Istana Panda, Wisata Edukasi di Taman Safari Bogor

Istana Panda, Wisata Edukasi di Taman Safari Bogor – Taman Safari merupakan tempat wisata populer yang ada di Bogor. Wisatawan dari berbagai daerah datang ke tempat ini untuk berlibur sambil melihat aneka binatang. Selain itu, di Taman Safari juga ada tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi yaitu Istana Panda. Di sini pengunjung dapat melihat panda yang menggemaskan. Nah, berikut ini informasi seputar Istana Panda.

Seputar Istana Panda

Istana Panda

Istana Panda merupakan tempat wisata baru di Taman Safari. Di Istana Panda, didatangkan langsung dari Cina dua panda lucu yaitu Cai Tao(jantan) dan Hu Chun( Betina). Dua panda lucu dan menggemaskan ini siap menghibur para pengunjung yang datang.

Istana Panda ini menempati area tidak kurang dari 5.000 meter persegi dan luasnya hingga mencapai 3 ha. Lokasi Istana Panda ini berada diketinggian 1.800 mdpl. Suasana lokasinya begitu sejuk dan asri. Panda-panda di sini di tempatkan di dua kandang indoor dan outdoor. Pengunjung dapat melihat aktivitas panda di sini.

Lokasi Istana Panda

Istana Panda

Untuk anda yang ingin menyaksikan panda lucu, lokasi Istana Panda itu sendiri masih berada satu komplek dengan Taman Safari Indonesia atau lebih tepatnya di Jln. Kapten Harun Kabir, Nomor 724. Desa Cibeureum, Cisarua, Bogor. Karena lokasinya masih satu lokasi dengan Taman Safari Indonesia, anda tentu tidak akan kesulitan mencarinya. Namun , jika anda kesulitan mencari lokasinya, anda bisa mengakses peta online.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan Di Istana Panda

Istana Panda

Ada beberapa kegiatan menarik yang dapat wisatawan lakukan saat berkunjung ke Istana Panda seperti berikut ini.

Menyaksikan Tingkah Lucu Hu Chun dan Cai Tao

Istana Panda itu sendiri di huni oleh panda raksasa yang lucu dan menggemaskan. Sepasang panda yaitu Hu Chun dan Cai Tao didatangkan langsung dari China. Keberadaan dua panda menggemaskan ini menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke Taman Safari.

Dua panda yang menggemaskan ini bahkan sering menampilkan aksi lucu yang menghibur para pengunjung. Selain dua pasang panda yang didatangkan langsung dari China, juga terdapat hewan asli China lainnya seperti takin, panda merah dan beberapa jenis burung.

Melihat Satwa Khas Cina yang Lainnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Istana Panda juga anda akan melihat beberapa satwa China lainnya. Satwa-satwa tersebut akan siap menghibur para pengunjung yang datang.

Memberi Makan Panda Merah

Selain menyaksikan Hu Chun dan Cai Tao, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan panda merah di Istana Panda. Pengunjung dapat merasakan pengalaman memberi makan panda merah yang sangat lucu. Tentunya ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk anda.

Panda Theater

Menikmati Panda Theater di Istana Panda akan menambah wawasan seputar panda bagi anda. Di dalam ruangan theater, wisatawan akan diperlihatkan dokumenter.

Panda Resto

Jika anda merasa lelah dan lapar setelah menjelajahi Istana Panda, anda dapat datang ke Panda Resto. Resto ini menjual cupcake dengan bentuk panda yang lucu dan tentunya rasanya sangat enak.

Menikmati Pemandangan Alam yang Menakjubkan

Pemandangan alam di sekitar Istana Panda juga sangat indah dan menakjubkan. Wisatawan akan disuguhkan oleh keindahan kaki gunung Gede Pangrango.

Area yang Dapat Dikunjungi

Ada beberapa area yang dapat dikunjungi oleh wisatawan seperti berikut ini.

