Inilah Dia Fakta Serta Sejarah Perkembangan Dari Penggunaan Dasi. Simak Artikelnya!

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan aksesoris leher yang bernama dasi.

Aksesoris leher satu ini memang begitu populer penggunaannya, terlebih bagi mereka para pekerja kantoran yang sehari-hari biasanya menggunakan dasi sebagai pelengkap berbusana agar terlihat semakin rapih dan menawan. Penggunaan dasi yang terikat di lehr juga sebenarnya sudah dikenal semenjak dahulu kala, dan menjadi salashatu aksesoris yang berusia tua dan memiliki sejarah yang sangat panjang.

Dengan sejarah yang sangat panjang yang telah dilalui oleh dasi, beragam gaya dan fashion penggunaan dasi juga muncul, hingga saat ini dasi sendiri bisa digunakan semua kalangan dengan berbagai gaya, bahkan hingga ipadankan dengan gaya kasual yang pada zaman dahulu sangatlah tidak biasa. Berbicara lebih lanjut mengenai dasi, maka berikut anda bisa menyimak beberapa fakta unik di balik penggunaan dasi sebagai aksesoris leher populer hingga saat ini.

03

Dasi Sudah Dipergunakan Sejak Zaman Batu

Mungkin anda mengira penggunaan dasi yang begitu populer di masa sekarang merupakan produk modern, namun nayatanya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab dasi sendiri sudah dipergunakan semenjak zaman batu meskipun terdapat perbedaan pada desain serta gaya penggunaanya. Pada zaman dahulu tersebut penggunaan dasi justru lebih kepada penujuk strata sosial seseorang khususnya seorang pria.

Kroasia Disebut Sebagai Tanah Awal Dasi

Cukup banyak literatur yang menuturkan jika penggunaan dasi pada awalnya berasal dari Kroasia yang lazim atau populer disebut sebagai cravat. Kpopuleran cravat ini mulai mendunia tatkala para prajurit Kroasia datang ke Paris, Prancis. Kedatangan mereka sebagai prajurit sewaan Louis XIII itu ternyata mengundang decak kagum dan mencuri perhatian banyak warga Paris pada sat itu. Mereka terkesan dengan aksesoris seragam tentara tersebut yang melilitkan selembar kain katun atau sutera dengan cara khusus. Hal ini menarik perhatian sebagai besar warga Paris karena pada saat itu mereka menganggap penggunaan kerah keras sangatlah tidak nyaman dan tidak semenarik gaya yang diperkenalkan oleh para prajuriot tersebut.

Pada perkembangannya akhirnya cravat mulai memiliki beragam gaya ikat, bahkan hingga dikenal 32 jenis gaya ikat cravat. Selain dengan itu mulai juga muncul beragam adb dibalik penggunaan cravat, salahsatu yang paling dikenal adalah anda tidak boleh memegang cravat milik orang lain, sebab edngan melakukan hal tersebut berarti anda telah melakukan pelecehan dan secara tidak langsung menantang orang tersebut unutk mengadu kekuatan dan nyali melalui sebuah duel.

Setelah itu perkembangan caravat semakin memodern,desain yang dimiliki juga semakin menjurus pada bentuknya yang sekarang, yakni dengan bagian bawahnya yang semakin menjulur panjang. Perkembangan cravat atau dasi ini juga mulai berselaras dengan munculnya mode kemeja berkerah. Selain dengan desain yang menjulur panjang tersebut sudah barang tentu anda sangat mengenal gaya dasi kupu-kupu yang juga tidak kalah populernya. Hanya saja mode dasi kupu-kupu sendiri mulai dikenal di tahun 1890an.

Begitulah fakta yang bisa anda ketahui dari penggunaan aksesoris leher yang paling dikenal sebagai dasi. Anda bisa berbagi informasi unik mengenai sejarah serta fakta unik d balik penggunaan dasi ini kepada teman dan sahabat anda. Bagikan melalui media sosial yang anda miliki dengan menekan tombol share yang berada di bagian bawah artikel ini. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar anda terhadap fakta dari dasi dengan memasukan komentar tersebut di kolom yang tersedia.

Leave a Reply