Inilah Dia Brand Besar Dunia yang Menggunakan Kain Tenun Sebagai Material Pembuatannya

Belakangan ini tren mode pakaian Indonesia mulai menunjukan gairahnya, tidak hanya di kawasan lokal tetapi juga merambah hingga ke luar negeri.

Beberapa waktu ke belakangan mungkin yang paling cukup mudah dilihat adalah berkembangnya penggunaan batik dalam produk fashion anak muda. Sebelumnya memakai batik mungkin dianggap samasekali tidak keren, namun seiring dengan perkembangan fashion, produk-produk bercorak batik, dari mulai kemeja, kaos, hingga berbagai macam aksesoris cantik bisa dengan mudah didapatkan.

Sebenarnya Indonesia dengan kekayaan budayanya banyak sekali memiliki ragam jenis corak pakaian yang berbeda, dari mulai ujung timur ke ujung barat semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing. Salahsatu keunggulan kain-kain Indonesia adalah terletak pada proses pembuatannya yang masih sangat manual dengan menggunakan bahan-bahan alami dan keahlian yang diturunkan secara turun temrun, belum lagi waktu pengerjaan yang memakan waktu cukup lama membuat kain-kain buatan tangan Indonesia ini menjadi sangat berharga dan berkualitas.

11

Berbicara kain, selain batik mungkin anda mengenal adanya kain bernama Tenun. Tidak berbeda jauh dengan batik, tenun juga memiliki corak-corak cantik dan nilai-nilai kearifan lokal yang sangat berharga. Dengan nilai-nilai berharga yang dimiliki oleh tenun, ternyata mampu membuat banyak sekali produsen dan brand-brand pakaian terkenal dari luar negeri mulai meliriknya karena keindahan dan nilai dibaliknya. Beberapa brand yang diketahui memutuskan untuk kemudian menggunakan kain tenun asli Indonesia adalah Gucci dan Christian Dior. Mereka memutuskan untuk menggunakan bahan tenun asli Indonesia dan bekerja sama dengan pengrajin lokal Indonesia.

Dengan masuknya kain tenun khas Indonesia ini ke dalam industri mode dunia, maka kini anda bisa berbangga ketika melihat karya-karya desaigner ternama dengan paduan kain tenun khas Indonesia dipakai oleh para model cantik melenggang di atas runway atau catwalk. Selain 2 brand besar tersebut, ternyata masih ada beberapa lain lagi yang menggunakan kain asli Indonesia, salsahatunya adalah Burberry yang menggunakan tenun ikat yang sangat mengagumkan.

Dengan penggunaan material lokal oleh berbagai jenis brand internasional, maka suadh sepatutnya kita bangga dan memulai mengapresiasi buatan tangan lokal secara lebih besar. Buang auh-jauh rasa malu anda terhadap buatan Indonesia, sebab ternyata produk-produk lokal Indonesia memiliki keindahan serta kualitas produk yang sangat baik, sangat tidak kalah oleh produk-produk asing, selain itu kearifan lokal yang terdapat di dalamnya, serta berbagai proses pembuatan yang meneyertainya membuat kain dan bahan buatan Indonesia menjadi semakin berharga.

Proses pembuatan dari kain tenun merupakan salahsatu yang membuat kain ini begitu menarik dan spesial. Teknik pembuatannya yang menggabungkan benang secara memanjang dan melintang, dengan bantuan alat-alat traditional yang khusus dibuat. Biasanya material yang dibunakan sebagai bahan pembuatan kain tenun berkisar pada serat kayu, kapas serta sutra, dan juga masih banyak bahan lainnya yang digunakan. Perbedaan bahan yang digunakan juga membuat kain yang dihasilkan juga memiliki karakteristik yang berbeda eperti tenun dengan pengunaan bahan emas atau perak pada akhirnya aka membuat kain bernama songket dan masih banyak lagi jenis lainnya yang sangat unik dan menarik untuk dipahami.

Unik dan keren sekali bukan bahan tradisional asli Indonesia ini? Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan sahabat anda sesama pecinta fashion dengan cara menekan tombol share di bagian bawh artikel. Anda juga bisa memberikan komentar dengan cara memasukan pendapat anda dalam kolom komentar yang telah disediakan.

x
Rekomendasi Artikel
x
Selamat Datang di KETAHUI.COM

Sebelum Melanjutkan, Klik LIKE, dan dapatkan update info menarik dan unik dari kami via Facebook