Inilah Fakta Mendengkur yang Sebaiknya Harus Anda Ketahui

Mendengkur merupakan suara yang timbul ketika seseorang tidur, dimana suara ini timbul karena adanya getaran jaringan di saluran udara bagian atas.

Mendengkur pada umumnya bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak atau pun orang dewasa, namun dengan persentasi yang berbeda.

Mungkin kita semua selalu menganggap bahwa mendengkur itu merupakan hal yang biasa. Namun, untuk sekarang ini anda harus menghilangkan anggapan tersebut. Bagi anda yang memang memiliki kebiasaan mendengkur, sebaiknya anda jangan meremahkan hal ini. Mendengkur sebenarnya adalah gangguan tidur, yang mana terjadi karena saluran pernafasan menyempit. Bahkan hal yang paling mengejutkan yaitu gangguan ini dapat memicu kematian. Berdasarkan sebuah penelitian, penyempitan saluran pernafasan ini akan mengakibatkan adanya suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

FAKTA-MENDENGKUR1

Dalam satu malam saja, seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur diketahui mengalami perhentian nafas selama 300 kali. Dalam hal ini anda bisa membayangkan sendiri, dimana ketika mendengkur maka akan membuat seluruh organ dalam tubuh termasuk jantung dan otak berhenti menjalankan fungsinya, organ tersebut tudak akan bekerja sebagaimana fungsinya masing-masing.

Dalam waktu jangka panjang, kebiasaan tersebut akan beresiko menyebabkan berbagai macam gangguan atau penyakit, seperti misalkan stroke, hipertensi dan jantung. Satu hal lagi yang perlu anda ingat dan perhatikan, ketika suara dengkuran keluar sangat keras namun tiba-tiba berhenti dengan disusul hentakan nafas, maka hal inilah yang akan memicu timbulnya penyakit jantung, yang mana akan mengganggu kesehatan.

Setiap dengkuran pada dasarnya memiliki intensitas sendiri-sendiri. Ada dengkuran dengan intensitas yang biasa-biasa saja, namun ada pula dengkuran dengan intensitas yang tinggi. Nah, bagi anda yang memiliki kebiasaan mendengkur dengan intensitas tinggi, maka anda bisa segera mengatasi keadaan ini agar kesehatan anda tidak terganggu.

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan seseorang mendengkur, dimana di antaranya yaitu, karena kebiasaan minum alkohol secara berlebihan, kebiasaan makan terlalu banyak, hidung tersumbat akibat pilek, kebiasaan makan banyak, terhalangnya rongga hidung yang disebabkan karena nasal septum (struktur yang membagi internal hidung menjadi dua bagian) menyimpang. Tidak hanya itu, mendengkur juga bisa terjadi karena tonsil membesar, uvula terlalu panjang atau lidah anda terlalu besar. Dimana itu artinya sesuatu telah menghalangi aliran udara yang akan masuk ke hidung anda.

Untuk saat ini anda jangan pernah meremehkan kebiasaan tersebut agar berbagai macam penyakit tidak menyerang anda. Para ahli kesehatan pun seringkali mengungkapkan bahwa mendengkur sangat tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, anda harus bisa menghentikan mendekur saat tidur. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghentikannya seperti :

  • Tidur menyamping, karena orang yang tidur telentang cenderung akan mendengkur.
  • Kurangi berat badan, kelebihan berat badan terutama di bagian leher akan memberikan tekanan pada sitem pernapasan yang mana akan menyebabkan penggurangan parsial dan ngorok saat tidur. Jaringan leher yang memiliki kelebihan berat badan pada dasarnya akan tebal. Dan hal inilah yang akan memungkinkan munculnya dengkuran saat tidur.
  • Menghindari alkohol dan obat tidur, hirup uap air sebelum tidur, berhenti merokok, tidur dengan teratur dan lain sebagainya.

Itulah fakta mendengkur saat tidur. Setelah mengetahui fakta yang sesungguhnya, maka mulai saat ini anda harus menghindarinya dengan beberapa langkah di atas.

Yuk bagikan atau sebarkan artikel ini kepada teman-teman anda, baik yang ada di facebook atau di twitter. Berikan juga komentar pada kolom di bawah ini.