01-biola-terbesar

Inilah Dia Biola Terbesar Di Dunia Dari Jerman

Apa yang anda bayangkan jika mendengar nama biola?

Terbayang dibenak anda pasti sebuah alat musik dengan ukuran kecil yang mampu menghasilkan suara merdu dan indah. Biola sendiri merupakan sebuah alat musik berdawai empat yang awalnya berasal dari alat musi gesek dua dawai yang dipopulerkan oleh para penunggang kuda bangsa Mongolia dan Turkik, sehingga biola sendiri bisa dikatakan sebagai salahsatu alat musik yang cukup tua dan bersejarah dalam peradaban bangsa dan manusia di masa lalu.

Ukuran biola yang bisa dibilang tidak terlalu besar, anda bisa memainkannya hanya dengan meletakannya di pundak dan menahannya dengan tangan dan dagu anda, namun jangan bayangkan untuk melakukannya terhadap sebuah biola yang dibuat di Jerman.

01-biola-terbesar

Sebuah biola yang dibuat di Jerman dinobatkan sebagai sebuah biola terbesar yang pernah dibuat di seluruh dunia, bahkan saking besarnya biola ini masuk dan tercatat dalam buku catatan rekor dunia, guinnes world record. Saking besarnya biola ini, bahkan Sultan Kosen yang merupakan orang tertinggi di dunia akan sangat kesulitan jika disuruh untuk memainkan biola terbesar ini.

Biola tersebut dibuat di Kota Markneukirchen, Jerman, sebelumnya Markneukirchen sendiri dikenal sebagai sebuah kota di Jerman yang dikenal sebagai kota produsen biola terkemuka dengan kualitas terbaik di seluruh dunia, banyak sekali pembuat biola atau luthier-luthier biola yang menetap dan tinggal di sana, maka tidaklah heran jika mereka ingin memecahkan rekor membuat biola terbesar di dunia. Dengan dibuatnya biola ini, maka nama Kota Markneukirchen akan kembali terangkat dan menjadi semakin dikenal sebagai lokasi tempat dibuatnya biola-biola terbaik di dunia.

Untuk membuat biola super besar ini, dibutuhkan banyak sekali tenaga dan pekerja yang harus turun tangan membantu. Tak kurang dari 15 luthier atau master pembuat biola dari Vogtland membantu pembuatan biola ini, selain itu pembuat busur geseknya pun didatangkan secara khusus untuk ikut terlibat dalam usaha pembuatan biola terbesar ini. biola terbesar ini merujuk pada sebuah biola hasil buatan Johannes Georg Shcönfelder II pada akhir abad ke18, biola ini dibuat dengan menaikan ukurannya dari ukuran asli biola tersebut.

Dengan predikat terbesar yang disandangnya, biola ini memiliki ukuran hingga mencapai panjang 4.27 m atau 14 kaki, 1.4 m atau 4,5 kaki untuk ukuran lebar terbesarnya and a busurnya sendiri memiliki panjang hingga mencapai 5,2 meter atau 17 kaki dan dengan berat mencapai 100 kilogram. Dengan ukuran spesial yang disebutkan tadi, maka cara memainkannya juga harus dilakukan dengan spesial. Untuk memainkannya bisa anda lihat pada gambar jika diperlukan hingga tiga orang pemain minimalnya untuk bisa bermain, di mana seorang bertugas untuk memainkan dawai, dan dua orang scara bersama-sama bergerak maju mundur untuk mengendalikan busurnya dan menggesekannya kepada dawai-dawai biola tersebut.

Rekor tersebut tercatat pertama kali pada tahun 2010 tepatnya pada tanggal 1 Juni lalu, sedangkan untuk pembuatannya sendiri memakan waktu yang cukup lama, sebab kabar pembuatannya sendiri sudah terdengar sejak dari tahun sebelumnya, yakni dari tahun 2009.

Berikut adalah video yang menunjukan biola terbesar yang pernah dibuat di dunia hingga saat ini, simak videonya berikut.

Bagaimana? Sangat mengagumkan bukan? Jangan lupa untuk membagikan artikel dan videonya melalui tombol share yang bisa anda tekan di bagian bawah artikel, anda juga bisa ikut menambahkan komentar melalui kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.