastikan anda berkunjung saat cuacanya sedang baik atau sedang cerah sehingga anda akan lebih bebas berlibur dan berkeliling dari tempat satu ke tempat yang lainnya.
  • Sebelum berlibur pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen di tempat rekreasi ini.
  • Selain itu, pastikan anda juga memathui peraturan yang berlaku di sini, serta ikut serta menjaga kebersihan di lingkungan ini.

Lihat juga : Tak Perlu Bingung Ini Tempat Liburan Asik Bila Anda ke Riau

Itulah informasi seputar Kebun Raya Batam yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.