Inilah Rahasia Mengapa Ikan Unik Ini Bisa Terbang di Udara

Apakah anda pernah melihat ikan terbang di televisi? Ataukah anda pernah melihatnya secara langsung ketika berwisata ke laut? Lantas bagaimana caranya ikan ini bisa terbang?

Secara ilmiah ikan terbang atau flying fish masuk ke dalam keluarga Exocoetidae. Ikan ini tidak bisa ditemukan di sembarang perairan, dimana kita bisa menemukannya di laut yang memiliki temperatur hangat, terutama di sekitar wilayah khatulistiwa. Termasuk di perairan kawasan Indonesia.

Ikan terbang sebenarnya tidak benar-benar terbang seperti halnya burung atau kelelawar. Namun lebih tepatnya yaitu mereka hanya melayang-layang di udara dalam waktu yang cukup lama. Sehingga ketika kita melihatnya kita merasa bahwa ikan tersebut memang benar-benar terbang layaknya burung.

Fakta-ikan-terbang

Jenis ikan yang satu ini melompat keluar dari dalam air untuk menghindari ikan lainnya yang akan memangsa dirinya. Cara mereka keluar dari air yaitu berenang dengan kecepatan yang sangat tinggi mencapai 60 km per jamnya di dekat permukaan air, kemudian setelah mereka mendapatkan momen yang tepat lalu mereka akan keluar dari air.

Ketika keluar dari air mereka akan menggunakan ekornya untuk mendorong sehingga akan membuat ikan yang satu ini terbang melayang ke udara. Setelah itu, siripnya yang unik akan terbentang. Ikan terbang ini memiliki ukuran sirip depan dan belakang sangat lebar serta berselaput, hampir mirip dengan sayap.

Meskipun mirip dengan sayap burung, tetapi sirip ikan terbang ini ketika direntangkan tidak bisa mengepak. Dimana sirip ini hanya digunakan oleh ika terbang untuk menangkap angin saja, agar mereka dapat terbang di udara dalam waktu yang cukup lama. Dimana prinsipnya hampir sama dengan layang-layang.

Ikan terbang ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 70 kilometer perjamnya. Setelah mereka melayang cukup lama di udara, kemudian mereka akan kembali lagi mendekati air. Dimana ketika itu mereka akan kembali mengepakan ekor mereka agar mendapatkan momen tambahan agar mereka bisa kembali melayang di udara. Satu atau dua ikan terbang terkadang muncul ke permukaan, tetapi mereka juga sering terbang bersama-sama dengan kelompoknya keluar dari permukaan, kemudian membentuk sebuah formasi yang sangat mengagumkan. Bentuk tubuhnya yang langsing dan aerodinimasi memungkinkan ikan yang satu ini bisa bernapas beberapa detik di udara.

Diketahui rekor terlama ketika ikan ini berada di udara yaitu selama 45 detik. Jarak terjauh yang pernah dicatat ketika ikan ini terbang yaitu 400 meter. Dan ini merupakan hal yang sangat menakjubkan sekali.

Ikan terbang biasanya sering ditemukan nyasar di dek-dek kapal nelayan atau kapal penumpang yang mana pada saat itu kebetulan sedang melintas. Namun sayangnya, di Indonesia sendiri telur ikan yang satu ini diambil besar-besaran oleh para nelayan untuk dijual karena harganya cukup mahal, serta permintaan pun terus meningkat dalam setiap waktunya.

Menurut kabar, telur ikan terbang ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga ikannya sendiri. Di Indonesia, para nelayan bisa memanen telur ikan terbang ini secara besar-besaran tepatnya di perairan Laut Flores dan Selat  Malaka.
Nah, untuk menyaksikan seperti apa ikan terbang ini terbang, anda bisa langsung simak video yang kami sajikan di bawah ini.

Sangat unik dan menakjubkan bukan? Yuk bagikan kepada teman, kerabat, dan sahabat anda di facebook atau di twitter dengan cara menekan tombol share. Tambahkan juga komentar pada kolom yang kami sajikan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook