Inilah Fakta Di Balik Tanaman Singkong yang Banyak Tumbuh Di Sekitar Kita

Salahsatu tanaman yang cukup mudah dan banyak ditemukan di Indonesia adalah singkong.

Tanaman singkong atau yang dikenal juga sebagai ketela pohon ini termasuk ke dalam umbi-umbian ini memang dikenal banyak tumbuh di Indonesia, dengan sistem tanam yang mudah, hanya dengan stek saja tumbuhan ini dapat tumbuh dan menghasilkan umbi yang memiliki nutrisi cukup baik bagi tubuh. Mengandung karbohidrat yang cukup besar, umbi singkong bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan alternatif selain nasi.

Selain dengan bagian umbinya, singkong juga memiliki daun yang sangat bernutrisi serta bermanfaat untuk dikonsumsi, jika pada bagian umbinya singkong menyimpan cadangan karbohidrat besar sehingga bia dijadikan sebagai pengganti nasi, maka pada daunnya singkong justru menyimpan protein yang cukup banyak, selain itu juga terdapat kandungan asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

03

Tahukah anda ternyata kandungan asam amino yang dimiliki oleh daun singkong ini justru dapat memberikan keuntungan besar bagi anda, yaitu membantu memperbaiki mood, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan fungsi otak sehingga lebih baik lagi.selain itu banyak keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dari konsumsi daun singkong. Beberapa nama penyakit seperti rematik, diare, disentri, cacingan dan masih banyak penyakit lainnya bisa disembuhkan dengan konsumsi rutin dari daun singkong. Jika diternagkan secara ilmiah salahsatu contoh yang bisa diberikan adalah adanya asam amino dalam singkong bisa mengubah karbohidrat menjadi energi kedua yang kemudian membantu premajaan kulit dan juga tulang.

Begitu banyaknya manfaat daun singkong ini juga sudah disadari sejak lama, oleh karena itu bahkan pada zaman kolonialisme tanaman ini mulai dibudidayakan sebagai tanaman komersial mengingat manfaatnya yang begitu besar dan banyak yang membutuhkannya di pasaran. Pada saat itu perkembangannya cukup panjang dari mulai pertama kali dibawa masuk ke Indonesia sampai menjadi sebuah bahan makanan yang kemudian dikenal secara luas. Pada perkembangannya, kebutuhan akan bahan singkong membuat pemerintahan kolonial kala itu banyak membuat pabrik pngolahan singkong menjadi tepung tapioka untuk memenuhi kebutuhan akan konsumsi singkong di berbagai belahan dunia. di Indonesia sendiri singkong kemudian dikenal dan menjadi makanan alternatif paling populer setelh sebelumnya jagung yang menggantikan nasi sebagai bahan makanan utama dari rakyat Indonesia pada umumnya.

Sebagai bahan makanan tentunya singkong juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar berbagai jenis sajian nikmat nan menggoda, sebut saja keripik singkong sebagai camilan paling banyak digemari hingga pernah cukup banyak digemari dan meledak di kalangan anak muda dengan keripik pedas berlevel. Selain itu jenis sajian dengan menggunakan daun singkong banyak juga bisa anad temukan variasi olahnannya, seperti urap daun singkong, tumis daun singkong, hingga penggunaan paling sederhana khas Indonesia yang dengan menjadikannya sebagai lalapan teman cocolan bagi sambal yang sangat nikmat.

Meskipun demikian, rasa pahit yang seringkali muncul dari sajian singkong membuat sebagian besar orang menjadi enggan untuk mengkonsumsi daun singkong dan menjadikannya sebagai bahan dasar pembuatan sebuah sajian. Namun jika anda melihat dari segi kandungannya yang angat bermanfat ada baiknya jika sesekali anda mencoba sajian ini sebagai hidangan yang nikmat dan tentunya beranfaat besar bagi tubuh.

Sangat bermanfaat bukan? Masih enggan mengkonsumsi daun singkong? Bagikan informasi unik dan berharga ini kepada teman, sahabat, dan keluarga anda dengan menekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel. Anda juga bisa memberikan komentar dan pendapat di bagian kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook