Inilah Fakta Unik Kuda Laut Mengenai Proses Kembang Biaknya

Dunia hewan dan binatang itu selalu menyimpan misteri dan keunikannya tersendiri, setiap jenis memiliki keunikan yang terkadang justru kita sendiri tidak tahu.

Dari sekian banyak jenis binatang yang unik dan mengagumkan kita mengenal adanya bintang bernama kuda laut. Meskipun bernama kuda sebenarnya ia masih termasuk dalam jenis ikan sehingga ia termasuk bintang yang juga bernafas dengan menggunakan insang. Kuda laut sendiri hidup dalam perairan tropis menengah yang tersebar di seluruh dunia.

Jika dilihat bintang laut satu ini memang sangat unik, dilihat sekilas saja dari bentuk tubuhnya kesan unik akan langsung tertangkap. Meskipun termasuk dalam jenis ikan, nmun bentuk tubuhnya terlihat sepeti kuda yang menyebabkan penamaan binatang tersebut. Kuda laut juga diketahui memiliki kulit bagian tubuh luar yang cukup keras, bahkan akan cukup sulit jika hanya dipecahkan menggunakan tangan saja. Biasanya kuda laut hidup dan tyinggal di antara habtita terumbu karang yang berada di perairan, ia biasanya menambatkan ekornya di antara terumbu karang tersebut.

11-kuda-laut

Keunikan lain yang dapat anda temukan dari hewan laut satu ini adalah warnanya. Kuda laut diketahui memiliki banyak sekali variasi warna, ada yang kuning, merah, hijau hingga yang bening. Untuk kuda laut berwarna bening mereka cukup sulit ditemukan, selain karena jarang, mereka juga sulit terlihat di dalam air.

Dari sekian banyak keunikan hewan laut ini yang paling unik adalah fakta jika hewan laut merupakan satu-satunya binatang yang jantannya mengandung. Ya, jika pada umumnya yang mnegandung adalah betina, berbeda dengan kuda laut, sebab yang mengandung diketahui adalah sang jantan. Dengan periode kehamilan selama 6-10 minggu tergantung kondisinya masing-masing. Sebebnarnya sama seperti kebanyak jenis hewan, kuda laut betina yang mengeluarkan telur dan jantang akan membuahinya, namun skemanya berbeda pada kuda laut dan pada apa yang dilakuakn oleh hewan lainnya, sebab proses pembuahan dilakukan oleh kuda laut ini tepat setelah kuda laut yang betina memasukan telurnya ke dalam bagian kantung depan kuda laut jantan.

Kantung yang dimiliki kuda laut jantan tersebut diketahui memiliki sejenis spon dan pembuluh darah yang akan menjadi sumber makanan bagi para calon akan kuda laut. Pada saatnya ia melahirkan, maka dengan alami ia akan memompa menggunakan buntutnya hingga kuda laut kecil pada bagian perutnya keluar dari dalam perutnya. Mekanisme penyesuaian juga ditunjukan oleh kuda laut ini, selain berfungsi sebagai tempat menyimpan telur, bagian kantung depan pada kuda laut jantan juga diketahui berfungsi untuk mengatur kadar garam yang berada di lingkungan sekitar ketika ia melahirkan anak-anaknya, sehingga begitu menetas dan keluar dari dalam kantung perutnya, sanga anak kuda laut langsung bisa menyesuaikan keadaan dirinya.

Kuda laut memang salahsatu hewan unik yang juga cantik dari bawah laut, namun ternyata keberadaanya sendiri sudah cukup sulit ditemui dan sedang menghadapai ancaman kepunahan. Banyak faktor yang menyebabkan mereka punah, seperti rusaknya terumbu karang yang merupakan habitat mereka, perburuan oleh manusia yang menjadikannya sebagai hiasan atau juga di beberapa daerah dijadikan sebagai bahan obat.

Jangan lupa berbagi artikel mengenai fakta-fakta dan keunikan yang dimiliki oleh hewan lait bernama kuda laut ini. Anda bisa membagikannya dengan cara menekan tombol share pada bagian bawah artikel. Anda juga bisa memberikan komentar mengenai fakta unik seputar kuda laut tersebut dengan cara menambahkannya dalam kolom komentar yang telah disediakan.