Menikmati Keindahan Alam di Atas Awan, Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan Yogyakarta – Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota tujuan para wisatawan karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Selain wisata sejarah dan wisata pantai, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah asik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu tempat wisata Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan itu sendiri berlokasi di Kec. Dlingo, Kab, Bantul. Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu tempat wisata favorit, terlebih lagi untuk mereka yang ingin menikmati keindahan alam Yogyakarta. Oleh pemerintah Kebun Buah Mangunan dibangun tahun 2003 di atas tanah dengan luas sekitar 23 hektar. Di sini terdapat lebih 1.000 tanaman.

Nah, untuk anda yang ingin berlibur dengan suasana yang berbeda maka Taman Buah Mangunan dapat anda jadikan pilihan. Ada banyak kegiatan yang dapat anda lakukan di sini. Nah, berikut ini informasi seputar Kebun Buah Mangunan yang dapat anda simak.

Pesona dan Keindahan Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan ada di ketinggian sekitar 200 mdpl, sehingga mendapatkan julukan sebagai negeri di atas awan. Pemandangan kabutnya, membuat tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa. Ditambah dengan indahnya pemandangan gunung dan matahari yang dengan perlahan melihatkan sinar keemasannya menjadikan pemandangannya begitu menakjubkan.

Untuk sampai ke tempat ini, para wisatawan akan melewati jalan setapak, serta harus melewati anak tangga untuk sampai di puncak Kebun Buah Mangunan. Ketika melewati  jalan setapak ini para wisatawan akan melihat pemandangan di sekitar area tempat wisata. Karena pemandangan indahnya, para wisatawan yang berjalan kaki tidak akan merasa lelah.

Sejuknya udara berpadu dengan pemandangan gunung akan memberikan kesan eksotis di tempat ini, yang membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini. Kebun Buah Mangunan ini memiliki banyak pohon buah seperti buah mangga, buah jeruk, buah rambutan, buah manggis dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya pohon buah saja, di tempat ini juga terdapat pohon pinus dan pohon jati yang menambah keindahan kawasan ini.

Ketika anda melihat ke arah selatan, anda akan melihat keindahan Pantai Parangtritis yang begitu mempesona. Namun apabila ada kabut maka pemandangan Pantai Parangtritis  tersebut tidak akan dapat anda lihat. Tidak hanya pemandangan Pantai Parangtritis saja, anda juga dapat melihat pemandangan indah Sungai Oya. Pemandangan sungai ini membuat Kebun Buah Mangunan semakin mempesona. ( Baca juga : Pantai Greweng, Spot Eksotis Berbau Mistis )

Nah, untuk anda yang ingin melihat pemandangan indah kota Bantul, anda tidak perlu jauh-jauh. Anda dapat melihat keindahan kota Bantul dari gardu pandang di tempat wisata ini. Tidak ada waktu  yang tepat untuk berkunjung ke tempat ini. Anda dapat berkunjung jam berapapun karena waktunya selalu tepat. Selain tempat ini tidak panas, pepohonan yang ada di tempat ini akan menjadikan suasananya semakin berbeda.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Ketika berwisata ke Kebun Buah Mangunan, tentunya para wisatawan dapat melakukan banyak hal di sini. Nah, berikut ini ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Kebun Buah Mangunan.

Menikmati Pemandangan

Ketika datang ke tempat wisata yang satu ini anda tentunya akan dapat menikmati keindahan alam di sekitar. Keindahannya akan membuat anda tidak ingin beranjak dari tempat yang satu ini.

Melihat Matahari Terbit di Atas Awan

Tempat wisata Kebun Buah Mangunan buka setiap hari dari jam 04.30 pagi sampai jam 18.00 WIB. Nah, untuk anda yang ingin menyaksikan keindahan matahari terbit, anda dapat berkunjung sebelum jam 05.00 pagi.

Di sini para wisatawan dapat melihat matahari yang perlahan-lahan muncul. Gumpalan awan di bawahnya seolah-olah melepaskan matahari untuk menyinari dunia.

Belajar Aneka Tanaman Hias dan Buah

Selain menikmati keindahan pemandangan Kebun Buah Mangunan, anda juga dapat belajar mengenai aneka tanaman. Di sini wisatawan dapat mengamati pertumbuhan berbagai tanaman, baik tanaman hias ataupun tanaman buah. Ada ratusan tanaman yang pertumbuhannya terjaga, yang membuktikan bahwa konservasi di sini sangat teliti.

Apabila wisatawan berkunjung ketika panen, maka aneka buah-buahan dengan gratis dapat dicicipi. Hasil panen di sini dijual dengan harga yang tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasar. Dengan harga jual yang murah, pengelola berharap  dapat membantu perekonomian penduduk, terutama untuk para petani buah yang ada di sekitar Kebun Buah Mangunan.

Pembibitan Sapi

Mengunjungi kebun buah Mangunan, selain berlibur para wisatawan juga bisa belajar. Tentunya ini menjadi salah satu daya tarik tempat wisata yang satu ini. Para wisatawan selain belajar aneka tanaman hias, serta tanaman buah, juga dapat belajar mengenai cara untuk menambah populasi ternak sapi.

Memancing

Tentu sangat menyenangkan memancing di Kebun Buah Mangunan. Untuk anda yang hobi memancing, berkunjung ke tempat wisata ini menjadi ide yang cerdas. Pengelola tempat wisata ini sengaja menyediakan kolam untuk para wisatawan yang memiliki hobi memancing. Memancing juga bisa anda lakukan untuk mengisi waktu luang sambil menunggu sunset.

Untuk anda yang tidak membawa alat pancing jangan khawatir. Pasalnya di tempat ini sudah disediakan sewa alat pancing, bahkan lengkap dengan umpannya.

Berkemah

Apabila pengunjung ingin bermalam di tempat wisata yang satu ini, di sini sudah disediakan tempat untuk camping. Dengan melakukan camping atau berkemah di area Kebun Buah Mangunan, maka pengunjung tidak akan telat untuk melihat keindahan sunrise.

Bersepeda

Taman Buah Mangunan memiliki jalur lintasan dengan panjang 2.300 meter yang khusus disediakan untuk menuruni gunung menggunakan sepeda. Untuk Cross Country, jalur yang disediakan oleh pengelola yaitu sepanjang 3.800 meter.

Outbond

Bagi para wisatawan yang suka ketinggian dan ingin menguji nyali, outbond dapat dicoba. Kegiatan outbond di sini yaitu reflying dan flying fox.

Berjalan di Atas Jembatan Goyang

Kegiatan lainnya yang tidak kalah menarik yaitu berjalan di jembatan goyang. Di bawah jembatan ini terdapat Sungai Opak. Nah, bagi para wisatawan yang ingin mencoba jembatan ini diharapkan untuk berhati-hati. Sebab karena ketinggian jembatan ini menjadikannya lebih mudah bergoyang saat ada angin.

Berenang

Di sini terdapat kolam berenang khusus untuk anak-anak. Si kecil dapat bermain air di kolam ini.

Mengabadikan Momen Bersama

Rasanya tidak lengkap jika anda berlibur tanpa mengabadikan momen dengan berfoto. Anda dapat mengabadikan momen dengan keluarga atau teman-teman di sini. Selain itu, anda juga bisa memotret keindahan alam sekitar.

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Agar wisatawan yang datang ke Kebun Buah Mangunan nyaman, di sini disediakan banyak fasilitas yang dapat digunakan. Adapun fasilitas di Kebun Buah Mangunan seperti berikut ini.

Area Parkir

Di Kebun Raya Mangunan tentu sudah disediakan area parkir. Untuk anda yang membawa kendaraan sendiri, anda dapat memarkirkannya di tempat parkir yang sudah disediakan oleh pemerintah Daerah.

