Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap – Bau mulut yang tidak sedap akan tentu mengganggu dan mengikis rasa percaya diri pada penderitanya. Mari simak cara mengatasi bau mulut di bawah ini.

Kondisi bau mulut dapat dipicu oleh banyak hal, termasuk masalah kesehatan gigi dan mulut yang tidak diperhatikan dengan baik. Dalam dunia medis, bau mulut dikenal dengan sebutan halitosis dimana kondisi ini bisa dialami siapa saja.

Kondisi bau mulut akan tentu dapat mengganggu dan merusak rasa percaya diri seseorang. Betapa tidak, karena kondisi ini anda mungkin tidak percaya diri untuk berada berdekatan dengan orang lain sebab khawatir aroma napas anda akan membuat mereka tidak nyaman. Atau bahkan kondisi yang memalukan adalah ketika bau mulut anda disadari orang lain yang kemudian ini akan menjadi pukulan terbesar bagi rasa percaya diri anda. Baca juga: 7 Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Namun tak perlu khawatir karena masalah bau mulut akan dapat diatasi dengan baik dengan beberapa cara mengatasi bau mulut tidak sedap yang akan kami bagikan kali ini. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Rajin Menggosok Gigi

Cara mengatasi bau mulut pertama yang penting diperhatikan adalah memastikan anda rajin menggosok gigi. Tumpukan bakteri dan sisa makanan yang tertinggal di sela gigi akan dapat memicu permasalahan gigi yang juga menjadi awal permasalahan bau mulut bisa terjadi.

Selain itu, gosok gigi yang kurang baik akan dapat membuat sisa makanan dan bakteri mengikis bagian lapisan terluar pada gigi. Hal ini selain membuat bau mulut bisa menyerang, pun akan dapat membuat gigi menjadi berlubang.

  • Untuknya pastikan anda menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari.
  • Atau bila perlu gosoklah gigi setelah mengkonsumsi makanan untuk memastikan kotoran dan sisa makanan dibersihkan dengan merata.
  • Setelah menggosok gigi, bantu dengan menggunakan benang gigi untuk benar-benar membersihkan sisa makanan yang tidak dapat dibersihkan oleh sikat gigi biasa.

Bersihkan Bagian Lidah Anda

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya yang penting diperhatikan adalah dengan memastikan bagian lidah anda pun dalam keadaan bersih dengan merata. Kotoran dan sisa makanan tak hanya dapat terjebak pada bagian sela gigi. Akan tetapi, bagian serat lidah pun bisa menjadi sarang dimana sisa makanan dan bakteri terjebak diantaranya.

  • Untuknya, pastikan anda membersihkan lidah dengan bersih. Gunakan penggosok lidah dan lakukan secara rutin setiap kali selesai menggosok gigi.
  • Lakukan dengan perlahan, yakni dengan menempatkan pembersih lidah di bagian belakang lidah dan tarik sampai ke bagian ujung.
  • Lakukan selama beberapa kali untuk memastikan kotoran dibersihkan dengan merata.

Artikel menarik lainnya: Ampuh! Begini 6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel

Gunakan Obat Kumur

Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Rangkaian membersihkan gigi tak cukup hanya dengan melakukan beberapa cara di atas. Akan tetapi, pemberian obat kumur pun akan penting dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Ada banyak produk obat kumur dengan formula yang beragan. Pastikan anda menggunakan obat kumur dengan formula anti bau mulut untuk menyegarkan mulut dalam waktu yang singkat. Biasanya aroma minta menjadi salah satu rekomendasi untuk menjaga mulut tetap segar dan menghilangkan bau tidak sedap.

  • Cara penggunaan obat kumur cukup mudah dan sederhana, anda hanya perlu menuangkan secukupnya obat kumur ke dalam wadah.
  • Lalu tenggak dan tahan dibagian mulut sampai ke rongga tenggorokan.
  • Berkumurlah dengan kencang dan kuat untuk memastikan sisa makanan yang terjebak di dalamnya dibersihkan dengan merata.
  • Lalu setelah itu, buang dan berkumur kembali dengan air bersih.

Hindari Konsumsi Makanan Berbau Menyengat

Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Selain karena kurangnya perawatan terhadap gigi dan mulut, bau mulut pun dapat disebabkan karena konsumsi makanan dengan bau yang menyengat yang kemudian bau tersebut tertahan selama beberapa saat bahkan lebih parah.

Untuknya, bagi anda yang ingin menjaga napas dalam keadaan segar maka pastikan anda menghindari konsumsi terhadap makanan dengan aroma yang terlalu menyengat. Beberapa jenis makanan dengan aroma yang tajam dan menyengat diantaranya adalah:

  • Jengkol
  • Petai
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Alkohol

Hindari Kebiasaan Merokok

Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Merokok juga menjadi salah satu pemicu dari napas yang berbau tidak sedap. Maka dari itu, belajarlah untuk segera mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok agar napas anda menjadi lebih segar dan terbebas dari bau yang tidak sedap. Adapun beberapa alternatif untuk membuat anda mengurangi kebiasaan merokok diantaranya adalah:

  • Ngemil makanan sehat yang bermanfaat untuk kesehatan seperti kacang-kacangan, buah, sayur dan masih banyak lagi.
  • Ganti dengan permen yang rendah gula untuk membantu mengurangi perasaan asam akibat tidak merokok.
  • Tahan godaan, sebab seberapapun anda berusaha dengan keras bila mental anda lemah maka anda akan kembali pada kebiasaan anda suka merokok.

Atasi dengan Susu

Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Selain beberapa cara di atas, untuk cara mengatasi bau mulut anda pun dapat memanfaatkan bahan alami, seperti susu salah satunya. Ya, sebuah penelitian membuktikan bahwa susu punya kandungan yang bauk untuk menghilangkan bau mulut akibat mengkonsumsi makanan dengan aroma yang menyengat.

Tak hanya susu dalam bentuk utuh, bahan makanan dari olahan susu seperti yogurt pun ampuh anda gunakan. Hal ini dikarenakan kandungan probiotik yang adalah di dalamnya membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut secara alami.

  • Konsumsilah susu minimal 10 menit setelah anda mengkonsumsi makanan dengan bau yang menyengat.
  • Selain itu, konsumsi terhadap yogurt yang punya kandungan baik untuk pencernaan dan ampuh membunuh bakteri dalam mulut dapat anda jadikan sebagai menu cemilan rutin anda.
  • Takaran konsumsi susu bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Atasi dengan Daun Sirih

Jangan Panik! Ini 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Bahan alami lain untuk mengatasi bau mulut adalah dengan menggunakan daun sirih. Ya, daun sirih telah sejak lama diyakini sebagai obat tradisional yang punya segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk menghilangkan bau mulut yang kurang sedap.

Hal ini dikarenakan dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa daun sirih punya kandungan antiradang dan juga antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi secara alami. Hal ini juga berfungsi pula untuk mengatasi bau mulut dengan lebih baik.

  • Cara penggunaannya adalah dengan menyiapkan daun sirih beberapa lembar lalu bersihkan dengan merata.
  • Gulung daun sirih dan cincang menjadi ukuran yang kecil.
  • Masukkan ke dalam mulut dan kunyah selama beberapa saat biarkan bahan alaminya bekerja menghilangkan bakteri dan kuman penyebab bau mulut.
  • Atau dijadikan sebagai obat kumur yang perlu anda rebus bersama dengan segelas air.
  • Masukkan ramuan tersebut ke dalam gelas dan gunakan sebagai obat kumur secara alami. Untuk hasil yang maksimal lakukan setiap kali anda mengkonsumsi makanan dengan bau menyengat.

Terbaru dari Kami: 5 Cara Memutihkan Baju Putih dan Menghilangkan Noda

Leave a Reply