Jangan Buang Sikat Gigi Bekas! Ambil dan Panaskan, Beberapa Saat Kemudian Akan Terjadi Hal Menakjubkan

5/5 (1)

Peralatan mandi yang satu ini, jika sudah digunakan kerap akan memenuhi tempat sampah di rumah Anda. Dengan gampangnya Anda buang tanpa ada sesuatu yang dapat dimanfaatkan dari sikat gigi ini. Kebiasaan rutin menggunakan sikat gigi dan menggantinya setiap 3 bulan sekali atau sampai sikatnya rusak menjadi satu kegiatan yang rutin Anda lakukan.

Akan tetapi, sikat gigi bekas dapat dimanfaatkan menjadi alat yang sangat berguna dalam mendukung pekerjaan rumah kita. Berikut ini beberapa manfaat dari sikat gigi yang dapat Anda gunakan, diantaranya:

Membersihkan Rumah

1. Membersihkan sudut-sudut

Sudut-sudut yang sulit terjangkau seperti sudut jendela dan juga cermin dapat Anda lakukan dengan mudah loh menggunakan sikat gigi bekas ini. Kamu juga bisa menyikat sudut jendela yang sulit dibersihkan.

2. Celah kotor pada ubin

Ubin yang sudah lapuk dan lama tidak jarang mengalami penumpukan kotoran pada celah-celahnya. Anda dapat menyikat celah tersebut dengan menggunakan sabun cairan pembersih yang adar lebih mudah. Celah kecil pada ubin akan sangat sulit jika dibersihkan dengan menggunakan sapu biasa yang ukuran besar.

3. Membersihkan keyboard

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan saat menggunakan sikat gigi adalah untuk membersihkan  keyboard komputer yang kotor dan juga sela-selanya. Pasalnya, sela-sela keyboard ini sangat susah untuk dibersihkan karena ukuran lubangnya yang terlalu kecil.

4. Menyikat Sepatu

Bagian bawah sepatu memang sangat keras dan juga rentan terkena kotoran. Hal ini tentu menjadi tugas yang cukup melelahkan bagi Anda ketika membersihkannya. Anda mungkin pernah mendengar membersihkan sepatu dengan menggunakan pasta gigi agar bagian bawah sepatu menjadi lebih besar dan putih.

5. Membersihkan dasar gelas dengan memanasinya

Tentunya, kita sering menemui dasar gelas dengan kotoran yang menumpuk. Sangat sulit memang membersihkan dasar gelas yang terlalu lama menumpuk. Dengan menggunakan sikat gigi bekas, maka Anda dapat membersihkannya dengan mudah dan juga membunuh bakteri yang tumbuh dan berkembang biak.

Anda juga dapat memanaskan sikat gigi bagian belakang dengan menggunakan korek api. Diamkan beberapa menit sampai lunak, kemudian tekuk menjadi dua bagian. Bagian yang ditekuk tersebut dapat membersihkan bagian dasar gelas dengan sangat efektif sehingga Anda tidak pusing-pusing lagi membersihkan dasar gelas. 

Selain itu, Anda juga dapat membuat sikat gigi dengan bentuk L dengan cara yang sama. Akan tetapi, Anda harus memanaskan bagian leher sikat giginya saja. Dengan bentuk seperti itu, tentunya Anda bisa membersihkan bagian apapun yang sulit dijangkau dengan menggunakan sikat gigi bekas ini.

 

Aksesoris

Selain untuk membersihkan area rumah, sikat gigi juga dapat digunakan untuk membuat aksesoris seperti gelang dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bersihkan sikat gigi bekas, utamakan untuk memilih gagang yang lebih tebal. Alangkah baiknya, Anda memilih warna yang cerah dan terang agar lebih menarik.
  2. Lalu, cabut semua bulu sikat gigi tersebut dengan menggunakan penjepit. Dapat dibilang bahwa ini adalah proses yang agak ribet karena Anda harus mencabut bulu sikat tersebut satu persatu. Hati-hati dalam menggunakan penjepitnya!
  3. Rebus dengan menggunakan air panas selama 10 menit atau sampai gagangnya lunak. Ambil sikat gigi tersebut perlahan-lahan dengan menggunakan handuk. Anda bisa memegang gagang tersebut sehingga membentuk sebuah lingkaran gelang. Dalam proses ini, Anda bisa membentuk sesuai yang Anda inginkan seperti bisa diputar agar terlihat lebih berdimensi.

Anda tentunya bisa memakai gelang tersebut dan orang pastinya tidak akan menyangka bahwa itu  merupakan gelang dari sikat gigi bekas. Jangan lupa untuk membagikannya kepada sahabat dan juga kerabatmu siapa tahu mereka terinspirasi dengan percobaan ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply