Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia

Masalah dan hal-hal yang tidak diinginkan dalam hidup bisa terjadi kapan saja. Semua orang akan tentu dirundung banyak kerugian ketika hal-hal yang bersifat risiko terjadi dalam kehidupan, baik itu masalah keuangan, aset sampai dengan kesehatan. Hari ini mungkin kita baik-baik saja dan sehat sejahtera, akan tetapi siapa yang menjamin bila esok hari kesehatan masih menjadi milik kita.

Berbagai risiko bisa terjadi, untuknya antisipasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Salah satu produk antisipasi yang saat ini banyak digunakan dalam menanggulangi kerugian matiril adalah asuransi. Secara singkat asuransi adalah sebuah istilah yang merujuk terhadap tindakan, sistem maupun bisnis yang bertanggung jawab terhadap kerugian yang dialami dalam kehidupan pengguna asuransi.

Asuransi Kesehatan

Kerugian tersebut dapat meliputi berbagai aspek mulai dari properti, jiwa sampai dengan kesehatan. Anda yang hendak mendaftarkan asuransi, alangkah lebih baik kenali terlebih dahulu jenis-jenis asuransi yang ada.

  1. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi pertama yang mungkin tidak asing ditelinga anda adalah asuransi kesehatan. Produk asuransi ini adalah produk yang menangani masalah kesehatan si polis asuransi (pengguna asuransi) dan terganggungnya. Mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan menjadi hal penting yang perlu anda pertimbangkan dengan baik. Hal ini dikarenakan seperti yang kita ketahui bahwa ongkos untuk kesehatan biasanya tidaklah murah.

Lewat produk asuransi kesehatan nantinya bila suatu hari anda terserang penyakit dan membutuhkan biaya perawatan maka pihak asuransi akan menanggung biaya ini. Kelebihan utamanya tentunya akan menghemat anggaran keuangan anda.

  1. Asuransi Kendaraan

Jenis produk asuransi selanjutnya yang cukup terkenal di tanah air adalah asuransi yang ditujukan untuk kendaraan. Asuransi ini biasanya berfokus pada penanganan asuransi mobil dan motor. Asuransi ini biasanya terfokus pada cedera orang lain atau kerusakan kendaraan orang lain tersebab oleh si pengguna asuransi. Selain itu, asuransi ini pun dapat digunakan untuk mengganti apabila terjadi kerusakan atau mungkin kehilangan kendaraan si pengguna asuransi.

Asuransi kendaraan menjadi proteksi yang cukup penting sebab kita ketahui mobil dan motor menjadi aset berharga yang perlu dilindungi dengan baik. Tanpa perlindungan asuransi maka bisa dibayangkan berapa biaya yang harus selalu anda siapkan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan kendaraan anda.

  1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang satu ini punya keuntungan pada si pengguna asuransi atas kematiannya. Sistem asuransi jiwa sendiri sebenarnya beragam. Ada perusahaan asuransi jiwa yang memungkinkan si pengguna asuransi untuk mendapatkan pembayaran setelah kematian dan diberikan pada si pewaris dan adapula sebagian yang bisa mendapatkan pembayaran sebelum kematiannya.

Produk asuransi ini pun terbilang cukup banyak dimana pengguna asuransi tidak hanya dapat menggunakan asuransi ini untuk kepentingan diri dan atas nama yang ia tanggung saja. Akan tetapi, bisa juga digunakan untuk kepentingan pihak ketiga.

Bahkan, asuransi ini bisa digunakan untuk kehidupan orang lain. Contohnya seperti ini, misalkan seorang istri mendaftarkan membeli asuransi jiwa mana nantinya manfaat asuransi tersebut akan dibayarkan setelah kematian suami. Jadi setelah kematian suami, sejumlah pembayaran akan diberikan kepada istrinya tersebut.

  1. Asuransi Pendidikan

Dari sekian banyak produk asuransi, mungkin inilah jenis asuransi yang paling menjadi produk terlaris. Alasan begitu besarnya minat terhadap asuransi pendidikan mungkin dilatar belakangi akan kesadaran bahwa biaya pendidikan bukanlah perkara yang murah. Dan lebih daripada itu, setiap orangtua tentu menginginkan anak mereka punya masa depan yang cerah sehingga bisa bersekolah di tempat yang sudah didambakan.

Maka dari itu, tidak heran bila produk asuransi yang satu ini seringkali menjadi pilihan. Tak hanya mereka pasangan yang suami istri yang sudah punya anak. Tidak sedikit kaum muda yang sudah berpenghasilan banyak mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk bisa menikmati asuransi yang satu ini.

Nah, itulah dia beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia. Pada dasarnya, produk asuransi tak hanya dapat dinikmati oleh pihak pertama saja. Akan tetapi, si tertanggung yang disepakati oleh pihak yang mendaftarkan asuransi pun bisa menikmati produk yang satu ini. Selain sebagai tindakan antisipasi di masa depan, asuransi pun sekaligus bisa menjadi aset jangka panjang.

 

Leave a Reply