  • Ruang Edukasi. Di sini menampilkan aneka ragam fakta menarik tentang panda raksasa ini.
  • Skywalk. Para pengunjung akan merasakan sensasi berjalan di ketinggian pada kaca tebal dengan latar pegunungan yang hijau.
  • Panda Food Court. Di sini wisatawan dapat menikmati aneka sajian yang dibuat khusus dengan tema panda.
  • Panda Souvenir Store. Pengunjung dapat membeli oleh-oleh atau cenderamata yang dibeli di toko ini.

Fasilitas Istana Panda

Istana Panda

Untuk sampai ke Istana Panda, wisatawan akan menempuh perjalanan dari pintu gerbang Taman Safari Indonesia. Dimana para wisatawan mendapatkan fasilitas selter khusus panda. Dari selter tersebut telah disediakan bus panda, kapasitasnya sebanyak 90 orang untuk mengantarkan wisatawan ke Istana Panda. Adapun jadwal operasional bus yaitu pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, sedangkan jadwal pulang yaitu pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

Perjalanan untuk sampai di Istana Panda yaitu sekitar lima menit dengan jalan yang menanjak dan berkelok. Di sepanjang jalan wisatawan akan melihat aneka jenis bambu lebat. Dimana bambu tersebut khusus ditanam untuk pakan panda.

Setelah sampai dilokasi, anda akan disambut tiga patung panda berukuran besar yang ada di depan bangunan merah. Saat pertama masuk ke dalam bangunan Istana Panda, di lantai pertama terdapat toko souvenir, mushola dan toilet. Di toko souvenir ini terdapat aneka macam souvenir lucu berbentuk panda. Adapun beberapa souvenir yang tersedia di antaranya yaitu jaket, kaos, topi, gantungan kunci, stiker, boneka dan lain sebagainya.

Kemudian di lantai 2 terdapat food court. Di sini para wisatawan dapat menikmati aneka menu lezat bertemakan panda.

Selanjutnya di lantai 3 terdapat Big Pandangan. Anda juga bisa merasakan sky walk, yakni kegiatan berjalan di atas kaca. Anda dapat mengabadikan momen dengan berfoto dengan latar belakang pegunungan. Ada juga penyewaan baju-baju ala China untuk perlengkapan berfoto. Terdapat juga ruangan theater yang akan menayangkan asal usul dari panda yang ada di sini. Setelah selesai melihat film dokumenternya, kemudian pintu outdoor akan dibuka dan wisatawan akan dapat melihat Si Hu Chan dan Cai Tao.

Peraturan di Istana Panda

Wisatawan tentu harus mematuhi peraturan yang berlaku di Istana Panda. Adapun beberapa peraturan yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

  • Dilarang merokok
  • Dilarang makan dan minum di area panda, terkecuali di restoran
  • Dilarang menyalakan flash kamera
  • Dilarang memanjat dinding kandang panda
  • Dilarang mengetuk kandang panda
  • Dilarang bersuara keras dan membunyikan ponsel
  • Dilarang memberi makan panda

Rute Taman Safari Bogor

Istana Panda

Berikut ini rute ke Taman Safari Bogor yang akan memudahkan perjalanan anda.

  • Menggunakan bus. Jika anda menggunakan bus, dari Jakarta anda bisa naik bus dari Kampung Rambutan jurusan Jakarta-Bandung. Lalu turun dipertigaan Taman Safari. Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek sampai ke Taman Safari.
  • Menggunakan kendaraan pribadi. Dari Jakarta melalui Tol Jagorawi, kemudian keluar di Gadod atau Ciawi menuju ke Cisarua. Setelah sampai di Jln. Raya Puncak, anda bisa belok ke arah kanan dan kemudian akan masuk Jalan Taman Safari.
  • Menggunakan Kereta api. Jika menggunakan kereta api, dari stasiun Bogor anda bisa menggunakan angkuran umum nomor 02 untuk melakukan perjalanan ke Sukasari. Lalu silakan naik angkutan umum lagi dan turun dipertigaan Taman Safari. Untuk melanjutkan perjalanan anda bisa menggunakan ojek motor.

Itulah informasi seputar Istana Panda Taman Safari yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.