Inilah Tips Sederhana dan Efektif Bersihkan Keramik Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu kebutuhan yang mana kebersihannya harus kita jaga dengan baik dan benar.

Jika tidak, maka kamar mandi bisa menjadi sarang kuman atau bakteri sehingga akan mempengaruhi kesehatan.

Karena kurangnya menjaga kebersihan kamar mandi biasanya akan timbul kerak pada keramik kamar mandi, baik itu dilantai atau dinding. Berbeda halnya dengan keramik yang terdapat di teras atau ruangan, keramik yang terdapat di kamar mandi justru setiap harinya selalu terkena guyuran air, yang mana air tersebut mengandung bekas sabun dan kotoran, sehingga dengan begitu lama kelamaan kotoran tersebut akan tertimbun dan berubah menjadi kerak. Bahkan kerak yang menempel tersebut akan susah dihilangkan.

CARA-BERSIHKAN-KERAMIK-KAMAR-MANDI

Membersihkan kamar mandi memang tidak semudah membersihkan ruangan lainnya yang berada di rumah. Diperlukan usaha dan kerja keras untuk membersihkannya, karena kotoran yang terdapat di kamar mandi biasanya berada di setiap sudut atau bagian kamar mandi itu sendiri. Buktinya, banyak orang yang mengeluh ketika mereka membersihkan kamar mandinya sendiri.

Perlu diketahui ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya kotoran atau kerak yang menempel di keramik, baik lantai atau dinding kamar mandi. Berikut ini beberapa penyebab yang dimaksud:

Kotoran di Dalam Air

Di dalam air kamar mandi biasanya terdapat zat kapur dan zat lainnya. Pada saat air tersebut mengalir, maka zat-zat yang terdapat di dalam air tersebut akan menempel pada keramik kamar mandi. Lama kelamaan kotoran tersebut akan semakin menumpuk dan membuat keramik menjadi kotor.

Lumut

Spora lumut di kamar mandi bisa saja terbawa oleh air ataupun debu yang menempel pada sandal atau alas kaki. Lumut bisa tumbuh pada lapisan kapur net keramik. Lama kelamaan lumut akan berakar dan berubah menjadi kerak berwarna hitam. Untuk berubah menjad kerak, lumut memerlukan waktu yang cukup lama. Demi terhindar dari lumut, membersihkan kamar mandi secara rutin sangat dianjurkan.

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada keramik kamar mandi sebenarnya kita bisa memanfaatkan zat atau cairan khusus yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Namun, sebelum membeli cairan tersebut maka alangkah lebih baiknya jika kita memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekeliling kita. Diketahui ada beberapa bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk membersihkan keramik kamar mandi. Bahan-bahan ini mudah ditemukan, bahkan bisa dibeli dengan harga cukup terjangkau. Bahan yang kami maksud yaitu cuka dan lemon.

Cara membersihkan keramik dengan kedua bahan alami tersebut sangat mudah dan sederhana. Selain itu, hasilnya pun memuaskan sehingga kamar mandi anda akan kembali bersih seperti semula. Penasaran seperti apa caranya? Untuk mengetahuinya simak langsung pembahasan di bawah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • Botol semprot
  • Cuka secukupnya
  • 1 buah lemon
  • Pisau
  • Talenan
  • Spons

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, ambil lemon yang sudah anda siapkan. Lalu belah lemon menjadi beberapa bagian.

2. Jika lemon sudah dibelah, peras untuk dimanfaatkan airnya. Buang biji yang tercampur dengan perasan air lemon.

3. Masukan 1/4 cup perasan air lemon tersebut ke dalam botol semprot yang sudah anda siapkan. Kemudian, masukan 1 cup cuka. Goyangkan botol spray atau kocok-kocok sampai kedua cairan tersebut tercampur rata.

4. Semprotkan cairan tersebut pada keramik kamar mandi yang akan anda bersihkan. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gosok-gosok dengan menggunakan spons sampai kotoran benar-benar hilang. Lakukan langkah yang sama untuk bagian keramik yang lainnya.

Itulah cara membersihkan keramik kamar mandi dengan sederhana dan mudah. Selamat mencoba.

Untuk mengetahui tutorialnya secara langsung, anda bisa simak pada video yang kami sajikan di bawah ini.

Share tips ini kepada teman-teman di facebook atau di twitter dengan mengklik tombol share. Berikan juga komentar anda pada kolom di bawah ini.