Gazebo

Di sini juga terdapat beberapa gazebo. Sambil beristirahat, para wisatawan dapat menikmati keindahan tempat wisata yang satu ini.

Musholla

Tidak perlu khawatir, anda dapat berlibur tanpa mengganggu waktu ibadah. Di sini sudah disediakan musholla lengkap dengan tempat wudhunya untuk pengunjung yang ingin menunaikan sholat.

Penginapan

Untuk pengunjung dari luar kota dapat menghabiskan waktu lebih lama di sini karena terdapat penginapan atau hotel yang dapat disewa untuk bermalam atau beristirahat.

Gedung Pertemuan

Jika ingin mengadakan acara pertemuan dengan suasana yang berbeda, maka dapat dilakukan di Kebun Buah Mangunan. Di sini ada dua gedung dengan kapasitas yang berbeda-beda. Satu gedung kapasitasnya untuk 100 orang dan satu gedung lainnya untuk 300 orang. Selain untuk pertemuan, juga bisa digunakan untuk acara pernikahan.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Rute menuju Kebun Buah Mangunan itu sendiri tidak sulit. Untuk sampai di lokasi ini bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Dari Kota Yogyakarta untuk sampai ke tempat wisata ini kurang lebih selama 1 jam. Dari pusat Kota Yogyakarta, anda bisa menuju ke perempatan ringroad terminal Giwangan. Kemudian dari terminal bisa terus menuju ke Selatan dengan melalui Jl. Imogiri Timur hingga menemukan pertigaan. Nah, dari pertigaan bisa mengarahkan kendaraan ke kiri arah Timur hingga bertemu dengan pertigaan yang ada papan petunjuk untuk bisa sampai ke lokasi yang dituju, yaitu Kebun Buah Mangunan. ( Lihat juga : Wisata Gua Pindul, Gua Unik yang Terdapat Sungai di Dalamnya )

Tips Sebelum Berlibur

Anda tentu ingin berlibur dengan menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman. Oleh karena itu, agar liburan anda aman, nyaman dan menyenangkan, ada beberapa tips yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

  • Sebelum berlibur anda tentunya harus menjaga agar kondisi fisik anda tetap sehat. Jika anda merasa kurang enak badan, sebaiknya anda menunda waktu liburan anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Sebelum berlibur, anda juga harus memperhatikan kondisi kendaraan anda. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima sehingga liburan anda akan aman dan nyaman.
  • Anda harus membawa barang-barang yang dibutuhkan selama berlibur, terlebih lagi jika anda dari luar kota dan ingin menghabiskan waktu lama di Yogyakarta. Agar tidak ada barang yang tertinggal, alangkah lebih baik anda membuat catatan mengenai apa saja barang yang akan anda bawa. Kemudian anda dapat menyiapkan barang-barang tersebut beberapa hari sebelum anda berangkat berlibur. Sebaiknya anda bawa barang secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan supaya tidak akan mengganggu aktifitas anda selama berlibur.
  • Berlibur ke Kebun Buah Mangunan sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman dan hangat. Anda harus menggunakan jaket atau baju hangat, karena udara di sekitar tempat wisata ini tergolong dingin. Ini dilakukan supaya anda tetap merasa nyaman.
  • Hal penting yang harus anda ingat ketika berlibur ke Kebun Raya Mangunan atau tempat wisata yang lainnya yaitu harus memperhatikan atau menjaga kebersihan tempat wisata caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Selain menjaga kebersihan, anda juga harus turut serta menjaga kelestarian alam dengan tidak memetik buah sembarangan.

Berlibur ke Taman Buah Mangunan dapat dijadikan pilihan jika anda ingin berlibur dengan nuansa yang berbeda. Anda akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan berlibur ke tempat wisata yang satu ini, karena selain menikmati keindahan tempat wisata ini anda juga dapat belajar beberapa hal di sini.

Nah, semoga informasi yang kami berikan seputar Taman Buah Mangunan Yogyakarta bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply